Kelas dan Biaya Les Vokal Indra Aziz

Jika Anda suka bernyanyi dan ingin menggapai cita-cita Anda sebagai penyanyi, untuk mengasah bakat Anda, Anda memang disarankan untuk berlatih vokal kepada mereka yang telah profesional. Saat ini, sudah banyak tempat yang menyediakan kursus olah suara, dan salah satu yang telah sangat populer adalah Indra Aziz Vocal Studio. Tersohor sebagai referensi banyak penyanyi top, biaya les vokal di tempat ini ternyata bisa dikatakan cukup lumayan.

Les Vokal Indra Aziz - (jabar.tribunnews.com)
Les Vokal Indra Aziz – (jabar.tribunnews.com)

Tidak bisa dipungkiri jika musik adalah bagian integral dari kehidupan. Sudah banyak studi yang menyebutkan musik telah digunakan untuk memberikan motivasi di bidang matematika, ilmu sosial, bahasa , sejarah, dan lainnya. Musik diklaim dapat menyeimbangkan fungsi otak dan kiri, yang berarti menyeimbangkan intelektual dan emosional.[1] Sementara itu, di lingkungan pendidikan, musik dikatakan dapat membantu sekolah menjadi tempat yang menyenangkan, terutama untuk .[2]

Bacaan Lainnya

Apabila Anda juga ingin bergelut dengan musik, ada banyak yang bisa Anda selami. Jika menyukai instrumen, Anda bisa belajar tentang gitar, bass, , keyboard, biola, atau drum. Sementara itu, apabila Anda bercita-cita menjadi seorang penyanyi, maka pembelajaran olah vokal menjadi hal yang tidak boleh Anda lewatkan.

Umumnya, pembelajaran olah vokal dimulai dengan latihan pendahuluan yang berupa latihan menyanyikan tangga nada do, re, mi, fa, sol, la, si dalam berbagai variasi.[3] Hal tersebut bertujuan untuk melatih kepekaan rasa dalam menyanyikan nada-nada dalam tangga nada tertentu. Setelah itu, siswa akan dijelaskan tentang teknik dasar menyanyi, seperti sikap badan, pernapasan, pembentukan suara, dan lainnya.

Review Les Vokal Indra Aziz

Saat ini, tidak susah menemukan tempat yang menyediakan les vokal. Biasanya, kursus musik, selain mengajarkan instrumen musik, juga menawarkan pelatihan vokal. Nah, apabila Anda kebetulan berdomisili di kawasan Jakarta, salah satu tempat yang sudah cukup tersohor untuk belajar melatih suara adalah Indra Aziz Vocal Studio atau biasa disingkat IAVS.

Dilansir dari situs resminya, IAVS, seperti namanya, adalah sekolah vokal yang didirikan oleh Indra Aziz, seorang musisi, content creator, sekaligus vocal coach selebritas. Tempat kursus ini pertama kali didirikan pada tahun silam di kawasan Pondok Indah, Jakarta. Namun, sejak tahun 2023, lokasi IAVS pindah ke daerah Bintaro.

Masih menurut referensi yang sama, metode kursus di IAVS menitikberatkan metode pengajaran kepada praktik lagu dan penampilan. Setiap lagu dalam repertoar pengajaran harus memiliki tantangan yang dapat mengasah keterampilan siswa, sesuai dengan target dan level siswa tersebut. Tidak cuma itu, sistem pembelajaran juga mengutamakan kreativitas siswa serta mengasah estetika gaya musik dan lagu. Setiap siswa pun dianjurkan belajar dan berlatih instrumen harmoni seperti piano atau gitar.

Program Les Vokal Indra Aziz

  • Program Sertifikasi IAVS, merupakan program yang ditujukan bagi singers yang ingin mendapatkan pelatihan dengan kronologis, dari napak tilas era musik jazz, Broadway, musik pop, R&B, rock, hingga akhirnya bisa menulis dan merilis lagu original mereka. Program sertifikat IAVS memiliki 4 level plus 1 level tambahan, yakni Bronze, Silver, Gold I-II, Platinum I-II-III, dan Profesional.
  • Program Personal Training IAVS, adalah program yang ditujukan bagi singers yang ingin latihan vokal dengan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan si penyanyi pada saat itu. Program ini berbeda dengan program sertifikat karena tidak ada kenaikan level.

Selain program, IAVS juga menawarkan beberapa tipe kelas yang dapat dipilih siswa. Ada dua tipe kelas, yakni kelas reguler mingguan dengan IAVS Coach dan Kelas Studio berupa workshop kolektif bulanan dengan Indra Aziz. Tujuan Kelas Studio adalah untuk memonitor progress siswa, serta mempertemukan para siswa dengan satu dan lainnya agar komunitas sekolah lebih terbentuk.

Kelas dan Biaya Les Vokal - (www.lasvegasvoiceandpiano.com)
Kelas dan Biaya Les Vokal – (www.lasvegasvoiceandpiano.com)

Format Kelas Les Vokal Indra Aziz

  • Kelas Reguler: jadwal disesuaikan dengan setiap siswa dan coach masing-masing, one on one dengan coach (online maupun offline), durasi pertemuan 50 menit.
  • Kelas Studio Bulanan: jadwal setiap bulan disesuaikan, evaluasi dan workshop oleh kepala sekolah (Indra Aziz), kelas kolektif, dilaksanakan secara online via Zoom, durasi pertemuan 60 menit.

Seperti masuk sekolah atau perguruan tinggi, setiap calon siswa wajib melewati ujian masuk jika ingin menuntut ilmu di tempat ini. Materi ujian masuk mencakup lagu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan cukup baik, dapat menyanyikan nada dan pola nada dengan pitch yang benar, serta dapat mengulang ketukan yang dimainkan penguji dengan ketukan dan tempo yang benar.

Biaya Les Vokal Indra Aziz

Kelas Vokal Biaya Les
Kelas Sertifikasi Rp1.350.000 per bulan
Kelas Personal Training Rp1.450.000 per bulan
  • Biaya pendaftaran sebesar Rp250.000.
  • Setiap bulan empat kali pertemuan, dengan satu pertemuan berdurasi 50 menit.

Informasi biaya les vokal di atas kami peroleh langsung dari pihak IAVS melalui sambungan chatting. Harga untuk kelas online dan offline tidak berbeda alias sama. Namun, tarif tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, Anda bisa menghubungi pihak IAVS lewat nomor ponsel 0813 1100 5040 atau 0811 1340 507.

[1] Halimah, Lely. 2019. Musik dalam Pembelajaran. Eduhumaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus UPI di Cibiru, Vol. 2(2): 1-9.

[2] Ibid.

[3] Soewito. 1996. Teknik Termudah Belajar Olah Vokal. Bandung: Titik Terang, hlm. 9.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *