Update Biaya Kursus Stir (Mengemudi) Mobil di Jakarta

No comment31884 views

Jika Anda ingin mahir menyetir mobil, Anda tidak perlu risau. Selain belajar secara otodidak, Anda pun bisa mengikuti kursus stir di berbagai lembaga, yang telah tersebar di berbagai kota, seperti , Surabaya, Bandung, Malang, dan lain-lain. Bahkan, tidak sedikit lembaga kursus yang juga memberikan layanan pengurusan SIM A kepada siswanya. Biaya untuk kursus mengemudi sendiri cukup terjangkau.

Kursus Mengemudi Mobil - www.stocksy.com

Kursus Mengemudi Mobil - www.stocksy.com

Dibandingkan dengan sepeda motor, mobil dinilai lebih nyaman bagi pengemudi maupun penumpang karena tampil dengan lebih kompak dan didukung pelindung. Selain itu, kendaraan roda empat juga lebih sering digunakan ketika seseorang merencanakan bepergian jauh. Dibanding menggunakan transportasi umum, seperti bus atau kereta api, menggunakan mobil pribadi untuk bepergian jauh dapat menambah efektivitas perjalanan dan tidak repot ketika ingin mengunjungi beberapa spot di daerah tujuan.

Namun, percuma memiliki mobil tetapi tidak bisa menyetir atau mengemudikan kendaraan tersebut. Karena itu, untuk memfasilitasi pemilik mobil atau mereka yang ingin lebih lancar dalam mengemudikan mobil, banyak dibuka kursus mengemudi mobil. Kursus stir mobil ini sudah hadir di banyak kota dan daerah di Indonesia, dengan menawarkan dan juga biaya yang beragam.

Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta dan saat ini sedang ingin mengikuti kursus stir atau mengemudi mobil, ada beberapa tempat yang bisa dijadikan referensi tempat kursus mengemudi, di antaranya Ulisa, Persemija, dan Pesona Jaya. Ketiga tempat tersebut menetapkan biaya kursus yang berbeda. Untuk informasi selengkapnya, berikut akan kami sajikan informasi terbaru biaya kursus stir mobil di Jakarta.

Biaya Ulisa

Ulisa merupakan salah satu tempat kursus stir mobil yang cukup dikenal di Jakarta. Lembaga kursus ini telah membuka beberapa cabang, di antaranya di Jalan RS Fatmawati, Grogol, Kelapa Gading, Gunung Sahari, dan juga Pluit (Jakarta Utara). Biaya kursus menyetir mobil manual berkisar Rp775.000, sedangkan biaya kursus menyetir mobil matik berkisar Rp875.000. Sementara, jika konsumen ingin mendapatkan SIM A, akan dikenakan biaya Rp750.000. Menurut keterangan admin, biaya kursus stir mobil Ulisa masih sama seperti tahun dan 2020 lalu.

Persemija

Di Jakarta, kursus menyetir mobil Persemija telah hadir di sejumlah wilayah, antara lain di kawasan Benhil, Radio Dalam, Gandaria, Percetakan Negara, Kramat, dan Johar Baru. Berikut akan kami sampaikan informasi terbaru kisaran biaya kursus mengemudi di Persemija.

Ilustrasi: peserta & instruktur kursus mengemudi (sumber: seva.id)

Ilustrasi: peserta & instruktur kursus mengemudi (sumber: seva.id)

Biaya Kursus Mobil di Persemija

Paket KursusBiaya Kursus
Kursus 8 kali Rp750.000-Rp800.000
Kursus 12 kaliRp1.180.000-Rp1.290.000
Kursus 16 kaliRp1.500.000-Rp1.615.000
Kursus 12 kali (Sabtu, Minggu, Hari Libur)Rp1.290.000-Rp1.400.000
Kursus 16 kali (Sabtu, Minggu, Hari Libur)Rp1.615.000-Rp1.723.000
Kursus Belajar Mobil Manual 1 kaliRp90.000-Rp280.000

Biaya kursus nyetir mobil di Persemija di atas tentunya tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu. Jika dibandingkan dengan tahun 2019, biaya kursus di Persemija tahun 2020 mengalami kenaikan, tetapi stabil di tahun 2021.

Pesona Jaya

Lembaga kursus stir mobil ini berada di kawasan Jalan Raya Lenteng Agung, Jalan Raya Pasar Minggu, Jalan Raya Cilandak KKO, dan Jalan Raya Lapangan Tembak Cibubur. Berikut ini akan disajikan biaya stir (mengemudi) di Pesona Jaya.

Biaya Kursus Mobil di Pesona Jaya

Paket KursusBiaya Kursus
Paket 6 x 1 jamRp550.000
Paket 8 x 1 jamRp700.000
Paket 10 x 1 jamRp850.000

Tarif kursus mengemudi di Pesona Jaya di atas tentunya tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun 2019 dan 2020, tarif kursus mengemudi mobil di Pesona Jaya tahun 2021 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, paket kursus 6 x 1 jam yang semula tarifnya Rp520 ribu, naik menjadi Rp550 ribu.

Ilustrasi: Instruktur Memberikan Arahan Cara Mengendarai Mobil (credit: BBC)

Ilustrasi: Instruktur Memberikan Arahan Cara Mengendarai Mobil (credit: BBC)

Kelebihan Kursus Mengemudi

Jika dibandingkan belajar secara otodidak, kursus mengemudi memang menawarkan berbagai kelebihan. Tidak jarang, tempat kursus mengemudi memberikan layanan pengurusan SIM A kepada siswa mereka yang dinyatakan lulus mengemudi. Sebagian besar kursus mengemudi mobil memang memiliki paket yang menyertakan pembuatan SIM A. Jadi, hal ini akan memudahkan siswa sehingga tidak perlu repot-repot mengurus SIM A.

Kelebihan lainnya lembaga atau kursus mengemudi adalah menggunakan mobil yang memang digunakan khusus untuk latihan mengemudi. Mobil ini merupakan modifikasi dari mobil biasa. Posisi instruktur berada di sebelah siswa, dengan dilengkapi rem dan kopling tambahan. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi jika siswa akan menabrak sesuatu, maka instruktur bisa langsung menekan rem.

Selain itu, siswa juga akan lebih tenang dalam belajar mengemudi mobil karena ditemani oleh orang-orang sudah memiliki keahlian dan pengalaman dalam menyetir. Siswa pun tidak perlu khawatir membayar biaya perbaikan apabila menabrak atau menyerempet sesuatu secara tidak sengaja. Dan, manfaat utamanya adalah siswa akan bisa mengemudi mobil, menanjak atau melewati turunan, hingga memarkir kendaraan.

Meski demikian, layaknya layanan jasa lainnya, kursus mengemudi mobil juga tidak luput dari kelemahan. Kekurangan pertama dan utama dari kursus ini adalah siswa harus membayar biaya. Biaya kursus kendaraan bervariasi, tergantung paket yang dipilih. Karena hanya beberapa kali praktik atau pertemuan, banyak siswa yang juga hanya sebatas bisa mengemudi mobil, belum mencapai taraf mahir. Namun, ada beberapa lembaga kursus yang menyediakan paket pelancaran menyetir kendaraan.

[Update: Almas]

Baca juga  Update Biaya Pembuatan Visa Canada
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Biaya Kursus Stir (Mengemudi) Mobil di Jakarta"