Info Manfaat & Biaya Hypnotherapy Terbaru di Berbagai Lokasi

Hypnotherapy atau dalam Bahasa Indonesia disebut hipnoterapi merupakan salah satu metode pengobatan alternatif yang saat ini banyak dilirik mengatasi berbagai permasalahan psikis maupun medis. Hipnoterapi biasanya dilakukan di klinik tertentu yang mematok biaya terapi variatif per sesi.

Prosedur hipnoterapi (sumber: groupon.com)
hipnoterapi (sumber: groupon.com)

Sebelum kita memahami istilah hipnoterapi, kita perlu mengingat kembali “hipnosis” yang berasal dari Bahasa Yunani, yaitu hypnos yang berarti ‘tidur’. Istilah tersebut dikenalkan oleh James Braid’s pada 1843 dengan arti yang lebih dalam, yaitu “neuro-hipnosis”, yang berarti ‘tidur dari sistem saraf’.

Bacaan Lainnya

Seseorang yang dalam kondisi hipnosis akan menampilkan karakteristik dan kecenderungan yang berbeda dibandingkan dengan seseorang yang tidak dalam kondisi hipnosis. Dalam kondisi hipnosis, seseorang cenderung lebih mudah menerima saran atau sugesti (hyper-suggestion).

Hipnoterapi merupakan terapi yang dilakukan oleh seorang hipnoterapis kepada klien yang berada dalam kondisi hipnosis. Dengan sugesti penyembuhan (hypno-therapeutic), hipnoterapi bisa memodifikasi perilaku klien, dari emosional, sikap, hingga berbagai macam kondisi. Dalam hal ini, termasuk kebiasaan buruk, kecemasan, stres yang berhubungan dengan penyakit akut maupun kronis, manajemen rasa sakit dan nyeri, dan pengembangan pribadi manusia.[1]

Baca juga  Dosis dan Update Harga Superhoid untuk Wasir di Apotek

Teknik hipnoterapi merupakan penggabungan antara berbagai keahlian yang memiliki nilai seni yang tinggi. Dalam hipnoterapi, penyembuhan dilakukan mengatasi berbagai permasalahan atau gangguan. Oleh karena itu, di dalam dunia hipnoterapi, tidak dikenal adanya “penyakit”. Penyembuhan adalah mengembalikan keadaan sehat sedia kala secara menyeluruh, sementara pengobatan adalah menghilangkan penyakit dan seluruh gejala-gejalanya.[2]

Hipnoterapi bertujuan mengembalikan setiap perubahan negatif menuju sebuah tataran semua atau keadaan sediakala. Itulah mengapa dalam setiap sesi hipnoterapi, tidak mengenal adanya diagnosis penyakit ataupun mengevaluasi penyakit-penyakit yang ada di tubuh klien.[3]

Dilansir dari Alodokter, metode hypnotherapy dapat membantu Anda mengubah sikap, persepsi, dan perilaku terhadap sesuatu. Metode satu ini kerap digunakan mengatasi berbagai kondisi sebagai berikut.

Manfaat Hipnoterapi

  • Mengatasi masalah seksual
  • Insomnia
  • Serangan panik
  • Obesitas
  • Kecanduan merokok
  • Kehamilan dan melahirkan (hypnobirthing)
  • Fobia atau ketakutan
  • Gangguan tidur
  • Depresi
  • Asma

Hipnoterapi dianggap sebagai bagian dari psikoterapi lantaran seorang hipnoterapis akan mengeksplorasi pikiran, perasaan, atau ingatan menyakitkan dari sang klien, namun tersembunyi di alam bawah sadar.

Baca juga  Update Kisaran Biaya Tes Alergi di Klinik dan Rumah Sakit
Ilustrasi: prosedur hypnotherapy/hipnoterapi (sumber: kevsbest.com)
Ilustrasi: hypnotherapy/hipnoterapi (sumber: kevsbest.com)

Biaya Hypnotherapy

Lokasi Hipnoterapi Kisaran Biaya
Life Relaxation Hypnotherapy – NLP Center Surabaya Registrasi & konsultasi: Rp600.000

Hypnotherapy: Rp2.000.000 – Rp4.500.000

Klinik Hipnoterapi Pondok Indah Jakarta Selatan Online hipnoterapi: Rp1.500.000

Paket Hipnoterapi Holistic Premium: Rp10.000.000

Paket 2x Hipnoterapi Basic: Rp5.000.000

Hipnoterapi 1 sesi: Rp3.000.000

Darma Hipnoterapi Bandung Rp1.200.000 per sesi (1-2 jam)
Klinik Hipnoterapi Makassar – Rumah Hipno.Com Rp500.000 per sesi
Solo Hipnoterapi Paket 3x sesi: Rp2.300.000

Paket 5x sesi: Rp3.800.000

Paket 7x sesi: Rp5.200.000

Paket 9x sesi: Rp6.700.000

Informasi biaya hypnotherapy di atas dirangkum dari berbagai sumber. Perlu Anda ketahui bahwa harga hipnoterapi dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, tarif hipnoterapi di setiap tempat bisa saja berbeda-beda. Jika dibandingkan tahun 2021 lalu, biaya hypnotherapy tahun 2022 belum banyak berubah. Namun, di Darma Hipnoterapi Bandung biayanya turun dari Rp3,6 juta menjadi Rp1, per sesi.

mengikuti sesi hypnotherapy, Anda dapat langsung menghubungi pihak klinik atau rumah sakit yang bersangkutan.Sebelum menjalani hipnoterapi, Anda juga perlu memahami beberapa risiko yang mungkin muncul dari tindakan ini.

Risiko Hypnotherapy

Hipnoterapi tak dapat dilakukan secara sembarangan, karena mungkin menimbulkan beberapa risiko seperti menciptakan ingatan palsu yang secara tak sengaja tertanam ketika pemberian sugesti oleh sang hipnoterapis. Selain itu, tindakan hipnoterapi mungkin dapat menyebabkan beberapa keluhan, seperti pusing, sakit kepala, dan kecemasan. Pada beberapa kasus bahwa gejala yang dialami klien dapat bertambah parah.

Metode hypnotherapy kurang direkomendasikan klien yang berada dalam kondisi dengan gejala psikotik, seperti mengalami halusinasi dan delusi, atau pasien yang kecanduan alkohol atau narkoba. Harap diingat bahwa efektivitas hipnoterapi masih belum sepenuhnya terbukti. Selain itu, setiap orang juga belum tentu cocok untuk menjalaninya. Sebelum memutuskan menjalani hipnoterapi, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

[1] Hakim, A. 2010. Hipnoterapi: Cara Tepat & Cepat Mengarasi Stres, Fobia, Trauma, dan Gangguan Mental Lainnya. Widyawati O, editor. Jakarta: Visimedia, hlm 32.

[2] Ibid., hlm 33.

[3] Ibid., hlm 34.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.