Update Biaya Program Pendidikan Homeschooling Primagama

Selain formal, masih ada banyak pembelajaran lain, seperti parenting maupun homeschooling. Saat ini, tidak sulit menemukan yang menyediakan jasa homeschooling, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, maupun di Malang. Adapun yang eksis dengan program homeschoolingnya adalah Primagama, biaya yang ditawarkan terbilang beragam tergantung pilihan.

Kampus Homeschooling Primagama Yogyakarta (sumber: homeschooling-primagama.co.id)

Kampus Homeschooling Primagama Yogyakarta (sumber: homeschooling-primagama.co.id)

Menurut pakar pendidikan, dua metode parenting dan homeschooling adalah sebuah proses pembelajaran yang legal, sesuai dengan Undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional No 20 tahun 2003. Homeschooling adalah model alternatif belajar selain di sekolah. Tak ada sebuah definisi tunggal mengenai homeschooling. Selain homeschooling, ada istilah ‘home education’, atau ‘home-based learning’ yang digunakan untuk maksud yang kurang lebih sama. Beberapa orang juga ada yang menggunakan istilah ‘sekolah rumah’.

Salah satu pengertian umum homeschooling adalah sebuah keluarga yang memilih untuk bertanggung jawab sendiri atas pendidikan -anak dan mendidik anaknya dengan berbasis rumah. Pada homeschooling, orang tua bertanggung jawab sepenuhnya atas proses pendidikan , sementara pada sekolah tanggung jawab itu didelegasikan kepada guru dan sistem sekolah. Walaupun orang tua menjadi penanggung jawab utama homeschooling, tetapi pendidikan homeschooling tidak hanya dan tidak harus dilakukan oleh orang tua. Selain mengajar sendiri, orang tua dapat mengundang guru privat, mendaftarkan anak pada kursus, melibatkan anak-anak pada proses magang (internship), dan sebagainya.

Sesuai namanya, proses homeschooling memang berpusat di rumah. Tetapi, proses homeschooling umumnya tidak hanya mengambil lokasi di rumah. Para orang tua homeschooling dapat menggunakan apa saja dan di mana saja untuk pendidikan homeschooling anaknya.

Primagama sendiri, seperti diketahui, merupakan salah satu lembaga belajar (LBB) yang cukup populer di Tanah Air, dengan memiliki banyak cabang yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia seperti Bogor, Solo, Cibubur, Denpasar, Pontianak, Balikpapan, hingga Bekasi. Ada empat sistem kelas yang ditawarkan homeschooling ini kepada peserta didik, yaitu Kelas Individu, Kelas Komunitas, Distance Learning Class, dan Sistem Kelas Belajar Mandiri.

Kelas Individu adalah sistem kelas untuk satu orang peserta didik dengan kegiatan pembelajaran dapat dilakukan di rumah atau lingkungan mendukung lainnya, Kelas Komunitas adalah sistem kelas untuk dua sampai enam orang yang dilaksanakan di HSPG, Distance Learning adalah sistem kelas jarak jauh, dan Sistem Kelas Belajar Mandiri adalah siswa belajar secara sendiri tanpa didampingi pengajar namun tetap mendapatkan hak dan fasilitas dari lembaga. Berikut beberapa pendaftaran yang harus diperhatikan oleh calon pendaftar program homeschooling Primagama.

Ilustrasi: home schooling

Ilustrasi: home schooling

Syarat Pendaftaran Homeschooling Primagama

Syarat Pendaftaran Kurikulum Nasional

  • Mengisi formulir pendaftaran langsung di HSPG (untuk pendaftaran online dapat dilakukan melalui akun email official marketing HSPG di [email protected]
  • Menyerahkan fotokopi scan/fotokopi rapor terakhir.
  • Menyerahkan fotokopi scan/fotokopi ijazah terakhir
  • Menyerahkan fotokopi scan/fotokopi SKHUN terakhir
  • Menyerahkan fotokopi Akta Kelahiran
  • Menyerahkan fotokopi Kartu Keluarga
  • Menyerahkan fotokopi keterangan surat pindah dari sekolah sebelumnya (apabila pindah di tengah semester)
  • Menyerahkan pas foto (2x3) (3x4) dan (4x6) masing-masing 5 lembar dengan background warna merah dan mengenakan kemeja warna putih.

Calon pendaftar tak hanya wajib memenuhi syarat pendaftaran kurikulum nasional saja, melainkan terdapat sejumlah berkas yang harus dilengkapi guna keperluan kurikulum internasional.

Syarat Pendaftaran Kurikulum Internasional

  • Mengisi formulir pendaftaran langsung di HSPG (untuk pendaftaran online dapat dilakukan melalui akun email official marketing HSPG di [email protected]
  • Menyerahkan fotokopi scan/fotokopi rapor terakhir
  • Menyerahkan fotokopi scan/fotokopi sertifikat terakhir
  • Menyerahkan fotokopi scan/fotokopi SKHUN terakhir.
  • Menyerahkan fotokopi Akta Kelahiran
  • Menyerahkan fotokopi Kartu Keluarga
  • Menyerahkan fotokopi keterangan surat pindah dari sekolah sebelumnya (apabila pindah di tengah semester)
  • Menyerahkan pas foto (2x3) (3x4) dan (4x6) masing-masing 5 lembar dengan background warna merah dan mengenakan kemeja warna putih
  • Menyerahkan data subjects/mata pelajaran yang akan diikuti di level yang dituju.

Model pembelajaran homeschooling dinilai mengakomodir kondisi khusus yang dialami oleh siswa. Seperti siswa yang menderita sakit dan harus dirawat, ataupun ada masalah-masalah tertentu yang membuat anak-anak harus menjalani pendidikan secara homeschooling. Hal-hal itulah yang kemudian dianggapnya sebagai indikator yang wajar terkait mahalnya biaya homeschooling. Desas desus mahalnya biaya homeschooling itulah yang kini juga ramai dibicarakan orang tua siswa. Lalu, berapa biaya yang harus dikeluarkan jika orang tua memutuskan anak untuk belajar dengan metode homeschooling?

Biaya, pendidikan, program, homeschooling, parenting, sekolah, formal, Primagama, Malang, Surabaya, Yogyakarta, Jakarta, jenjang, SD, SMP, SMA, CIE, pendaftaran, syarat, online

Siswa Primagama Homeschooling sedang belajar sendiri (instagram: @homeschooling_primagama_malang)

Biaya Pendidikan Homeschooling Primagama

JenjangUang Pangkal (Rp)SPP per bulan (Rp)
SD6.000.0001.100.000
SMP7.000.0001.200.000
SMA8.000.0001.200.000

Keterangan:

  • Biaya informasi di atas merupakan tarif pendidikan Homeschooling Primagama TA 2020/2021 di Kota Malang.
  • Uang pendaftaran: SD (Rp350 ribu), SMP (Rp400 ribu), SMA (Rp400 ribu).
  • Her RegistrasI: SD (Rp3 juta), SMP (Rp3,5 juta), SMA (Rp4 juta).
  • SPP per bulan meliputi biaya tutorial selama 12 x pertemuan dalam satu bulan, @90 menit.

Menurut salah seorang owner Homeschooling Primagama Pakuwon City Surabaya, biaya sekolah memang relatif. Tapi menurutnya jika dibandingkan dengan sekolah umum yang telah memiliki nama, perbedaannya tak terlalu signifikan. Bahkan, malah pada beberapa sekolah jumlah total biaya yang dikeluarkan orang tua bisa lebih mahal.

Itu tentu jika dihitung pada banyak aspek sekaligus. Jam sekolah homeschooling yang tidak tiap hari serta tidak adanya seragam tentu menjadi aspek pengurang list pengeluaran orang tua siswa. Untuk uang pangkal pada homeschooling, bujet yang dibutuhkan variatif. Di kawasan Surabaya atau Indonesia Timur pada umumnya biayanya berkisar di angka Rp8 juta hingga Rp10 juta untuk uang pangkal. Sedangkan SPP ada di angka Rp800 ribu – Rp1,3 juta per bulan. Untuk kawasan Jakarta tentu budget yang dibutuhkan akan jauh lebih besar lagi. Namun, ada pula homeschooling yang tidak mematok biaya, khususnya kepada siswa yang kurang mampu.

Untuk tahun 2020/2021, Primagama kembali menerima pendaftaran siswa baru untuk program homeschooling (setara dengan SD, SMP, SMA, dan CIE). Pendaftaran dibuka setiap saat di hari dan jam kerja, yakni Senin sampai Jumat pukul 8 pagi hingga 5 sore. Pendaftaran dapat dilakukan langsung di Homeschooling Primagama terdekat atau dapat dilakukan secara online melalui email ke [email protected] atau via website pusat homeschoolingprimagama-pusat.com/form-pendaftaran.

[Update: Ditta]

Baca juga  Update Kisaran Biaya Sekolah ATC (Aviation Training Center)
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Update Biaya Program Pendidikan Homeschooling Primagama"