Update Biaya Bimbel Neutron Program PIKPU dan Reguler

Para siswa, khususnya yang sedang menghadapi ujian nasional, tentu kenal dengan lembaga bimbingan belajar Neutron. Sudah berdiri sejak tahun 1990-an ini, Neutron yang diklaim berhasil meloloskan para siswanya menjadi mahasiswa di berbagai perguruan tinggi negeri favorit dalam program PIKPU. Biaya lesnya pun terbilang cukup terjangkau.

Bimbel Neutron (sumber: neutron.co.id)
Bimbel Neutron (sumber: neutron.co.id)

Neutron diklaim sudah berpengalaman di bidang bimbingan belajar selama kurang lebih 25 tahun. Didukung oleh staf dan pengajar yang profesional serta litbang pendidikan yang andal, menjadi pilihan pertama bagi siswa dan orang tua untuk bimbingan belajar serta telah teruji dengan reputasi yang baik. Lalu, apa saja fasilitas yang diberikan lembaga tersebut?

Bacaan Lainnya

Profil Bimbel Neutron

Dikatakan sebagai salah satu tempat bimbel terbaik yang ada di Indonesia, sistem belajar Neutron dirancang dan diprogram dengan sistem kendali mutu antisipatif agar dapat meningkatkan kemampuan maksimal siswa sehingga dapat meraih prestasi yang terbaik. Selain itu, Neutron dibekali dengan fasilitas yang lengkap. Gedung dirancang sesuai dengan standar pendidikan. Kelas bernuansa akademik yang nyaman dan tenang serta kondusif untuk KBM. Ruang kelas dilengkapi pula dengan AC, LCD proyektor, opscan, hotspot area, genzel, dan fingerprint.

Bimbel Neutron juga merupakan tempat bimbingan belajar pertama di Indonesia yang presensi sidik jari. Sistem absensi dirancang untuk memaksimalkan siswa dan mencegah siswa melakukan kecurangan absensi. Solution fingerprint telah terbukti dan teruji efektif karena menggunakan sensor sidik jari terbaik. Solution fingerprint juga merupakan solusi yang canggih dan tepat untuk mengganti sistem tradisional yang sudah lama, bahkan mengganti sistem absen kartu yang sudah ada sebelumnya.

Neutron memberikan ruang hotspot WiFi 24 jam untuk siswa melakukan aktivitas berselancar di internet. Untuk memberikan informasi terbaru dan pengetahuan secara luas di dunia maya, disediakan secara gratis untuk semua siswa Neutron. Apalagi, hampir semua pendaftaran masuk PTN atau PTS dilaksanakan secara online, sehingga memudahkan siswa mendaftar ke perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Baca juga  Info Terbaru Biaya Kursus Bahasa Jerman di Goethe Institut

Sebagai salah satu tempat bimbel populer, Neutron mempunyai sistem belajar terbaik yang efisien dan efektif, yakni metode penalaran dengan konsep dasar dilengkapi dengan analisis soal yang mendalam yang diajarkan secara komunikatif, menarik, sekaligus menyenangkan. Sehingga, dengan dikuasainya konsep dasar dan inti permasalahan tiap bidang studi, siswa dapat menganalisis dan menjawab soal-soal yang diujikan dengan sistematis, lebih cepat, dan lebih efisien.

Dalam 1 minggu, siswa bisa mendapatkan bimbingan belajar selama 3 kali pertemuan. Per satu pertemuan, mereka akan belajar selama 90 menit. Neutron memberikan pembelajaran dengan sistem 15 menit dasar-dasar, dan 75 menit analisis dan pendalaman soal, serta soal yang dibahas meliputi semester, UN (dari berbagai provinsi), SNMPTN, SBMPTN, UMPTN favorit dan soal-soal olimpiade.

Neutron akan memberikan fasilitas jam tambahan pada siswa yang memerlukan waktu untuk mengatasi kesulitan pelajaran sekolah, PR, persiapan ulangan harian sesuai bidang studi yang diinginkan. Jadwal khusus diberikan oleh Neutron pada siswa untuk pendalaman nilai pada tes latihan ujian nasional dan ujian SBMPTN. Di samping diberikan jam tambahan, siswa Neutron juga diberikan proset lembaran dan evaluasi tiap bab yang telah dipelajari sebagai evaluasi kemampuan daya serap siswa, yang bertujuan untuk membantu siswa mengatasi masalah pelajaran yang dihadapi.

Siswa Neutron akan diberikan buku lengkap yang disusun oleh pakar profesional sesuai bidangnya. Disusun secara ringkas dan sistematis meliputi pembahasan tiap bab disertai soal-soal cek point, essay, dan bobot materi disesuaikan dengan kurikulum terbaru, dengan sumber soal semester, UN, SPMB, UMPTN, SNMPTN, SBMPTN, maupun olimpiade.

Baca juga  Biaya ISTN (Institut Sains dan Teknologi Nasional) Jakarta TA 2022/2023

Untuk mengukur kesiapan siswa menghadapi semester gasal, siswa Neutron diberikan tes standar semester yang akan diberikan 2 minggu sebelum pelaksanaan ujian semester di sekolah. Sementara, untuk siswa kelas 3 SMA, 3 SMP, atau 6 SD, diberikan tes standar ujian nasional lebih dini untuk mengetahui kekurangan-kekurangan siswa terhadap materi ujian nasional. Sehingga, para pengajar dapat memberikan pendalaman khusus pada siswa yang belum memenuhi standar ujian nasional.

Pengajar Neutron sendiri dalam mengajar disesuaikan dengan disiplin ilmu yang mereka dapat di PTN sesuai bidangnya, yang merupakan sarjana PTN favorit. Untuk di kantor cabang,  bidang studi pokok dan pengajar didatangkan langsung dari pusat. Semua pengajar Neutron dari lulusan PTN favorit dan harus memenuhi kualifikasi dan standar pengajar profesional. Untuk bisa menjadi pengajar di Neutron, harus melalui seleksi yang ketat, menjalani pendidikan khusus dan wajib mengikuti diklat atau strategi mengajar oleh Litbang Neutron Yogyakarta.

Lalu, berapa biaya bimbingan belajar di Neutron? Berdasarkan informasi dari beberapa sumber, pendaftar akan dikenai biaya Rp300.000 saat melakukan registrasi. Pendaftaran selain dilakukan di seluruh kantor cabang bimbel Neutron, juga bisa dilakukan secara dengan mengakses website resmi Neutron di www.neutron.co.id.

Ilustrasi: kelas belajar intensif
Ilustrasi: kelas belajar intensif

Biaya Bimbel Neutron Program PIKPU 

Komponen Pendidikan Biaya
Pendaftaran Rp300.000
Bimbingan Jarak Jauh Live Streaming Rp495.000
Bimbingan Offline Rp745.000

Jika dibandingkan tahun lalu, biaya pendaftaran bimbel Neutron Program PIKPU saat ini tidak mengalami perubahan. Namun, untuk biaya bimbingan yang semula dikenakan sebesar Rp995 ribu, kini terbagi menjadi Rp495 ribu untuk bimbel dan Rp745 ribu untukbimbel offline. Perlu Anda ketahui bahwa biaya bimbel program PIKPU UTBK SBMPTN Neutron di atas tidak terikat dan dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Program bimbel Neutron Program PIKPU dimulai pada bulan April/Mei setiap tanggal 6, 11, 18, dan 27. Pelajaran yang dibimbing terdiri dari Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Selain program PIKPU, Neutron juga mengadakan bimbel program reguler untuk siswa dengan rincian biaya sebagai berikut.

Baca juga  Jadwal Pendaftaran dan Biaya Kuliah Universitas Semarang (USM) TA 2022/2023

Biaya Bimbel Neutron Program Reguler 

Pilihan Kelas Biaya Total Bimbingan
Kelas Mahir & Pintar SMA (Matematika, Fisika, Kimia) Rp6.995.000
Kelas Unggulan (SMA 1, 2, 3) Rp9.995.000
Kelas Unggulan & Toefl (SMA 1, 2, 3) Rp14.990.000
Kelas Alumni (Masuk PTN) Rp10.995.000

Keterangan:

  • Biaya pendaftaran bimbel sebesar Rp300.000.
  • Bimbingan berakhir sampai PAT/UTBK 2023.

Selain Neutron, saat ini juga ada lembaga bimbel dengan nama yang mirip, yakni NEW NEUTRON. Tidak diketahui apakah ini adalah cabang atau lembaga yang berbeda, yang jelas biayanya relatif terjangkau. Berikut kami sajikan informasi biaya les di NEW NEUTRON.

Biaya Bimbel NEW NEUTRON Yogyakarta Program Reguler

Kategori Biaya
Kelas 4-5 SD (1 minggu 2x) Rp7.495.000
Kelas 6 SD (1 minggu 3x) Rp7.895.000
Kelas 1-2 SMP (1 minggu 2x) Rp7.495.000
Kelas 3 SMP (1 minggu 3x) Rp7.895.000
Kelas 1-2 SMA/SMK/Alumni (1 minggu 2x) Rp7.495.000
Kelas 3 SMA/SMK/Alumni (1 minggu 3x) Rp7.895.000

Jika dibandingkan tahun lalu, biaya bimbel NEW NEUTRON Program Reguler saat ini cenderung naik. Misalnya, biaya bimbel NEW NEUTRON Program Reguler untuk SD awalnya dipatok sebesar Rp1.250.000, kini naik menjadi Rp7.495.000 untuk kelas 4-5 SD dan Rp7.895.000 untuk kelas 6 SD.

Untuk informasi biaya lebih rinci, Anda bisa mengunjungi secara langsung Lembaga Bimbingan Belajar NEW NEUTRON Yogyakarta di Jalan Taman Siswa Gang Trusthajumena, Yogyakarta, atau melalui sambungan telepon di nomor (0274) 450300 atau cabang Neutron terdekat di kota Anda, salah satunya di kawasan Rungkut, Surabaya dengan nomor telepon (031) 87853678. 

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.