Update Harga Mesin Bensin Sepeda Gowes

Memang, rutin mengayuh sepeda bisa tubuh semakin sehat. Namun terkadang, beberapa orang merasa malas atau terlalu capek jika diminta untuk mengayuh sepeda setiap sehari. Untuk meringankan kerja dan kebutuhan para pencinta sepeda, kini ada beberapa sepeda yang didesain dengan menggunakan mesin bensin. Mesin bensin untuk sepeda kayuh dijual dengan harga mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Mesin bensin sepeda (sumber: tokopedia)
Mesin bensin sepeda (sumber: tokopedia)

Pengertian Mesin Bensin

Jika Anda belum familiar, mesin bensin merupakan sebuah tipe mesin pembakaran dalam yang menggunakan nyala busi untuk proses pembakaran dan dirancang untuk menggunakan bahan bakar bensin atau yang sejenis. Umumnya, mesin bensin diaplikasikan pada kendaraan bermotor roda empat, sepeda , pesawat, mesin pemotong rumput, mesin untuk speedboat, dan sebagainya.

Bacaan Lainnya

Pada mesin bensin, udara dan bahan bakar umumnya dicampur sebelum masuk ke ruang bakar, dan sebagian kecil mesin bensin modern mengaplikasikan injeksi bahan bakar langsung ke silinder ruang bakar, termasuk mesin bensin 2-tak untuk mendapatkan emisi gas buang yang ramah lingkungan. Pencampuran udara dan bahan bakar dilakukan oleh karburator atau sistem injeksi, dan keduanya mengalami perkembangan dari sistem manual sampai dengan penambahan sensor-sensor elektronik. Sistem Injeksi bahan bakar di motor oto terjadi di luar silinder, dan tujuannya untuk mencampur udara dengan bahan bakar se-proporsional mungkin atau lazim disebut dengan EFI.

Tipe Mesin Bensin

  • Mesin dua tak, yang memerlukan dua langkah piston dalam satu siklus proses pembakaran.
  • Mesin empat tak, yang memerlukan empat langkah piston dalam satu siklus proses pembakaran.
  • Mesin enam tak, yang memerlukan enam langkah piston dalam satu siklus proses pembakaran.
  • Mesin wankel atau rotary engine (wankel engine), yang memerlukan satu putaran penuh rotor dalam satu siklus pembakaran.

Mesin bensin ini dapat bekerja jika telah memenuhi tiga syarat utama. Pertama adalah memiliki  kompresi ruang bakar yang cukup. Kedua, memiliki komposisi campuran udara dan bahan bakar yang sesuai. Ketiga adalah memiliki pengapian yang tepat (besar percikan busi dan waktu penyalaan atau timing ignition).

Sementara itu, untuk bahan bakarnya, biasanya terdiri dari beberapa komponen, seperti tangki bahan bakar, saluran bahan bakar, saringan bahan bakar, pompa bahan bakar, dan karburator (atau bisa juga injeksi). Tangki berguna untuk menampung bahan bakar, saluran untuk mengalirkan bensin dari tangki ke karburator, saringan untuk menyaring air atau pasir, pompa untuk membantu mengalirkan bensin, dan karburator atau injeksi untuk menyediakan campuran bahan bakar dan udara dengan perbandingan tertentu.

Mesin Bensin untuk Sepeda

Namun, seperti diutarakan sebelumnya, kini mesin bensin juga mulai banyak diterapkan pada sepeda kayuh. Biasanya, mesin bensin diletakkan di bagian belakang sepeda, tepat di atas ban belakang, bisa juga diletakkan di bagian bawah, atau di ruang kosong bodi sepeda, tergantung kebutuhan masing-masing pemilik atau jenis sepeda yang bersangkutan.

Komponen mesin bensin untuk sepeda gowes (sumber: gob.mx)
Komponen mesin bensin untuk sepeda gowes (sumber: gob.mx)

Jenis sepeda yang dapat dikonversikan menjadi sepeda mesin bensin biasanya yang memiliki ukuran 26 inci, baik single speed maupun multi-speed mountain bike. Hasil konversi sepeda mesin ini memungkinkan pengendara mengendarai sepeda secara normal (dengan dikayuh) atau dengan menjalankan mesinnya.

Karena merupakan perlengkapan tambahan, kebanyakan sepeda mesin bensin yang beredar di pasaran adalah hasil rakitan. Salah satu yang menonjol adalah model SpeedWheels tipe Pixie ukuran 26 inci, yaitu sebuah assembler sepeda mesin tipe 2-stroke dengan kapasitas silinder 66cc. Sebelum dipasarkan, sepeda ini diklaim telah melakukan ketahanan sejauh 40 km dengan hasil memuaskan.

Sepeda SpeedWheels Pixie ini sendiri menggendong spesifikasi mesin single cylinder, 2-stroke, berpendingin udara, berkapasitas 66cc. Dengan modal tersebut, sepeda ini diklaim mampu meletupkan daya 1,7 kW pada putaran 5.500 rpm dan kecepatan 30 hingga 35 km per jam. Sepeda dengan bobot 9,5 kg ini juga disebut-sebut irit bahan bakar karena hanya menghabiskan 1,5 liter bensin untuk menempuh jarak 50 km.

Jika Anda tertarik mengaplikasikan mesin bensin untuk sepeda Anda, saat ini sudah banyak mesin bensin yang ditawarkan, baik di toko offline maupun di situs beli online. Ada mesin bensin dengan tipe 2-tak, ada pula yang menawarkan mesin bensin tipe 4-tak. Harganya bervariasi, biasanya tergantung tipe dan kapasitas mesin.

Harga Mesin Bensin untuk Sepeda

Tipe Mesin Bensin Harga
Mesin Bensin 4-tak 38cc Rp3.500.000
Mesin Bensin 2-tak 80cc Rp2.350.000

Informasi harga mesin bensin untuk sepeda di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs online dalam negeri. Perlu Anda catat bahwa harganya dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun lalu, mesin bensin 2-tak kapasitas 80cc dijual dengan harga yang sama, sedangkan harga mesin bensin 4-tak kapasitas 38cc mulai Rp2 jutaan.

Apabila Anda tidak mau repot-repot memasang atau merakit sendiri, sekarang pun sudah ada sejumlah pedagang yang menawarkan sepeda kayuh lengkap dengan mesin. Sepeda dengan mesin 80cc dan tampilan mirip BMX sekarang dilepas dengan harga Rp3,8 jutaan, sedangkan harga sepeda Polygon bermesin 80cc dijual Rp2,5 jutaan. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *