Syarat Pendaftaran dan Biaya Kuliah Akper Polri

Selain dokter, perawat merupakan profesi di bidang kesehatan yang memiliki banyak peminat. Nah, apabila Anda juga ingin berkarier sebagai perawat, sekarang sudah ada banyak institusi pendidikan yang dapat Anda tuju untuk menempuh studi , salah satunya Akademi Keperawatan Polri atau biasa disingkat Akper Polri. Seperti lembaga pendidikan pada umumnya, untuk bisa melanjutkan studi di kampus tersebut, Anda diwajibkan membayar sejumlah biaya.

Wisuda Akper Polri (sumber: akperrspolpus.ac.id)
Wisuda Akper Polri (sumber: akperrspolpus.ac.id)

Seperti diketahui bahwa rumah sakit merupakan salah satu fasilitas publik yang nyaris tidak pernah sepi pengunjung karena setiap hari ada saja masyarakat yang datang untuk melakukan pemeriksaan, mulai penyakit yang ringan, penyakit serius, cek kesehatan, hingga pemeriksaan ibu hamil dan janin. Karena itu, rumah sakit harus mampu menyediakan dan memberikan jasa layanan kesehatan yang bermutu bagi mereka.

Bacaan Lainnya

Harapan pasien terhadap kualitas pelayanan yang mereka terima dapat dilihat dari berbagai aspek, seperti kemudahan mengakses atau mendapatkan perawatan, tenaga kesehatan yang kompeten dan terampil, penjelasan tenaga kesehatan tentang kondisi dan pengobatan atau perawatan, hingga perhatian tenaga kesehatan terhadap pasien.[1]

Untuk tujuan tersebut, tidak cuma tenaga dokter yang dibutuhkan, kecakapan perawat juga mutlak diperlukan rumah sakit agar bisa memberikan pelayanan yang maksimal untuk pasien. Para perawat ini dituntut untuk memiliki kemampuan dalam meningkatkan mutu pelayanan/asuhan keperawatan dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan yang maju secara tepat guna, serta kemampuan melaksanakan riset keperawatan dasar dan penerapan yang sederhana.[2]

Nah, untuk mendapatkan perawat yang kompeten dan berkualitas, sekarang sudah banyak lembaga pendidikan yang menyediakan program studi keperawatan. Selain di bawah naungan , biasanya program studi tersebut juga bernaung dalam bentuk akademi. Nah, salah satu yang mungkin dapat Anda jadikan rekomendasi untuk menempuh pendidikan keperawatan adalah Akper Polri.

Profil Akper Polri

Akper Polri adalah institusi pendidikan yang berada di Jalan RS Polri No. 5, RT 1 RW 5, Kramat Jati, Jakarta Timur. Lokasi lembaga ini sangat dekat dengan RS Polri karena memang menjadi tempat praktik mahasiswanya. Selain itu, Akper Polri juga Jalan Tol Cililitan 2 dan Jalan Tol Jagorawi, serta dekat dengan Lippo Plaza Kramat Jati.

Dilansir dari website resminya, visi Akper Polri adalah menjadi institusi pendidikan keperawatan dengan tata kelola lembaga yang bertaraf internasional sehingga menghasilkan lulusan tenaga keperawatan yang unggul, profesional, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan agama. Untuk mewujudkan visi tersebut, mereka menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan tata kelola yang berstandar internasional, memberikan dukungan untuk pengembangan ilmu pengetahuan, mendidik calon tenaga keperawatan yang punya jiwa profesional, serta menjalin sama dengan institusi lain, seperti asosiasi profesi serta lembaga pemerintah.

Mahasiswi Akper Polri (youtube: rijal wicaksono)
Mahasiswi Akper Polri (youtube: rijal wicaksono)

Untuk menunjang kegiatan perkuliahan, Akper Polri sudah dilengkapi fasilitas pendidikan yang modern. Selain lokasinya yang mudah dijangkau kendaraan umum, ada ruang kuliah dengan AC, ruang kantor, perpustakaan, sejumlah laboratorium (keperawatan komunitas, keperawatan medical bedah, keperawatan maternitas, keperawatan anak, keperawatan gawat darurat, keperawatan jiwa, dan keperawatan kritis), hot spot area, serta sistem informasi.

Lama pendidikan di Akper Polri berdurasi tiga tahun untuk enam semester. Mahasiswa total harus menempuh satuan kredit semester (SKS) sebanyak 111 SKS, yang terdiri dari 55 SKS teori, 32 SKS praktik, dan 24 SS praktik klinik atau lapangan. Untuk mereka yang mungkin berprestasi, disediakan beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Syarat Pendaftaran Akper Polri

  • Warga Negara Indonesia.
  • Tinggi badan laki-laki minimal 155 cm, sedangkan perempuan minimal 150 cm.
  • Pendidikan terakhir SLTA/SMK semua jurusan.
  • Usia maksimal 35 tahun (bisa berubah sesuai kondisi atau kebijakan kampus).
  • Menyerahkan surat keterangan sekolah semester akhir (ijazah bisa menyusul).
  • Surat keterangan sehat dari dokter.
  • Surat izin dari suami bagi yang telah menikah dan tidak hamil selama pendidikan.
  • Pasfoto ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar dengan ketentuan latar belakang , menghadap ke depan, tidak memakai kacamata, kedua telinga harus terlihat (kecuali berjilbab).
  • Mengisi formulir pendaftaran.
  • Membayar biaya pendaftaran dan administrasi.

Selain memenuhi sejumlah persyaratan administrasi seperti yang telah disebutkan d atas, calon mahasiswa juga wajib mengikuti dan lulus tes ujian masuk. Mengutip dari leaflet resmi Akper Polri, materi pelajaran yang menjadi ujian tes masuk lembaga ini terdiri dari Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA.

Biaya Akper Polri

Lalu, berapa biaya yang perlu dibayarkan untuk bisa menempuh pendidikan di kampus tersebut? Sayangnya, saat dihubungi redaksi lewat nomor ponsel yang tertera di leaflet resminya, belum ada tanggapan atau jawaban dari pihak kampus. Namun, berdasarkan tahun ajaran sebelumnya, biaya pendaftaran di Akper Polri sebesar Rp205.000. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap, Anda dapat menghubungi 0812 8500 2295.

[1] Hafizurrachman. 2009. Kepuasan Pasien dan Kunjungan Rumah Sakit. Kesmas Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, Vol. 4(1): 10-17.

[2] Nursalam & Ferry Efendi. 2008. Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *