Update Harga Kipas Angin Embun (Uap Air) Krisbow 2017

1 comment 5191 views

Kipas angin merupakan sebuah perkakas yang digunakan untuk menghasilkan angin. umumnya adalah pendingin udara, penyegar ruangan, ventilasi (exhaust fan), hingga pengering (umumnya memakai penghasil panas). Secara garis besar, kipas angin dibedakan menjadi kipas angin tangan dan kipas angin .

Beberapa waktu belakangan, pernah terjadi fenomena equinox. Di mana keadaan ini dapat membuat hawa udara lebih panas dari biasanya. Equinox dapat menyebabkan suhu udara dapat mencapai 40 derajat celsius, sehingga menyebabkan siapapun mudah dehidrasi dan terkena serangan ‘stroke’ matahari. Terlebih, di yang terletak di garis khatulistiwa, dengan tidak adanya musim dingin atau musim salju sebagai penyeimbang cuaca panas.

Kipas Angin Embun - (Sumber: youtube.com)

Kipas Angin Embun - (Sumber: youtube.com)

Untuk memberi kesejukan saat udara panas, Anda membutuhkan pendingin ruangan seperti AC atau kipas supaya tetap membuat ruangan menjadi sejuk dan nyaman. Salah satu alternatif yang dapat dicoba untuk membuat udara menjadi sejuk yaitu kipas angin embun (humidifier).

Salah satu kipas angin embun yang dapat Anda coba yaitu kipas humidifier 2,3 L Krisbow, harganya berkisar Rp 1,6 juta. Kipas ini dapat Anda beli melalui pembelian online melalui salah satu situs seperti Bukalapak. Anda juga dapat membelinya di gerai-gerai Krisbow. Biasanya barang-barang bermerek tersebut dapat dengan mudah ditemui di Ace Hardware.

Kipas tersebut memiliki diameter 16 inchi, dapat dijadikan sebagai pelembap yang efektif, membantu menghindari hydropenia, melembapkan udara, mengurangi debu, memiliki pengaturan 3 jenis kecepatan, dilengkapi dengan remote control, kapasitas tangki 2,3 liter.

Kipas tersebut dapat mengeluarkan embun air tetapi tidak basah, sehingga dapat memberikan sirkulasi udara sejuk ke ruangan. Produk tersebut juga dilengkapi dengan timer dan spare part yang mudah dicari. Kipas ini dapat digunakan pada tegangan 220v/50Hz 75 watt.

Jenis kipas humidifier memang agak berbeda dengan jenis kipas lainnya. Kipas ini memiliki perbedaan pada sebuah kompresor penyemprot air dan sebuah tangki air selain peralatan umumnya yang terdapat pada kipas angin biasa.

Baca juga  Info Terbaru Daftar Harga Antena TV Indoor & Outdoor (All Merek)

Pada bagian panel depan kipas terdapat sebuah penyemprot air dan sebuah penyemprot yang menghasilkan butiran air kecil hingga micron untuk dapat diuapkan oleh angin dari baling-baling.

Kipas jenis ini menggunakan prinsip penyerapan panas pada saat terjadi penguapan air, akibatnya udara yang digunakan adalah untuk menguapkan air sehingga mengalami pendinginan.

Cara kerja kipas embun yaitu berawal dari air yang berada di tangki akan ditarik oleh sebuah pompa untuk disemprotkan ke depan baling-baling kipas angin. Butiran air yang kecil tersebut akan menguap akibat udara yang bergerak. Prinsip kerjanya mirip dengan menempatkan sebuah handuk di depan kipas angin.

Dikarenakan penguapan memerlukan kalori, mengakibatkan udara melalui embun tersebut akan memiliki suhu yang lebih rendah dibandingkan dengan udara di sekitarnya. Umumnya, kipas angin jenis ini hanya mampu menghasilkan suhu beberapa derajat lebih rendah daripada suhu di sekitarnya.

Baca juga  Spesifikasi dan Update Harga Xbox 360 (Baru dan Second)

Berbeda dengan AC yang biasanya mampu menghasilkan suhu jauh lebih rendah daripada kipas angin embun air. Kipas ini mampu memberikan kesejukan, terutama di ruangan terbuka.

Jenis kipas embun dianggap dapat memberikan kelembapan udara, di saat suhu sedang panas-panasnya. Beberapa orang menganggapnya sebagai humidifier. Ternyata selain memberikan kesejukan dan kelembapan, jenis kipas tersebut dinilai membawa beberapa , seperti mengurangi risiko infeksi.

Dengan kelembapan udara yang baik, bakteri dan kuman akan sulit untuk berpindah-pindah sehingga akan mengurangi penyebarannya. Penyakit seperti infeksi saluran pernapasan dapat berkurang dengan tingkat kelembapan yang tepat.

Bagi Anda yang tinggal di daerah yang beriklim kering, humidifier dapat melembapkan udara dan mengurangi iritasi pada saluran bronkial, tergantung pada pemicu gejala, humidifier juga dinilai dapat mengurangi risiko serangan asma.

Walaupun, potensi gejala dari asma seperti mengi, sesak napas, batuk, dan sesak pada dada akibat saluran udara yang menyempit, sama pada setiap orang, pemicu serangan asma dapat bervariasi.

Pada beberapa orang, gejala asma dipicu oleh alergi seperti debu atau jamur. Di sebagian lainnya, aktivitas fisik yang berat atau olahraga dapat menyebabkan saluran pernapasan menyempit.

Beberapa orang menggunakan humidifier di ruangan saat udara kering, namun beberapa orang lainnya menganggap bahwa udara terlalu lembap dapat menyebabkan masalah, terlebih untuk yang memiliki alergi.

Kipas Angin Uap Air - (Sumber: garfariteknik.blogspot.com)

Kipas Angin Uap Air - (Sumber: garfariteknik.blogspot.com)

Bagi Anda yang memiliki alergi, sebaiknya gunakan humidifier hanya saat udara di sedang sangat kering. Idealnya, kelembapan berada di bawah 50%. Menurut Rush University Medical Center di Chicago, pada beberapa kondisi tertentu, kelembapan yang paling optimal adalah di antara 30-40%. Kelembapan yang tinggi malah hanya akan mendorong pertumbuhan jamur dan tungau debu.

Apabila Anda memiliki alergi dan tinggal di area beriklim lembap seperti di daerah pesisir pantai, mungkin Anda memerlukan humidifier untuk mengurangi kelembapan pada udara. Sebaliknya, jika kelembapan udara dirasa terlalu rendah, seperti di iklim gurun atau saat musim dingin, Anda mungkin dapat mengalami iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan. Untuk keadaan seperti itu, humidifier ruangan dapat bermanfaat terutama di kamar, jika Anda tidur dengan udara yang kering.

Baca juga  Berapa Harga Cartridge Epson L120 Ink Tank Printer di Pasaran?

Selain itu, humidifier juga dinilai dapat mengembalikan kelembapan kulit. Kulit kering tidak hanya disebabkan dari faktor dalam tubuh manusia, tetapi juga faktor luar, salah satunya karena udara di sekitar yang juga kering. Udara yang kering dapat menyerap dan mengurangi kelembapan alami kulit, sehingga membuat kulit menjadi kering.

Dalam memilih humidifier yang baik, tidak perlu produk yang mahal, namun sebaiknya pilih ukuran yang tepat untuk ruangan, mudah dibersihkan, dan dapat mati secara otomatis apabila tangki airnya telah habis.

loading...
  1. author

    Albert tampubolon3 bulan ago

    Pilihan kipas anginnya kurang banyak.

    Reply

Leave a reply "Update Harga Kipas Angin Embun (Uap Air) Krisbow 2017"