Jenis dan Harga Kain Flanel per Lembar Terbaru

Mungkin Anda pernah melihat kerajinan berupa tas atau boneka yang terbuat dari bahan kain yang agak tebal. Kainnya jika dipegang terasa agak halus dan ada beberapa serat seperti kapas yang terlihat. Kain itu namanya kain flanel. Di pasaran, kain ini punya harga yang cukup terjangkau dan bisa dibeli per lembar.

Apa sebenarnya kain flanel itu? Flanel atau felt merupakan jenis kain yang terbuat dari serat wol tanpa ditenun. Kain flanel dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan, sehingga kain ini memiliki bermacam-macam tekstur dan jenisnya (tergantung bahan pembuatnya). Kain flanel biasa digunakan untuk membuat kerajinan, karena tebal dan teksturnya yang cocok digunakan untuk membuat craft. Selain itu, sering juga dipakai untuk peredam pada mobil dan alas biliar.

Bacaan Lainnya
Lembaran kain flanel (sumber: pondokibu.com)
Lembaran kain flanel (sumber: pondokibu.com)

Jenis Kain Flanel

  • Kain flanel bahan akrilik, adalah kain flanel yang berbahan akrilik atau sejenis serat plastik. Kain flanel jenis ini yang banyak digunakan saat ini, karena kualitas kain flanel dari bahan ini berbeda-beda tergantung harga. Kain flanel bahan akrilik yang bagus biasanya padat dan mudah berbulu. Untuk jenis ini, pertanda dari kualitasnya adalah semakin padat dan mudah berbulu kainnya, maka semakin bagus kualitas dari kain flanel akrilik tersebut.
  • Kain flanel bamboo, terbuat dari bahan bambu dan campuran serat kayu. Sering disebut eco-friendly karena dibuat dari bahan-bahan yang mudah terurai alam. Kain jenis ini memang terbuat dari bahan alami, sehingga bisa dengan cepat terurai oleh alam. Produk kain flanel jenis ini masih susah ditemukan di toko kain biasa, namun Anda bisa menemukannya dengan mudah di toko online.
  • Kain flanel blend, jenis flanel ini merupakan campuran dari 2 bahan, wool domba & rayon. Persentase masing-masing komponennya pun berbeda-beda. Untuk jenis ini, kainnya lebih padat dan tidak mudah melar, sehingga bisa digunakan untuk kreasi yang berukuran sangat kecil. Jenis ini dijual di toko online besar dengan harga cukup tinggi.
  • Kain flanel wool, kain flanel jenis ini berbahan dasar 100 persen wol, teksturnya lebih berserat dan tebal. Tidak mengherankan jika harganya paling mahal di antara jenis kain flanel lainnya. Di Indonesia, termasuk jarang ada toko kain biasa yang menjual flanel jenis ini. Meskipun begitu, Anda bisa membelinya secara online dengan varian warna yang beragam.
  • Kain flanel polyester, harganya tidak jauh beda dengan jenis akrilik. Perbedaannya, yang polyester lebih licin ketika disentuh dan sedikit mengilap. Secara umum, di toko kain, flanel ini bisa Anda temukan dalam beberapa pilihan warna. Anda bisa membelinya dalam ukuran per meter atau per lembar. Selain per meter, di beberapa toko online juga tersedia ukuran sapu tangan yaitu 24 x 24 cm. Berbelanja online mungkin memang lebih praktis, namun Anda juga perlu memperhitungkan ongkos kirimnya.
Baca juga  Info Terkini Harga Drum Besi 60 Liter (Baru dan Bekas)

Harga Kain Flanel per Lembar

Jenis Kain Flanel Harga per Lembar (24 cm x 24 cm)
Kain Flanel Akrilik Rp6.900
Kain Flanel Polyester Rp7.000
Kain Flanel Bamboo Rp9.500
Kain Flanel Blend Rp10.000
Kain Flanel Wool Rp10.000
Kain Flanel Sumbu Hidroponik Rp12.700

 

Ilustrasi: Salah Satu Jenis Kain Flannel (credit: orvis)
Ilustrasi: Salah Satu Jenis Kain Flannel (credit: orvis)

Informasi di atas kami rangkum dari berbagai jenis sumber, termasuk situs jual beli online. Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan toko yang Anda kunjungi. Pada tahun 2019, kisaran harga kain flanel, yaitu mulai Rp2 ribuan hingga Rp289 ribuan per lembar.

Sedangkan pada tahun 2021 rupanya harga kain flanel per lembar tak jauh berbeda dari tahun 2020 lalu. Hanya saja, untuk jenis kain flanel akrilik tahun 2021 lebih murah. Jika harga kain flanel akrilik tahun 2020 berkisar mulai Rp7 ribu, tahun 2021  ada juga pedagang yang menawarkan dengan harga mulai Rp4.500 per lembar.

Lalu, pada tahun 2022, harga kain flanel per lembar mengalami kenaikan dari tahun 2021. Sebagai contoh, kain flanel blend yang dibanderol Rp8.350 tahun 2021, naik menjadi Rp10.000 tahun 2022.

Baca juga  Khasiat dan Update Harga Purwoceng Xtra Jamu Jago

Kain flanel memang dikenal biasa dibuat kerajinan. Jika Anda memiliki keterampilan untuk membuat kerajinan, ini bisa dijadikan sebagai kesempatan berbisnis. Tidak terkecuali dengan bahan kain flanel. Apa saja barang kerajinan yang bisa dibuat dari kain flanel?

Beberapa kerajinan yang bisa dibuat dengan kain flanel adalah boneka, tas, tempat tisu, cover buku, tempat HP, hingga sandal. membuatnya tidak terlalu sulit, karena saat ini sudah banyak tutorial di internet yang bisa Anda praktikkan. Selain menyiapkan bahan berupa kain flanel itu sendiri, Anda juga memerlukan peralatan dan bahan lain seperti benang, dakron, gunting, glue gun, dan jahit.

Kerajinan dari Kain Flanel

harga, kain, flanel, per, lembar, jenis, wool, akrilik, polyester, cocok, tas, tempat, tisu, boneka, aksesori, sumber, buku, online, jepit, rambut, bando, gantungan, kunci, serat, felt, bisnis
Kerajinan dari kain flanel (sumber: warganet.net)
  • Boneka menjadi kerajinan yang banyak dibuat dengan kain flanel. Tekstur flanel yang halus dan nyaman untuk dipegang, dinilai mudah untuk dibentuk menjadi boneka. Aneka boneka dapat dibuat dengan kain ini salah satunya adalah boneka wisuda. Dari sisi bisnis, boneka wisuda ini terbilang cukup menjanjikan karena pangsa pasarnya terus ada.
  • Tempat tisu juga salah satu kerajinan flanel yang banyak ditemui. Tempat tisu dari kain flanel akan tampil cantik dan unik apabila diletakkan di meja tamu rumah Anda. Tempat tisu dari kain flanel ini juga potensial dari segi bisnis, karena tempat tisu sudah menjadi kebutuhan sebagian orang. Pada sisi atau atas tempat tisu, juga bisa diberi nama si pemesan. Namun, tempat tisu ini harus sering dibersihkan karena bila tidak, debu bisa dengan mudah menempel di tempat tisu flanel tersebut.
  • Kain flanel juga dapat dibentuk sebagai tas yang cocok untuk kaum wanita. Namun, proses pembuatannya mungkin tidak semudah kerajinan-kerajinan lainnya. Dibutuhkan keterampilan menjahit dengan ukuran-ukuran yang pas untuk bisa membuatnya. Tas dari kain flanel ini bisa juga dilengkapi dengan aksesori yang ditempelkan pada sisi-sisinya.
Baca juga  Update Harga Mesin Jahit Butterfly Manual dengan Dinamo

Selain kerajinan di atas, tentu masih ada barang lainnya seperti gantungan kunci, tempat amplop, bunga dari kain flanel, jepit rambut, pita, bando, bros, dan lainnya. Untuk inspirasi model dari aksesori, Anda bisa mencari di buku-buku membuat aksesori atau melalui sumber online.

 

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.