Aplikasi E-Pasar Malang, Terobosan Terbaru Berbelanja di Pasar Tradisional Secara Online

Pasar dikenal sebagai salah satu tempat yang sulit diterapkan physical distancing. Untuk mengurangi jumlah kerumunan dan aktivitas warga secara langsung di pasar, Kamar Dagang dan Indonesia (Kadin) Malang berinisiasi mengembangkan program melalui market digital E-Pasar. Soft Launching E-Pasar Malang telah diluncurkan pada 4 Juli 2020 dan dihadiri oleh puluhan pedagang di Pasar Oro-oro Dowo.

“Aplikasi E-Pasar sebagai terobosan terbaru untuk mewujudkan physical distancing di tengah pandemi dengan berbelanja melalui online dengan biaya cukup murah,” ujar Ketua Kadin Kota Malang, Ir Edy Wahyono.

Langkah ini sebagai upaya menjawab pergerakan ekonomi di tengah pandemi. Pembeli pun tak perlu jauh-jauh datang ke pasar karena cukup memanfaatkan untuk memesan barang yang akan dibeli. E-Pasar Malang menjadi aplikasi pertama yang diterapkan di Pasar Oro-oro Dowo. Rencananya, aplikasi yang satu ini juga diterapkan di seluruh pasar di Kota Malang. Hingga saat ini, sudah 35 pedagang terdaftar di aplikasi E-Pasar Malang yang jumlahnya akan terus bertambah.

“Program ini sebagai upaya memudahkan pedagang di pasar Oro-oro Dowo dan Pasar Bareng tidak kesulitan untuk mencari lapak langganannya di pasar konvensional karena dapat beralih di pasar digital,” tandas Edy.

layanan e pasar malang online

Melalui soft launching E-Pasar Malang, pemerintah dapat melakukan sosialisasi awal yang dilanjutkan dengan simulasi dan praktikkan secara teknis oleh para pedagang. Pemerintah menargetkan pengguna aplikasi E-Pasar Malang dapat mencapai 10 ribu orang di sekitar Oro-oro Dowo. Sedangkan, jumlah pengguna dari 57 kelurahan di 5 kecamatan di Kota Malang dapat mencapai 300 ribu orang. E-Pasar Malang akan berdampak positif sebagai pasar virtual yang mampu menambah jumlah pelapak pengguna pasar mencapai 10 kali lipat.

“Anda tak perlu cemas berbelanja melalui aplikasi ini. Kurirnya langsung belanja tanpa deposit karena penjaminnya adalah E-Pasar Malang,” tutup Inisiator Aplikasi E Pasar Malang, Yudhista Aditya.

Baca juga  Update Jadwal dan Tarif Penyeberangan Bali-Lombok

Perlu diketahui, program pasar digital sebenarnya bukanlah hal baru karena saat ini dijadikan sebagai upaya pemerintah dalam mendorong UMKM. Bahkan, Menteri BUMN, Erick Thohir membantu mempersiapkan UMKM dalam memasuki new normal melalui transaksi yang akan banyak dilakukan lewat pasar digital. Salah satu platform Program Pasar Digital UMKM (PaDi UMKM) ternyata telah dikembangkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dinilai dapat memperluas jaringan UMKM.

Pasar digital seperti E-Pasar Malang akan membangun tadisi transparansi di pasar tradisional. Pasar digital pada umumnya lebih fleksibel dan efisien, sehingga mengurangi biaya pencarian dan transaksi, biaya menu yang rendah, dan kemampuan untuk mengubah secara dinamis yang disesuaikan dengan kondisi pasar. Pasar digital menyediakan banyak kesempatan untuk menjual secara langsung ke pembeli tanpa harus melalui perantara seperti distributor atau pengecer.[1]

Fungsi dan Cara Belanja Pakai Aplikasi E Pasar Malang

Maraknya sistem online dalam berbagai hal memang terbukti memudahkan aktivitas setiap orang, termasuk berbelanja. Saat ini, Anda tak asing dengan sejumlah marketplace yang menawarkan sistem belanja online. Dengan meningkatnya sistem online saat berbelanja tentu berdampak pada metode konvensional atau tatap muka terutama dalam hal kepraktisannya.

Bagi Anda warga Malang, kali ini akan takjub dengan pasar virtual yang dapat digunakan di pasar tradisional di Kota Malang. Baru-baru ini, Kota Malang mengadopsi sistem belanja online dengan menghadirkan aplikasi E-Pasar Malang yang telah di-launching pertama kali di Pasar Oro-oro Dowo. Pasar virtual yang satu ini menawarkan Anda berbelanja di rumah. Seperti belanja online umumnya, Anda tinggal memilih barang dan menunggu pesanan diantarkan ke rumah. Tentu saja, aplikasi E-Pasar Malang menjadi solusi yang praktis digunakan sehari-hari.

Baca juga  Update Kisaran Harga Cetak Foto Kanvas (Semua Ukuran)

Fungsi E-Pasar Malang

  • Aplikasi yang memudahkan warga Kota Malang dalam melakukan pemesanan barang untuk kebutuhan sehari-hari di pasar terdekat.
  • Informasi ketersediaan barang dagangan, harga serta program promosi-promosi dalam masa tertentu.
  • Barang pesanan akan diantar ke alamat pemesan, dengan pembayaran sistem COD maupun menggunakan EDC.
  • Praktis dan mudah dalam bertransaksi, serta menghidupkan perekonomian rakyat.

E-Pasar merupakan aplikasi belanja lokal pasar rakyat yang dibuat agar warga Kota Malang dapat memesan barang melalui ponsel. Aplikasi ini dibuat sebagai kolaborasi antara KADIN Malang Raya dan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang.

Cara Registrasi Aplikasi E-Pasar Malang

Install Aplikasi E-Pasar Malang
Anda dapat dengan mudah menemukan aplikasi ini di play store dengan mengetik “E-Pasar Malang”. Tunggu beberapa saat aplikasi tersebut akan terdownload pada ponsel Anda.

Registrasi Akun
Setelah aplikasi tersedia, langkah berikutnya adalah melakukan registrasi untuk mendaftarkan akun Anda sebagai pengguna E-Pasar Malang. Anda tinggal mencantumkan beberapa komponen data meliputi nama, email, dan nomor ponsel.

Verifikasi Akun
Anda dapat melakukan verifikasi nomor ponsel dengan kode OTP yang telah dikirim via sms.

Setelah akun resmi terdaftar, Anda dapat memulai transaksi. Anda dapat memilih lokasi dan barang belanjaan yang diinginkan. Seperti berbelanja online pada umumnya, Anda tinggal memeriksa barang dan harga lalu diklik untuk belanja. Semua barang pesanan akan dikirimkan ke rumah Anda oleh terpercaya.

Anda tak perlu ragu saat berbelanja, karena aplikasi E-Pasar menjamin keamanan barang hingga sampai tujuan. Kurir yang bertugas akan langsung berbelanja tanpa deposit karena E-Pasar yang akan langsung menjaminnya. Soal biaya kirim terbilang murah, karena Anda hanya merogoh kocek sekitar Rp3.000 pada radius 2 km.

Baca juga  Info Terkini Tarif Iklan Radio

Keuntungan Menggunakan Layanan E-Pasar Malang

Registrasi akun yang mudah
Anda cukup download aplikasi di Play Store dan verifikasi akun dengan cara yang mudah di rumah.

Hemat waktu dan energi
Bagi Anda yang sibuk, tentu layanan E-Pasar Malang akan membantu Anda lebih mudah berbelanja di sela kesibukan. Anda tak perlu buru-buru pada pagi hari untuk berbelanja ke pasar tradisional.

Hemat bakar
Barang belanjaan Anda akan langsung diantarkan oleh kurir terpercaya, sehingga Anda juga dapat hemat bahan bakar dan biaya parkir kendaraan.

Perbandingan harga
Anda dapat dengan mudah memeriksa barang dan harga yang lebih terjangkau antar pedagang di Pasar Oro-oro Dowo. Anda akan menemukan lapak untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari

Tanpa deposit
Tak perlu merogoh kocek untuk membayar deposit, karena kurir akan berbelanja langsung kebutuhan Anda. Sistem E-Pasar telah menjamin barang yang Anda beli aman diantarkan sampai rumah.

Belanja online telah menjadi metode belanja populer pada era zaman modern ini. Ada banyak orang yang mencari alternatif lain untuk belanja ketika sibuk dan banyak aktivitas. Beberapa keuntungan dari belanja online yakni hemat waktu, bahan bakar, energi, dan dapat membandingkan harga.

Inovasi canggih dari mesin pencari memungkinkan Anda dengan mudah memeriksa harga dan membandingkan dengan hanya beberapa klik. Hal tersebut tentu memberikan kebebasan untuk menentukan toko online mana yang menawarkan item dengan harga terjangkau.[2] Tak jauh berbeda dengan penggunaan e pasar Malang, Anda akan lebih mudah mendapatkan barang tanpa datang ke pasar tradisional.

aplikasi bakul pasar malang online

[1] Laudon, Kenneth. Sistem Informasi Manajemen 2 (Jakarta: Salemba, 2008), hlm, 82

[2] Taufiqurrohman. 11 Tips Menghemat Waktu (Jakarta: Pusat Ilmu, 2011), hlm. 5

author

Leave a reply "Aplikasi E-Pasar Malang, Terobosan Terbaru Berbelanja di Pasar Tradisional Secara Online"