Aneka Merek Timbangan Digital 10 Kg Beserta Harga di Pasaran

Saat di , Anda kerap kali kesulitan mengukur beberapa bahan tertentu yang berjumlah di bawah 10 kg. Timbangan kini tak hanya bersifat analog, tetapi juga telah beredar dengan sistem digital. Tentu saja, Anda akan menemui yang berbeda tergantung merek di pasaran.

Timbangan digital (sumber: bidorbuy.co.za)

(sumber: bidorbuy.co.za)

Mengulas perbedaannya, timbangan digital lebih memudahkan dan mempercepat pengguna dalam membaca hasil pengukuran dibandingkan dengan timbangan analog. Pasalnya, angka akan langsung terlihat otomatis saat beban telah berada di atas timbangan. Sehingga timbangan digital dinilai lebih akurat membaca angka dan mencegah kesalahan pengukuran. Tak heran, jika banyak yang beralih menggunakan timbangan digital.

Untuk maksimal 10 kg, Anda akan lebih banyak menemukan timbangan digital berjenis duduk dengan beragam merek yang beredar. Range harganya mulai dari Rp70 ribuan sampai dengan Rp6 jutaan. Anda dapat membelinya dengan mudah di toko terdekat maupun pada beberapa situs online. Bahkan, sejumlah situs online juga menawarkan harga spesial pada tersebut.

Cara Memilih Timbangan Digital 10 Kg untuk Keperluan Dapur

Pilihlah berat maksimum yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Timbangan dapur tentu memiliki kapasitas maksimal untuk bobot yang harus diukur, biasanya dengan berat maksimal 10 kg. Namun, Anda juga akan menemui timbangan digital dengan kapasitas beban di bawahnya yakni 5 dan 3 kg. 

Periksa bahan dari timbangan digital

Anda disarankan untuk memilih timbangan dengan bahan yang mudah dibersihkan dan tahan air. Sebab ukur tersebut seringkali digunakan dan rentan dengan kotoran. Biasanya timbangan yang terbuat dari stainless steel lebih mudah dibersihkan.

Anda juga harus memperhatikan bentuk timbangan. Pilihlah bentuk timbangan yang dapat mencegah debu masuk ke dalamnya. Jika timbangan digital Anda mudah dibersihkan, tentu akan lebih awet digunakan.

Pilih yang mudah disetel ke angka nol

Seringkali Anda meletakkan wadah plastik atau kaca di atas timbangan saat menimbang bahan. Dalam hal ini, kemudahan untuk menyetel timbangan ke angka nol menjadi poin penting. Pada keterangan produk, fitur ini biasanya ditulis sebagai tare function.

Timbangan digital kapasitas 10 kg di dapur (sumber: onbuy.com)

Timbangan digital kapasitas 10 kg di dapur (sumber: onbuy.com)

Tare function tak hanya menghilangkan berat wadah, tetapi juga membuat Anda lebih mudah menambahkan berat makanan tambahan lainnya secara lebih efisien. Sehingga, timbangan dengan fitur ini wajib Anda pilih.

Beli timbangan digital dengan tingkat ketelitian hingga 0,1 gram

Dalam menghasilkan pengukuran yang lebih akurat, timbangan dengan tingkat ketelitian hingga 0,1 g dapat menjadi pilihan, khususnya ketika digunakan untuk menghitung berat bumbu dan bahan dapur. Namun, jika merasa kesulitan Anda juga dapat menggunakan timbangan dengan ketelitian 1 gram. Soal harga, semakin kecil tingkat ketelitian timbangan maka harga produknya juga lebih mahal.

Periksa baterai dan uji coba timbangan

Telah diketahui sebelumnya, timbangan badan digital menggunakan baterai agar dapat berfungsi dengan baik. Sehingga sebelum menggunakannya, Anda perlu memeriksa baterai pada timbangan.

Selanjutnya, Anda juga perlu memperhatikan fungsi timbangan dengan mencoba mengukur berat benda yang sudah diketahui. Jika angka yang muncul sama dengan berat benda tersebut, maka timbangan badan digital Anda telah siap digunakan.

Timbangan yang ramping dan hemat ruang penyimpanan lebih direkomendasikan

Timbangan dapur digital memiliki keunggulan dalam hal kepraktisan penyimpanan dibanding dengan timbangan analog. Bentuknya yang ramping membuat timbangan digital tidak memerlukan tempat luas ketika disimpan. Anda pun akan sangat dimudahkan karena dapat menyimpannya di dalam laci lemari dapur.

Timbangan digital memiliki sensor halus, sehingga hindari mengguncang timbangan saat digunakan. Letakkan timbangan pada permukaan yang datar dengan suhu ruangan normal agar berfungsi optimal. Periksa beban maksimal timbangan digital Anda, hindari menimbang bahan tertentu yang melebihi kapasitas. Tentu saja hal ini dapat merusak ketahanan timbangan digital Anda.

Harga Timbangan Digital 10 kg  di Pasaran

Timbangan digital kapasitas 10 kg (sumber: auctionhq.com)

Timbangan digital kapasitas 10 kg (sumber: auctionhq.com)

Merek TimbanganHarga (Rp)
Timbangan Duduk Sonic Bench Scale Type A16.000.000
Timbangan Duduk Mini Digital Art 177-07120.000
Timbangan Duduk Poces Scales Portable90.000
Timbangan Duduk Mini Digital Nankai155.000
Timbangan Dapur Digital SF40070.000
Timbangan Digital 10kg Commercial Kitchen Scale Premium Quality204.000
Timbangan Dapur Digital Weiheng102.000
Timbangan Duduk Hioshi270.000
Timbangan Dapur Digital Stainless Steel155.000

Sementara itu, timbangan digital berukuran lainnya juga dapat ditemukan di pasaran. Beberapa timbangan digital yang direkomendasikan lainnya mulai dari Camry Electronic Kitchen Scale EK3650 yang dibanderol dengan harga Rp125 ribu ini memiliki bobot maksimal 5 kg. Untuk bobot yang sama, Anda dapat menemukan merk Heles Electronic Kitchen Scale HL-4350, Idealife Digital Kitchen Scale IL–211s, Idealife Solar Kitchen Scale IL–213, Idealife Digital Kitchen Scale IL–210 dan Cyprus Digital TK-0167K

Biasanya Anda juga membutuhkan timbangan dengan bobot maksimal yang lebih kecil lagi untuk keperluan menimbang bahan dapur tertentu. Anda dapat menemukan timbangan berkapasitas 3 kg seperti merk Tanita KD-320-White yang dijual cukup mahal sekitar Rp470 ribu. Ada lagi merek Taffware Timbangan Dapur Digital berkapasitas maksimal 15 kg yang dijual di pasaran dengan harga Rp142 ribu.

Harga di atas dapat berubah-ubah, tergantung lokasi Anda membeli produk beserta kapasitas maksimal timbangan. Setiap merek pun berbeda-beda, sehingga Anda perlu meneliti terlebih dulu sebelum membeli produk tersebut.

[Update: Ditta]

Baca juga  Daftar Harga Terbaru Lampu Sorot LED Philips dalam Berbagai Ukuran Daya
loading...
author

Leave a reply "Aneka Merek Timbangan Digital 10 Kg Beserta Harga di Pasaran"