Harga Pohon Serut (Merah, Liar, Bonsai)

No comment1217 views

Bagi penggemar bonsai, tentu sudah tidak asing lagi dengan serut. Ini adalah salah satu yang memang kerap dijadikan bonsai karena memiliki bentuk batang dan yang unik, serta mudah dibentuk dan tidak membutuhkan perawatan khusus. Untuk mendapatkan ini, harga yang harus Anda bayarkan ternyata tidak terlalu mahal.

Pohon serut bonsai (sumber: lazada)

Pohon serut bonsai (sumber: lazada)

Dikutip dari Dekoruma.com, bonsai adalah seni yang menciptakan pohon miniatur dari pokok pohon normal. Bonsai juga dapat dikatakan sebagai pohon yang dibuat dengan ukuran kecil dalam pot.[1] Seni ini termasuk salah satu bentuk ekspresi yang sangat indah dan menuntut keahlian artistik, pengamatan yang telaten, serta keseimbangan dan kesabaran. Jadi, jika Anda berminat membuat pohon bonsai sendiri, akan ada tantangan tersendiri yang harus dihadapi, tetapi bukan berarti tidak mungkin sama sekali.

Alam dikatakan sebagai sumber inspirasi dalam pembuatan bonsai. Berdasarkan alam yang ditiru, pembuatan bonsai setidaknya dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yakni bonsai tradisi (konvensional), bonsai alam, dan bonsai non-tradisi (kontemporer).[2] Khusus untuk bonsai kontemporer, merupakan bonsai yang dibuat semata-mata didasarkan pada keindahannya dan bukan pada ketentuan atau pola tertentu, sehingga bentuknya cenderung liar.

Ciri, Jenis dan Manfaat Pohon Serut

Sebenarnya, ada banyak tanaman yang dapat dipakai dalam seni bonsai, dan salah satu yang populer adalah pohon serut. Ini adalah tumbuhan yang termasuk dalam famili Moraceae (nangka), dengan nama latin Streblus asper Lour. Kenapa pohon serut menjadi favorit, karena gampang dibentuk serta memiliki bentuk batang dan daun yang cukup eksotis.

Baca juga  Update Harga Cangkul di Pasaran (Lokal dan Impor)

Sering disebut Sandpaper Tree dalam bahasa Inggris, pohon serut secara umum berukuran sedang dengan tinggi sekitar empat sampai 15 meter. Kulit batang pohon ini berwarna putih keabu-abuan, dengan daun berbentuk bulat telur, lonjong, dengan panjang antara 4 sampai 12 cm. Daunnya berwarna hijau, dengan permukaan yang kasar, tepi daun bergerigi, ujung daun dan pangkal daun meruncing, serta tulang daun menyirip.

Pohon serut dapat diklasifikasikan sebagai pohon monoecious (berumah satu), dengan jantan dan betina tumbuh terpisah, tetapi masih dalam satu pohon. Bunganya berwarna kehijauan-kuning, dengan jantan muncul di ketiak, kepala peduncled atau paku, sedangkan betina tumbuh berkelompok. Buah pohon ini berwarna kuning pucat, berbentuk bulat dengan diameter sekitar 8 sampai 10 mm.

Tumbuhan serut (Streblus asper Lour) sudah tersebar luas di kawasan Asia, mulai dari Bhutan, Kamboja, India, , Laos, Malaysia, Nepal, Filipina, Sri Lanka, Thailand, hingga Vietnam. Di , tanaman ini dapat ditemukan di Pulau Sumatera, Jawa, Madura, Sulawesi, Kepulauan Sunda Kecil, dan Maluku. Habitatnya adalah semua jenis hutan di dataran rendah hingga ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut.

Pohon serut merah (sumber: gudangbibitku.com)

Pohon serut merah (sumber: gudangbibitku.com)

Sebagai bonsai, ada beberapa jenis pohon serut yang dapat digunakan. Serut merah misalnya, merupakan salah satu jenis yang cukup populer, memiliki batang berwarna putih dengan bentuk daun agak lonjong serta bunga berwarna merah menyala. Kemudian, ada pohon serut liar, dengan daun berukuran kecil berwarna hijau kasar, serta batang berwarna putih dan cukup keras. Ada juga pohon serut lanang yang punya batang berduri dan sekilas mirip pohon jerukan.

Baca juga  Info Harga dan Cara Budidaya Pohon Palem Merah

Selain sebagai atau bonsai, pohon serut ternyata juga memiliki berbagai manfaat, mulai dari tanaman herbal hingga tumbuhan mistis. Sejak ratusan tahun silam, di Thailand, kulit pohon ini sudah digunakan sebagai kertas berbagai teks kuno. Berbagai bagian serut juga dimanfaatkan untuk mengobati penyakit kusta, diare, sakit gigi, demam, hingga kanker.

Sementara itu, menurut kepercayaan sebagian orang, pohon serut dikenal sebagai salah satu pohon bertuah. Konon, pohon ini mempunyai aura dingin yang bermanfaat untuk menangkal santet atau teluh. Tidak sedikit pula dijumpai pohon serut yang berusia tua dan lantas dianggap sebagai pohon angker dan dihuni makhluk gaib oleh masyarakat sekitar.

Bukan merupakan tanaman langka atau dilindungi, tidak sulit mendapatkan pohon serut. Anda bisa membeli tanaman ini di berbagai toko penjual tumbuhan. Selain itu, tidak sedikit pula pedagang yang menawarkan pohon serut lewat platform jual beli online. Sebagai referensi, berikut kisaran harga pohon serut di dalam negeri.

Baca juga  Update Harga Belut Hidup per Kg Saat Ini

Harga Pohon Serut

Jenis Pohon SerutHarga
Pohon Serut MerahRp10.000 – Rp30.000
Pohon Serut LiarRp15.000 – Rp40.000
Bonsai Pohon Serut LanangRp400.000
Bonsai Pohon SerutRp1.000.000 – Rp3.500.000
Bonsai Pohon Serut RaftRp2.500.000
Bonsai Pohon Serut PenjingRp2.550.000

Harga pohon serut di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online dalam negeri. Perlu Anda catat bahwa harga pohon serut tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga pohon serut yang berlaku di tiap toko bisa berbeda, tergantung kebijakan masing-masing penjual.

[1] Susanto, M. 2011. Diksi Rupa. Yogyakarta: Dicti Art Lab.

[2] Purwanti dan Sulbi. 2017. Kriya Seni Berbentuk Bonsai Kontemporer Berbahan Dasar Logam. Jurnal Pendidikan Seni Rupa UNESA, Vol. 5(1): 55-61.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Pohon Serut (Merah, Liar, Bonsai)"