Update Harga Stang Seher Jupiter Z (Original, NPP, Faito, Daytona)

Apakah power sepeda motor Anda loyo dan dari knalpot keluar asap putih yang dekat? Jika iya, mungkin stang seher, atau bahasa kerennya connecting rod, mesin bermasalah. Anda harus segera mengganti komponen ini sebelum kerusakan merembet ke komponen lain. Jika kebetulan sepeda motor Anda adalah Jupiter Z keluaran Yamaha, harga stang seher motor ini rata-rata ratusan ribu rupiah.

Pengendara Yamah Jupiter Z (sumber: gridoto)
Pengendara Yamah Jupiter Z (sumber: gridoto)

Dilansir dari Wikipedia, dalam sebuah mesin, batang piston atau stang seher ini berfungsi menghubungkan piston ke crank atau poros engkol. Bersama dengan crank, sistem ini membentuk mekanisme sederhana yang mengubah gerak lurus/linear menjadi gerak melingkar. Batang piston juga dapat mengubah gerak melingkar menjadi gerak linear. Dalam sejarahnya, sebelum ada pengembangan mesin, batang piston digunakan untuk hal ini terlebih dahulu.

Bacaan Lainnya

Masih menurut sumber yang sama, karena stang seher umumnya kaku, maka komponen ini dapat meneruskan tarikan dan dorongan, sehingga batang pistonnya dapat merotasi crank melalui kedua bagian dari revolusi, yaitu tarikan piston dan dorongan piston. Mekanisme generasi awal, misalnya pada rantau, hanya dapat menarik. Dalam beberapa mesin 2-tak, batang pistonnya hanya digunakan untuk mendorong.

Tugas stang piston (seher) sangatlah berat, selain mendapatkan tekanan yang berasal dari piston, batang torak juga mendapatkan pembebanan regangan pada saat langkah isap dan tekukan pada saat mengubah gerak lurus menjadi gerak putar. Fungsi stang seher ini adalah untuk menghubungkan piston ke poros engkol dan selanjutnya menerima tenaga dari piston yang diperoleh dari pembakaran dan meneruskannya ke poros engkol.

piston terbuat dari baja dengan perbaikan mutu, contoh 34 CR MO 4 atau besi tuang. Untuk motor balap, stang piston biasanya terbuat dari titanium, karena bersifat ringan dan mempunyai kekuatan lebih. Dan, untuk sepeda motor bermesin kecil, batang piston biasanya terbuat dari paduan aluminium untuk memperingan bobot stang piston.

Bagian ujung connecting rod yang berhubungan dengan pin piston disebut small end. Sementara, yang berhubungan dengan poros engkol disebut big end. Poros engkol berputar pada kecepatan tinggi di dalam big end, dan mengakibatkan temperatur menjadi naik. Untuk menghindari hal tersebut, maka metal dipasangkan dalam big end. Metal ini dilumasi dengan oli dan sebagian dari oli ini dipercikkan dari lubang oli ke bagian dalam piston untuk mendinginkan piston atau torak.

Layaknya komponen sepeda motor pada umumnya, stang seher juga tidak luput dari . Apabila bagian ini bermasalah, maka tenaga sepeda motor cenderung loyo dan knalpot akan mengeluarkan asap putih pekat. Apabila tidak segera diperbaiki, kepala piston kemungkinan bisa jebol dan stang seher pun bengkok, bahkan blok mesin bisa pecah.

Selain faktor usia atau aus, beberapa perilaku atau perlakuan yang salah juga berperan besar menyebabkan stang seher sepeda motor Anda rusak. Berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan stang seher bermasalah.

Mesin motor Jupiter Z (youtube: saudara motor)
Mesin motor Jupiter Z (youtube: saudara motor)

Penyebab Stang Seher Rusak

  • Memacu sepeda motor di lintasan yang ekstrem, terutama dengan sudut kemiringan lebih dari 30 derajat, dengan permukaan lintasan yang terjal membutuhkan putaran mesin yang tinggi. Bahkan, pengendara lupa atau tidak sempat memindah posisi gigi ke tingkat yang lebih rendah. Pada saat putaran mesin tinggi, tetapi posisi gear tetap di tingkat tinggi, sebenarnya stang seher bekerja ekstra keras. Itulah yang memicu stang seher rusak.
  • Selain itu, memacu sepeda motor di lintasan biasa dengan gaya akselerasi yang mengentak-entak pun dapat bisa memicu kerusakan pada stang seher. Umumnya, kerusakan yang disebabkan oleh gaya berkendara seperti ini adalah kruk as yang oblak. Hentakan demi hentakan keras ketika pengendara menarik tuas dengan tiba-tiba dan melepasnya lagi, menjadikan kruk as seperti ditarik dan dihentak dengan kuat dan tiba-tiba. Akibatnya, kruk as goyang atau oblak. Bila kruk as oblak, maka lama-kelamaan stang seher juga akan ikut oblak. Jika dibiarkan, stang akan rusak.
  • Faktor lain, yang mungkin terlihat sepele namun bisa membuat stang seher rusak adalah pemakaian oli yang memiliki kualitas jelek. Maklum, oli memang berfungsi untuk melumasi komponen mesin. Terlebih, bila pemilik sepeda motor kerap memacu tunggangan mereka dengan kecepatan yang tinggi. Pada saat itu, putaran mesin juga sangat tinggi. Saat itulah gerak atau laju komponen menjadi sangat cepat, dan pelumasan harus sempurna. Jika pelumasan oli tidak sempurna, maka gerak juga akan tidak sempurna dan cenderung membuat silinder aus.
  • Para pemilik motor kerap melakukan bore up mesin untuk meningkatkan kompresi mesin agar pembakaran lebih sempurna. Alhasil, tenaga yang disemburkan mesin pun berlipat. Namun, bila tidak cermat, cara ini justru menimbulkan masalah baru, yaitu stang seher rusak. Hal itu bisa terjadi karena dengan meningkatkan rasio kompresi, berarti juga memperbesar tekanan piston yang membawa campuran udara dan bahan bakar ke ruang bakar mesin. Meningkatkan tekanan piston berarti membutuhkan hentakan seher yang lebih keras. Jika stang seher tidak kuat mengimbangi hentakan, maka ia akan goyang atau oblak.

Untuk mengetahui apakah stang seher sepeda motor rusak atau tidak, Anda bisa mendengarkan suara mesin. Jika suara mesin tidak halus, mungkin komponen ini harus diganti. Cara lainnya adalah dengan membuka kepala silinder. Jika stang seher menimbulkan suara bluk-bluk ketika dipukul, itu juga pertanda bahwa komponen ini sudah aus.

Stang seher Yamaha Jupiter (sumber: biggo.id)
Stang seher Yamaha Jupiter (sumber: biggo.id)

Apabila sudah rusak, maka langkah yang harus Anda lakukan adalah mengganti stang seher. Di pasaran, banyak bengkel yang sudah menjual komponen ini. Jika kebetulan sepeda motor Anda adalah Yamaha Jupiter Z, harga stang seher original Yamaha saat ini berkisar Rp200 ribu hingga Rp480 ribuan. Jika Anda ingin membeli satu paket stang seher, kruk as, dan piston kit, harganya di pasaran berkisar Rp700 ribu sampai Rp1 jutaan.

Harga Stang Seher Jupiter Z

Merk Stang Seher Jupiter ZHarga
NPPRp123.500 – Rp165.000
Yamaha OriginalRp222.000 – Rp325.000
TKRJ JapanRp280.000 – Rp396.000
Meteor FaitoRp379.000 – Rp450.000
Daytona JapanRp450.000
DG Racing OriginalRp487.500

Harga stang seher Yamaha Jupiter Z di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk bengkel dan situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga relatif tidak banyak berubah. Stang seher Daytona Japan misalnya, masih dijual Rp450 ribuan, sedangkan harga stang seher Yamaha original sedikit naik dari Rp200 ribu menjadi mulai Rp220 ribuan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *