Indikasi, Cara Pemakaian dan Harga Iodine (Berbagai Merk)

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia medis, pastinya sudah tidak asing dengan iodine. Selain dibutuhkan oleh kalangan medis, iodin atau yodium juga dibutuhkan sebagai obat . Untuk mendapatkan iodine ini tidaklah sulit. Anda bisa membelinya secara bebas di apotek terdekat dengan yang terjangkau.

llustrasi Iodine (credit: lifeisanepisode)

llustrasi Iodine (credit: lifeisanepisode)

Iodine

Iodine merupakan salah satu jenis zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Meskipun sangat dibutuhkan oleh tubuh, tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. Dilansir dari Hello Sehat, Anda bisa mendapatkan iodine dari dan obat-obatan. Iodin sebenarnya sudah dikenal sejak lama dan dipakai untuk antiseptik, karena harga yang terjangkau dan relatif aman.[1]

Iodine dibutuhkan oleh tubuh, khususnya kelenjar tiroid, untuk membantunya memproduksi hormon. Jika kelenjar tiroid kekurangan asupan yodium, sistem di dalam tubuh akan memaksa kelenjar tiroid untuk bekerja lebih keras. Jika tubuh tidak segera diberi asupan iodin, maka kelenjar tiroid akan membesar dan menyebabkan pembengkakan pada leher.

Untuk mengatasi atau mencegah pembengkakan kelenjar tiroid, iodine dipakai dengan cara diminum. Obat ini tidak hanya tersedia dalam bentuk obat oral, tetapi juga obat topikal atau obat oles. Bisa dibilang, fungsi utama yodium adalah untuk mencegah tubuh kekurangan iodine. Selain pembengkakan kelenjar tiroid, masalah lain yang bisa diakibatkan oleh kekurangan yodium adalah penyakit gondok.

Baca juga  Info Harga Pasta Gigi Colgate Semua Varian

Iodine juga kerap dijadikan sebagai obat untuk mengatasi gangguan pada payudara, seperti adanya benjolan dan rasa nyeri di payudara. Selain itu, untuk jenis yodium oles, bisa dipakai untuk mengobati kulit yang mengalami peradangan. Iodine yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik alami, mampu mencegah dan mengurangi rasa nyeri serta membersihkan bakteri pada luka.

Selain indikasi di atas, yodium dapat dipakai untuk mengatasi peradangan dan luka pada mulut, mengatasi peradangan pada saluran pencernaan, mengatasi diabetes, mencegah dan mengobati bisul, mengurangi pembengkakan pada mata, dan mencegah kebutaan pada pasien dengan bisul pada kornea (khususnya pada bayi).

Berbagai Jenis Iodine (credit: shopolica)

Berbagai Jenis Iodine (credit: shopolica)

Cara Pakai Iodine

Untuk mendapatkan iodine, tentu Anda harus mengetahui cara pemakaian yang benar. Obat iodine oral dipakai dengan cara diteteskan langsung atau dilarutkan ke air dan dikonsumsi. Yodium oral seperti ini tidak bisa didapatkan secara sembarangan, sehingga aturan konsumsi didasarkan pada resep dokter. Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter atau apoteker mengenai dosis yang sesuai dengan keluhan Anda sebelum memakainya.

Baca juga  Info Terbaru Harga Treatment Body Spa dan Perawatan Lainnya di Larissa Aesthetic Center

Sementara, iodine dalam bentuk topikal, termasuk obat luar atau obat oles, dan tidak boleh dipakai secara oral. Anda bisa memakai obat tersebut dengan cara mengoleskan 1/8 inci hingga 1/4 inci ketebalannya. Obat ini dipakai untuk mensterilkan kasa yang akan dipakai untuk membersihkan luka. Iodine seperti ini memiliki tekstur yang hampir sama dengan gel, sehingga agak sedikit lengket di kulit.

Sementara ada dua iodine yang harus memiliki izin dokter saat membelinya, ada juga iodine yang dijual secara bebas. Yodium seperti ini dikemas dalam tetes dan memiliki cairan berwarna cokelat kemerahan. Obat tetes ini biasa dipakai untuk mengobati luka yang terbuka akibat jatuh, tergores, dan lainnya. Selain tanpa resep dokter, obat ini juga dijual dengan harga lebih terjangkau.

Bagi Anda yang akan membeli iodine, pastikan Anda mengetahui harganya. Sehingga, Anda bisa memperkirakan anggaran belanja bulanan dengan mudah. Selain ditawarkan dengan bentuk kemasan beragam, iodine juga dijual dengan berbagai macam .

Baca juga  Update Kisaran Terbaru Biaya Menjalani Tes Alergi
Manfaat Yodium untuk Mengatasi Peradangan (credit: gohealthuc)

Manfaat Yodium untuk Mengatasi Peradangan (credit: gohealthuc)

Harga Iodine

Merek/Varian IodineHarga (Rp)
Iodine Onemed Povidone 15 ml4.500
Iodine Betadine 5 ml5.000
Iodine Onemed Povidone 30 ml5.800
Iodine Onemed Povidone 60 ml6.900
Iodine Onemed Povidone 300 ml25.000
Ionine Sodin Povidon30.000
Iodine Betadine 60 ml37.000
Iodine Onemed Povidone 1 l70.000
Iodine Rofa Laboratorium Centre 10 gr75.000
Iodine I2 Pro Analysis Merck 100 gr2.000.000

Perlu Anda ketahui, harga iodine di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs e-commerce. Harga iodine tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[1] Kumorowulan, Suryati, dkk. 2007. Pengaruh Pemberian Povidone Iodine dan Iodium Tincture secara Topikal terhadap Fungsi Kelenjar Tiroid. PGM, 30(1): 25-31.

loading...
author

Leave a reply "Indikasi, Cara Pemakaian dan Harga Iodine (Berbagai Merk)"