Info Lengkap Komposisi dan Harga Multivitamin Ibu Hamil Folaplus

Banyak zat gizi yang diperlukan saat , mulai dari zat besi, , kalsium, hingga asam folat. Diperkirakan 23-33% tidak cukup mengonsumsi asam folat. Sejumlah apotek banyak menjual multivitamin yang mengandung asam folat salah satunya Folaplus. Anda dapat membeli Folaplus sesuai resep yang disarankan dengan terjangkau.

Kemasan Folaplus kaplet (sumber: bukalapak)

Folaplus kaplet (sumber: bukalapak)

Kekurangan asam folat dapat menyerang ibu hamil kapan saja pada usia berapa pun tanpa pandang bulu. Zat ini diperlukan tubuh untuk pembentukan sel-sel baru. Selain pada makanan, asam folat juga terkandung dalam kapsul atau produk-produk multivitamin. Kekurangan asam folat dapat mengganggu saraf, kemampuan intelektual, dan mempengaruhi gerak bayi menjadi terhambat.

Asam folat terutama diperlukan pada minggu-minggu pertama kehamilan. Suplemen yang satu ini dapat dikonsumsi dalam jumlah yang cukup sehingga tidak membahayakan ibu hamil. Menurut ahli gizi dan dokter kandungan, asam folat sebanyak 400 mikrogram atau 0,4 miligram per hari sudah cukup untuk perlindungan otak bayi. Ditunjang dengan mengonsumsi sayuran segar berwarna hijau tua, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian sebagai sumber utama asam folat.[1]

Baca juga  Indikasi, Dosis, Aturan Minum dan Harga Dexteem Plus

Suplemen nutrisi selama masa kehamilan dan menyusui yang juga mengandung asam folat yakni Folaplus. Folaplus diproduksi oleh perusahaan farmasi yakni Meprofarm dengan kategori bebas dan resep yang dijual di apotik. Memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lengkap, tak heran jika suplemen yang satu ini kerap digunakan sebagai penguat kandungan pada ibu hamil. Folaplus juga baik untuk wanita hamil yang mengalami anemia atau kekurangan vitamin B6 dan B12.

Manfaat Folaplus

  • Sebagai nutrisi dan suplemen selama kehamilan dan menyusui
  • Mencegah dan mengobati anemia selama masa kehamilan
  • Mencegah kondisi cacat tulang belakang pada janin dalam kandungan
  • Untuk menjaga kesehatan tubuh terutama untuk wanita hamil

Multivitamin ini tidak boleh digunakan pada mereka yang memiliki riwayat hipersensitif atau alergi terhadap kandungan Folaplus.

Komposisi Folaplus

Folaplus terdiri dari Folic acid 400 mcg, vitamin B6 6 mg, dan vit B12 25 mcg.

Dosis Folaplus

Dosis yang disarankan untuk ibu hamil yakni sebanyak 1 x sehari 1 . Suplemen ini dapat diberikan bersama atau tanpa makanan. Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsinya. Setelah mengonsumsi Folaplus, disarankan untuk menyimpan obat di tempat yang sejuk dan kering agar terlindung dari panas dan sinar matahari langsung.

Baca juga  Update Biaya Tes Rekam Jantung Elektrokardiogram (EKG) di Laboratorium dan Rumah Sakit
Ilustrasi: konsumsi suplemen ibu hamil (sumber: prenacer.mx)

Ilustrasi: konsumsi suplemen ibu hamil (sumber: prenacer.mx)

Efek Samping Folaplus

Meski umumnya dapat ditoleransi dengan baik, waspadai efek samping Folaplus berupa gangguan pencernaan, penurunan nafsu makan, atau diare. Penggunaan dalam jumlah banyak atau melebihi dosis anjuran dapat menyebabkan efek overdosis terutama untuk wanita hamil, kelebihan asam folat saat hamil memperbesar risiko melahirkan anak yang mengidap autisme.

Saat mengonsumsi Folaplus, ada baiknya selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan. Selain itu, sampaikan riwayat alergi maupun keluhan penyakit yang pernah Anda alami, agar dokter dapat meresepkan suplemen secara tepat.

Harga Folaplus di Apotek

Varian FolaplusHarga (Rp)
Folaplus Tab per tablet4.400
Folaplus Tab per strip11.761
Folaplus Tab per dus117.610

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Harga obat Folaplus tentu dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat membeli obat Folaplus di toko obat maupun apotek terdekat seperti Kimia Farma dan K24. Di sejumlah toko obat online seperti Hdmall menjual obat Folaplus seharga Rp23.819 per strip.

Baca juga  Info Harga Plester Jerawat (Acne Patch) Semua Merek

Sebagai referensi tambahan, Anda juga dapat membeli multivitamin ibu hamil dari produk lain. Misalnya, Folavit 400 mcg yang dijual di apotek dengan harga terjangkau yakni Rp12.384 per strip. Kedua produk tersebut terbilang bagus karena kerap direkomendasikan oleh para dokter kandungan.

Perlu diingat, ibu hamil tidak boleh mengonsumsi sembarang multivitamin yang mengandung asam folat. Menurut para ahli mengonsumsi lebih dari satu pil multivitamin per hari selama hamil justru dapat membahayakan janin. Selain itu, jika memasak makanan yang menjadi sumber folat, sebaiknya tidak menggunakan panas yang terlalu tinggi karena dapat menghilangkan asam folatnya.

[1] Sinsin, Iis. Seri Kesehatan Ibu Anak: Masa Kehamilan dan Persalinan. (Jakarta: Elex Media Komputindo, 2008), hlm. 43

loading...
author

Leave a reply "Info Lengkap Komposisi dan Harga Multivitamin Ibu Hamil Folaplus"