Update Harga Beras Merah di Pasar Tradisional dan Indomaret

Para ahli berpendapat, nasi dari beras yang berwarna diklaim lebih sehat, tidak terkecuali beras merah. Beras jenis ini sendiri sudah dijual di berbagai pasar tradisional maupun minimarket seperti Indomaret. Harga beras merah cukup bervariasi, tergantung ukuran kemasan serta merek produk yang bersangkutan.

Nutrisi dan Manfaat Beras Merah

Ilustrasi: Nasi Merah di Atas Piring (credit: patchpuppy)

Ilustrasi: Nasi Merah di Atas Piring (credit: patchpuppy)

Beras merah adalah beras yang hanya mengalami pengelupasan lapisan paling luar dan tidak melalui proses penggilingan. Seperti diketahui, beras memiliki beberapa lapisan kulit; dan jika semua lapisan ini dikelupas, maka didapatkan beras putih. Lapisan kulit inilah yang mengandung banyak serat, mineral, dan vitamin. Proses pengelupasan seluruh lapisan beras yang mengubah beras merah menjadi beras putih menyebabkan kehilangan vitamin B3, B1, B6, mangan, fosfat, zat besi, serat, dan asam lemak.

Menurut Gargi Sharma, seorang ahli manajemen berat badan, beras merah dan beras cokelat adalah sumber serat, vitamin B, kalsium, seng, zat besi, mangan, selenium, dan nutrisi lain. Satu hal lagi, beras merah juga mengandung antioksidan yang bisa membantu melawan radikal bebas dalam . Beras merah mendapat warna dari antioksidan yang disebut anthocyanin. Senyawa ini juga ditemukan dalam buah yang berwarna ungu atau kemerahan. Senyawa ini diyakini bisa membantu mengurangi peradangan, alergi, menurunkan risiko kanker dan membantu menurunkan berat badan.

Kandungan mangan di dalam beras merah akan membantu memperkuat metabolisme, sedangkan magnesium akan membantu mengurangi migrain, menurunkan tekanan darah dan risiko serangan jantung. Kandungan kalsium dan magnesium juga akan menjaga kesehatan tulang dan gigi, mencegah risiko artritis, dan osteoporosis, sedangkan selenium akan membantu melindungi tubuh dari infeksi.

Beras merah, dan juga beras cokelat, juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Hal tersebut proses pencernaan menjadi lambat dan membuat sistem pencernaan menjadi lebih kuat. Serat juga membantu memperlambat pengolahan karbohidrat menjadi darah. Oleh karena itu, makanan berserat ini memiliki nilai indeks glikemik yang rendah.

Menurut para ahli, konsumsi beras merah dianjurkan bagi diabetes dan penderita penyakit jantung. Pasalnya, beras ini dianggap mampu mengurangi plak arteri, mencegah risiko penyakit kardiovaskular, menurunkan kolesterol tinggi, dan mengatur gula darah. Sebuah studi tahun lalu mengatakan, mengonsumsi satu cangkir nasi merah setiap hari ternyata bisa menurunkan risiko diabetes sampai 60 persen.

Butiran beras merah (sumber: timesofindia.com)

Butiran beras merah (sumber: timesofindia.com)

Harga Beras Merah

Beras MerahHarga
Beras Merah Organik Lestari per kgRp37.000
Beras Merah Kuartet Nabati per kgRp32.500
Beras Merah Organik Nusa per kgRp26.500
Beras Merah Organik Orna per 5 kgRp140.000
Beras Merah Tropicana Slim per 1 kgRp39.900
Beras Merah Organik Hotel per 2 kgRp59.000
Beras Merah Organik Katana 2 kgRp52.000
Beras Merah Md organik per 2 kgRp61.200
Beras Merah Organik Mutuku per 2 kgRp58.700
Beras Merah BSP Farm per 2 kgRp81.000

Harga beras merah di pasar tradisional memang cenderung fluktuatif, tergantung kondisi cuaca, pasokan, dan permintaan masyarakat. Tahun lalu, harga beras merah Lestari misalnya, masih Rp36 ribuan per kg dan kini mengalami sedikit kenaikan menjadi Rp37 ribuan per kg. 

Selain di pasar tradisional, minimarket seperti Indomaret pun menyediakan stok beras merah. Beras merah merk Indomaret dalam kemasan sak 2 kg sekarang ditawarkan dengan harga Rp35.500. Harga tersebut tentunya dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan toko yang Anda kunjungi. 

[Update: Almas]

Baca juga  Update Harga Daun Pisang (1 Ikat, Lembaran, per Kg)
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Beras Merah di Pasar Tradisional dan Indomaret"