Info Terbaru Harga dan Biaya Bangun Rumah Minimalis Tipe 21

Memiliki pribadi merupakan impian bagi semua orang, terutama mereka yang sudah menikah dan memiliki anak. Pasalnya, dengan tinggal di sendiri, kehidupan tangga bakal lebih nyaman dan bisa mengatur urusan tangga dengan lebih teratur.

Bangun Rumah Minimalis Tipe 21 - celestialrodeo.blogspot.co.id

Bangun Rumah 21 - celestialrodeo.blogspot.co.id

Saat ini, sudah banyak tipe rumah yang ditawarkan dengan bervariasi. Namun, bagi mereka yang memiliki bujet terbatas atau yang hanya punya anggota kecil, maka rumah minimalis tipe 21 bisa menjadi salah satu pilihan tepat untuk memiliki rumah.

Sayangnya, untuk saat ini, harga rumah minimalis tipe 21 semakin naik dari hari ke hari. Hal ini imbas dari meningkatnya permintaan tanah untuk bangunan seiring semakin tingginya tingkat pertumbuhan penduduk. Hal itu pun menyebabkan harga tanah sudah semakin mahal yang membuat harga bangunan rumah juga melambung.

Di kota besar seperti Jakarta misalnya, harga rumah minimalis tipe 21 dijual dengan harga mulai Rp187 jutaan dengan 1 kamar tidur dan luas tanah 90 meter persegi. Sementara, rumah tipe 21 di Griya Janabadra Asri, Medari, Sleman, Yogyakarta ditawarkan di kisaran Rp185 jutaan, dan di daerah Sedayu Barat, Yogyakarta dibanderol mulai Rp130 jutaan.

Baca juga  Info Terbaru Rincian Biaya Tambahan yang Harus Dibayar dalam Proses Jual Beli Tanah

Jika Anda kurang sreg dengan rumah jadi yang ditawarkan, Anda pun bisa membangun rumah tipe 21 dengan sendiri. Menghitung membangun rumah sebenarnya bukanlah perkara yang sulit. Hal utama yang harus Anda ketahui adalah harga bahan-bahan bangunan saat ini. Pasalnya, harga bahan bangunan selalu bergerak fluktuatif dan tidak menentu.

Selain itu, biaya rumah juga ditentukan oleh luas tanah dan model rumah yang akan dibangun. Anda juga harus menentukan besarnya lahan yang akan dibangun, di samping ongkos tukang atau tenaga ahli.

Ada dua model cara menghitung rencana anggaran biaya (RAB) untuk membangun rumah, yaitu dilakukan dengan sistem per meter persegi dan analisis harga satuan. Untuk sistem per meter persegi, Anda hanya perlu dua data, yaitu luas bangunan dan harga bangunan per meter persegi pada waktu dan kegiatan pembangunan.

Baca juga  Update Cara Menghitung Biaya Membangun Rumah

Misalnya, jika Anda akan membangun sebuah rumah dengan luas 60 m2, sementara harga bangunan per m2 Rp2.500.000, maka biaya bangunan rumah yang dibutuhkan adalah 60 m2 x Rp2.500.000 = Rp150.000.000 (seratus lima puluh juta rupiah). Namun, meski cepat, cara menghitung dengan sistem ini juga punya kekurangan, salah satunya tingkat ketelitian yang masih kurang.

Sementara, untuk sistem analisis harga satuan, meski sedikit ribet, namun biaya yang didapatkan dapat terhitung secara pasti. Jadi, Anda sudah bisa memperkirakan detail-detail berapa biaya yang dibutuhkan untuk masing-masing komponen pembangunan rumah.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Info Terbaru Harga dan Biaya Bangun Rumah Minimalis Tipe 21"