Cara dan Biaya Transfer Dollar ke Rekening Rupiah BCA

Bagi Anda yang sedang bekerja di luar negeri dan punya penghasilan berbentuk mata dollar, pastinya membutuhkan media untuk mengirimkan atau transfer ke rupiah. Untungnya, sudah ada banyak yang menyediakan layanan tersebut, salah satunya . telah menyediakan fitur transfer dollar ke rekening rupiah menggunakan layanan remittance.

Remittance BCA

Ilustrasi: BCA Remittance Dollar

Ilustrasi: BCA Remittance Dollar

Remittance BCA merupakan sebuah layanan khusus untuk mengirimkan uang dalam valuta asing kepada penerima di dalam atau di luar negeri, baik ke rekening BCA dan keluar dari BCA. Dengan layanan ini, Anda bebas mengirimkan uang dalam bentuk dollar ke rekening BCA dalam bentuk rupiah. 

Remittance BCA yang melayani kiriman valas, menggunakan sistem yang aman dan cepat demi menjaga kelancaran transaksi valas . Sehingga, Anda tidak perlu khawatir dengan jumlah dollar yang Anda kirimkan ke rekening rupiah. Jumlah tersebut akan setara dan sudah dihitung sesuai dengan

Dilansir dari resmi BCA, Remittance BCA didukung jaringan bank korespondensi yang luas di seluruh dunia dan semua cabang BCA di seluruh dunia. Sumber dapat berupa tunai atau debet rekening dalam rupiah dan valas. 

kirim yang ditawarkan oleh Remittance BCA terbilang ringan dengan kurs jual beli yang kompetitif. Fitur ini juga bisa dibilang dapat memenuhi segala kebutuhan kiriman valas Anda dengan mudah, cepat, dan aman. Dalam menggunakan Remittance BCA, ada dua fitur yang bisa Anda pakai, yaitu Outward Remittance dan Inward Remittance. 

Outward Remittance BCA

Outward Remittance adalah fitur untuk mengirim valas ke negara asalnya, sebagai contoh Anda bisa mengirim uang dalam bentuk dollar dari Indonesia ke rekening dollar di negara Amerika. Jumlah uang yang ditransfer akan utuh dan tidak dipotong oleh penerima. Ketika melakukan transaksi tersebut, nasabah diwajibkan membayar biaya USD 10 (ekuivalen) ditambah dengan biaya telex Rp50.000 untuk layanan BCA Full Payment.

Ilustrasi: layanan BCA (sumber: ubloger.com)

Ilustrasi: layanan BCA (sumber: ubloger.com)

Selain bisa mengirim dalam bentuk valas ke negara asalnya, Anda bisa mengirim uang dalam bentuk rupiah ke negara tetangga, di antaranya Malaysia dan Thailand. Untuk melakukan hal ini, Anda tidak perlu mengonversikan rupiah ke mata uang USD, ringgit, atau baht. Uang dalam bentuk rupiah bisa ditujukan secara langsung ke ACCD Bank di Malaysia dan Thailand dengan menyerahkan dokumen underlying dari BCA dan membayar biaya transfer. Untuk keperluan ini, Anda akan dikenakan biaya Rp50.000 (biaya telex) ditambah USD 25 atau Rp350.000.

Outward Remittance BCA juga memiliki layanan untuk mengirim USD ke rekening dalam bentuk lebih dari 100 mata uang asing. Uang dollar yang Anda transfer akan diterima dalam bentuk mata uang lokal negara yang Anda tuju. Nilai yang diterima sesuai dengan kurs Multi Currency berlaku pada saat hari transaksi. Untuk ketentuan lainnya, kiriman valas berbasis USD dan transaksi hanya bisa dijalankan ke negara asal mata uang (contoh kirim mata uang dollar Taiwan ke Taiwan). Saat memakai jasa tersebut, Anda dikenakan tarif transaksi Rp50.000 (biaya telex) ditambah USD 20. 

Outward Remittance tidak hanya bisa dipakai untuk transfer dalam bentuk dollar atau USD, Anda pun bisa mengirim uang dalam bentuk AUD ke semua bank di Australia secara full amount dengan biaya ringan. Untuk melakukannya, Anda akan dikenakan biaya Rp50.000 (biaya telex) ditambah AUD 20. Layanan ini bisa Anda gunakan hingga pukul 13.00 dan dapat diterima pada hari yang sama dengan beberapa bank penerima, antara lain ANZ Bank, NAB, Commonwealth Bank, dan Westpac.

Untuk keperluan lainnya, seperti transfer uang ke China, Anda bisa menggunakan layanan Yuan Remittance pada Outward Remittance. Dengan Yuan Remittance, Anda bisa melakukan transfer valas yuan ke seluruh dunia dengan nilai yuan yang diterima sama dengan saat dikirim. Layanan tersebut bisa Anda pakai untuk keperluan bisnis dengan syarat penerima dan pengirim adalah perseorangan atau perusahaan. Dalam melakukan transaksi tersebut, Anda perlu membayar biaya USD 25 untuk kiriman CNH ke individu. 

Inward Remittance BCA

Ilustrasi: mata uang Dollar

Ilustrasi: mata uang Dollar

Inward Remittance merupakan layanan yang dipakai untuk transfer valuta asing yang dikirim dari luar negeri ke Indonesia. Anda bisa mengirim uang dalam bentuk dollar ke rekening rupiah BCA. Anda juga bisa menggunakan Inward Remittance BCA untuk kebutuhan transaksi valas dalam proses ekspor dan ditandatangani secara tepat dan cepat.

Kiriman uang yang sudah ada di rekening Anda bisa langsung dicairkan dengan cara diambil secara tunai. Untuk mengambil uang kiriman dalam bentuk rupiah, Anda perlu memakai nomor PIN rekening. Anda bisa mencairkan dana yang dikirim dari luar negeri melalui Mitra BCA atau operator money transfer internasional. Dana bisa dicairkan ke seluruh cabang BCA dan agen pencairan yang telah bekerjasama dengan BCA. 

Cara mencairkan dana yang sudah dikirim dalam bentuk dollar dan sudah diubah ke bentuk rupiah tidaklah sulit. Anda bisa langsung datang ke cabang BCA terdekat dan menunjukkan nomor PIN serta kartu ID atau KTP. Setelah itu, isi formulir pencairan dan membayar biaya materai Rp6.000. Jika proses tersebut selesai, Anda bisa langsung menerima dana dalam bentuk rupiah.

Dalam menggunakan layanan Remittance BCA, kurs e-Rate tidak berlaku pada saat penukaran mata uang asing (valas) di counter BCA. Kurs yang berlaku adalah kurs bank notes (transaksi uang kertas asing) atau kurs TT (transaksi pindah buku). Selain itu, kurs e-Rate tidak berlaku pada saat melakukan transfer mata uang asing atau valas dengan bantuan teller di counter BCA dan kurs yang berlaku adalah kurs TT counter.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai transfer dollar ke rekening rupiah BCA, Anda bisa mendatangi kantor cabang BCA terdekat atau menghubungi customer service dengan nomor telepon (021) 235 88000.

Baca juga  Syarat dan Biaya Simpanan Pelajar (SimPel) iB, Tabungan Anak BRI Syariah
author

Leave a reply "Cara dan Biaya Transfer Dollar ke Rekening Rupiah BCA"