Update Daftar Harga Burung Puyuh (Semua Jenis)

Kelezatan daging dan telur burung puyuh memang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Inilah yang membuat bisnis kuliner burung tersebut berkembang dan laris. Untuk mendapatkan daging dan telur unggas ini, para pedagang lalapan biasanya membelinya langsung di pasar atau di peternak. puyuh sendiri tergantung dari jenis dan usianya.

Burung puyuh (sumber: rtl.hr)

Burung puyuh (sumber: rtl.hr)

Beternak burung puyuh dianggap sebagai salah satu alternatif bagi mereka yang memiliki lahan seadanya atau hanya pekarangan rumah seperti di -kota besar. Hal ini dikarenakan membudidayakan burung puyuh tidak memerlukan lahan luas, dan juga baunya dianggap tidak mengganggu tetangga.

Selain itu, beternak burung puyuh juga tidak perlu mengeluarkan banyak modal seperti beternak hewan unggas lainnya. Burung ini tidak membutuhkan pakan sebanyak ayam atau bebek. Selain itu, Anda bisa memberikan pakan berupa dedak atau sisa nasi dari dapur.

Dengan modal sekitar Rp16 jutaan, Anda bisa memiliki 1.000 ekor burung puyuh beserta lima kandang, tempat minum dan pakan selama satu bulan. Kandang yang dipakai juga tidak terlalu besar, sekitar 1 meter x 80 cm, dengan tinggi 2 meter. Satu kandang bisa dibagi menjadi lima rak, dan masing-masing berisi kurang lebih 40 ekor burung puyuh atau 200 ekor dalam satu kandang.

Ada yang berpendapat bahwa burung puyuh petelur sama dengan puyuh pedaging. Puyuh pedaging didapatkan dari ternak puyuh petelur yang telah afkir. Puyuh afkir adalah burung puyuh yang sudah tidak mampu menghasilkan telur secara ekonomis.

Harga Burung Puyuh

Burung puyuh di peternakan (sumber: romadecade.org)

Burung puyuh di peternakan (sumber: romadecade.org)

 

Baca juga  Cara Ternak dan Harga DOC Ayam KUB
Jenis Burung PuyuhHarga (Rp)
Puyuh umur 4 minggu/30 hari/1 bulan7.000 per ekor (minimal order 1000 ekor)
Puyuh Lokal/Bibit Puyuh Umur 1-5 hari1.000 per ekor
Puyuh Peksi/Bibit Puyuh Umur 1-5 hari3.500 per ekor
Puyuh Blaster/Bibit Puyuh Umur 1 bulan7.500 per ekor
Puyuh Golden Jompang/Bibit Puyuh Umur 1 bulan5.600 per ekor
Puyuh Autumn/Bibit Puyuh Umur 1-5 hari3.300 per ekor

Harga burung puyuh dewasa biasanya berkisar antara Rp14.000 hingga Rp27.000 per ekor. Jika membeli dalam jumlah yang lebih banyak, maka harganya semakin murah. Harga burung puyuh petelur yang dijadikan bibitan untuk menghasilkan telur secara rutin bisa ditentukan berdasarkan usianya. Kira-kira bisa dibeli mulai dari Rp7.000 hingga Rp25.000 per ekor.

Sementara, harga burung puyuh siap telur berusia dewasa harganya sedikit lebih tinggi, tetapi selisih harganya tidak jauh, bisa didapatkan pada rentang Rp20.000 sampai Rp25.000 ekor. Harga burung puyuh jantan biasanya lebih murah dibandingkan betina mengingat burung betina yang menghasilkan telur, paling mahal harganya sekitar Rp18.000 per ekor.

Harga burung puyuh di atas tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada tahun sebelumnya, harga burung puyuh berkisar Rp2.900 hingga Rp30.000 per ekor, tergantung jenis dan usianya.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Harga HPL Taco per Lembar (Berbagai Motif dan Warna)
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Update Daftar Harga Burung Puyuh (Semua Jenis)"