Tarif Tol Cikampek (Jakarta-Cikampek) Terbaru

No comment954 views

Bagi Anda yang sering berpergian ke luar Kota Jakarta, pasti sudah tidak asing lagi dengan . Ini adalah tol yang menghubungkan Cawang menuju kawasan Cikampek. Seperti tol lainnya, bagi pengguna bermotor yang ingin melintasi tol ini, juga akan dikenakan tarif sesuai dengan tujuan dan golongan kendaraan.

Arus kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek (sumber: tirto.id)

kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek (sumber: tirto.id)

Dikutip dari CNBC Indonesia, jalan Tol Jakarta-Cikampek yang saat ini beroperasi memiliki panjang total 83 km. Tol tersebut mulai dioperasikan oleh PT Jasa Marga sejak tahun 1988 silam. Hingga sekarang, jalan Tol Jakarta-Cikampek sudah menjadi salah satu penting nasional dan menjadi urat nadi penghubung Jakarta dan Bekasi dengan kota-kota lain di kawasan jalur Pantura (Pantai Utara) Jawa.

Sementara itu, menurut situs PT Jasa Marga, sejak dioperasikan pada tahun 1988 lalu, Tol Jakarta-Cikampek saat ini telah banyak mengalami perubahan konstruksi. Sebagian besar jalan tol ini sekarang sudah memiliki 4 x 2 lajur, yang sekaligus menandakan padatnya lalu lintas yang melintasi jalan tol tersebut.

Masih menurut sumber yang sama, sistem transaksi di ruas tol Jakarta-Cikampek sendiri menerapkan dua sistem, yakni sistem tertutup dan sistem terbuka. Untuk sistem tertutup, pengguna jalan tol mengambil tiket di gerbang tol masuk dan membayar di gerbang keluar, sedangkan pada sistem terbuka, pengguna jalan tol langsung hanya membayar di gerbang tol masuk.

Mulai tanggal 2 Maret 2011, Gerbang Tol Cikarang Utama resmi dioperasikan untuk menggantikan Gerbang Tol Pondok Gede Timur Utama (Jatibening), yang diharapkan dapat mengurai kemacetan yang sebelumnya sering terjadi di gerbang tol tersebut. Dengan pengoperasian ini, terjadi perubahan sistem transaksi di beberapa ruas tol di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Perubahan sistem transaksi ini diberlakukan dari arah Jakarta sampai dengan Cikarang.

Gerbang Tol Cikarang Utama ini memiliki 32 gardu tol yang terdiri dari 11 gardu masuk (entrance) dan 21 gardu keluar (exit). Berbeda dengan gardu entrance di gerbang tol lainnya, seluruh gardu entrance di gerbang tol ini merupakan Gardu Tol Otomatis (GTO) yang dioperasikan tanpa petugas (seperti di beberapa gardu tol entrance di Gerbang Tol Pasteur).

Transaksi di jalan tol ini telah menggunakan teknologi Kartu Tanda Masuk Elektronik (KTME). Dengan demikian, pengguna jalan tol yang akan menuju ke arah Cikampek dan Bandung, ketika memasuki gardu tol ini, cukup mengambil kartu tanda masuk di sebuah mesin tol yang sudah disediakan. Namun, di gardu keluar masih ada petugas untuk melayani pembayaran tol.

Gerbang Tol Jakarta-Cikampek

Antrean kendaraan di gerbang Tol Jakarta-Cikampek (sumber: detik.com)

Antrean kendaraan di gerbang Tol Jakarta-Cikampek (sumber: detik.com)

Gerbang TolTujuan Wilayah dan AsalSistem Transaksi
Ramp Pondok Gede BaratPondok Gede, Halim Perdanakusuma, Cipinang MelayuTerbuka
Ramp Pondok Gede TimurJatibening, Jati Kramat, Pondok KelapaTerbuka
CikunirJalan Tol JORR (Cakung maupun Ulujami)Terbuka
Bekasi BaratHarapan Jaya, Pekayon Jaya, JakasetiaTerbuka
Bekasi TimurMustika Sari, Pengasinan, Bekasi TimurTerbuka
TambunGrand Wisata, Mustika JayaTerbuka
CibitungCibitung, GandamegarTerbuka
Cikarang UtamaGerbang Tol BarrierTerbuka
Cikarang BaratKawasan Industri Cikarang JababekaTerbuka
Cikarang TimurDelta MasTerbuka
Karawang BaratMargakarya, KarawangTertutup
Karawang TimurKutamekar, KiarapayungTertutup
Kalihurip Kawasan Industri Indotaisei, CikampekTertutup
CikampekCikopo, Cikampek, PurwakartaTertutup

Tarif Tol Jakarta-Cikampek

Tol Jakarta - Cikampek (sumber: bumntrack.com)

Tol Jakarta - Cikampek (sumber: bumntrack.com)

AsalTujuanTarif Tol
Jakarta ICCibatuRp12.000 (naik dari Rp6.000)
Cikarang TimurRp12.000 (naik dari Rp7.000)
Karawang BaratRp12.000 (naik dari Rp8.500)
Karawang TimurRp12.000 (naik dari Rp9.500)
DawuanRp15.000 (naik dari Rp12.500)
KalihuripRp15.000
CikampekRp15.000
Cikarang BaratCibatuRp12.000 (naik dari Rp1.500)
Cikarang TimurRp12.000 (naik dari Rp2.500)
Karawang BaratRp12.000 (naik dari Rp4.000)
Karawang TimurRp12.000 (naik dari Rp5.000)
DawuanRp15.000 (naik dari Rp8.000)
KalihuripRp15.000 (naik dari Rp10.500)
CikampekRp15.000 (naik dari Rp10.500)
CibatuJakarta ICRp12.000 (naik dari Rp6.000)
Cikarang BaratRp12.000 (naik dari Rp1.500)
Cikarang TimurRp12.000 (naik dari Rp1.000)
Karawang BaratRp12.000 (naik dari Rp2.500)
Karawang TimurRp12.000 (naik dari Rp4.000)
DawuanRp15.000 (naik dari Rp7.000)
KalihuripRp15.000 (naik dari Rp8.500)
CikampekRp15.000 (naik dari Rp8.500)

Tarif Tol Jakarta-Cikampek di atas berlaku mulai tanggal 23 Mei 2019, seiring dengan dibukanya Gerbang Tol Cikampek Utama KM 70 yang melayani transaksi pengguna jalan tol menuju wilayah timur Jawa dan KM 67 Gerbang Tol Kalihurip Utama bagi yang hendak menuju ke wilayah Bandung dan sekitarnya. Pengguna jalan tol pun tidak perlu lagi bertransaksi di Gerbang Tol Cikarang Utama yang berada di KM 29.

Di sisi lain, pemerintah juga tengah mengebut pengerjaan jalan Tol Jakarta-Cikampek Layang atau elevated. Jalan tol ini diharapkan dapat dioperasikan secara penuh pada tahun 2019. Tantangan utama untuk pembangunan jalan tol ini adalah berada di tol eksisting, selain juga bersinggungan dengan beberapa lain seperti light rail transit (LRT) Jabodebek dan kereta cepat Jakarta-Bandung.

PT Jasa Marga pun tengah mempersiapkan proyek jalan Tol Jakara-Cikampek II Selatan, yang saat ini baru memasuki tahap awal, yakni persiapan pembebasan lahan dan lelang kontraktor. Proyek itu sendiri dikatakan membutuhkan lahan seluas 757,6 hektare. Kebutuhan tersebut terpetakan di lima kota/kabupaten di wilayah Jawa Barat, yang meliputi lahan satu kota, yakni Bekasi, dan empat kabupaten, yakni Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Purwakarta.

Untuk mewujudkan pembangunan kalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, PT Jasa Marga kabarnya telah mengantongi fasilitas pembiayaan sindikasi Dana Talangan Tanah sebesar Rp4,162 triliun. Dana talangan akan digunakan PT Jasamarga Japek Selatan sebagai pemegang hak pengesahan jalan Tol Jakarta Cikampek II Selatan untuk mempercepat pembangunan.

Baca juga  Tarif Tiket & Jadwal Keberangkatan Bus Sinar Jaya Terbaru
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Tarif Tol Cikampek (Jakarta-Cikampek) Terbaru"