Update Prosedur & Tarif/Biaya Tambah Daya Listrik PLN

1 comment120771 views

Seiring dengan keperluan masyarakat yang makin meningkat, kebutuhan akan juga semakin naik. Karena itu, tidak heran jika kemudian banyak masyarakat yang melakukan penambahan daya di rumah mereka. PLN sendiri sudah melayani kebutuhan ini, dengan atau bervariasi, tergantung besaran daya yang akan ditambahkan oleh masing-masing pelanggan.

Saat pasang baru atau tambah daya listrik, biasanya pelanggan akan diarahkan untuk menggunakan listrik prabayar atau yang kerap disebut listrik pintar. Berbeda dari listrik pascabayar yang pembayaran tagihannya dilakukan di akhir pemakaian, listrik prabayar menggunakan sistem token yang bisa Anda beli sebelum menggunakan daya listrik. Nominal isi ulang token listrik prabayar sendiri ada bermacam-macam, mulai Rp20 ribu, Rp50 ribu, Rp100 ribu, Rp200 ribu, Rp500 ribu, hingga Rp 1 juta.

Tambah Daya Listrik PLN - www.jejamo.com

Tambah Daya Listrik PLN - www.jejamo.com

Bagi Anda yang membutuhkan konsumsi daya listrik yang lebih, Anda bisa langsung mengajukan permohonan daya tambah listrik ke PLN. Untuk penambahan daya listrik tersebut, tentunya Anda akan dikenakan biaya. Berikut informasi terbaru biaya atau tarif tambah daya listrik PLN berdasarkan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 tahun 2017.

Tarif Tambah Daya Listrik PLN

Kelompok SambunganBiaya Tambah Daya
Tambah daya menjadi sampai dengan 2.200 VARp937 per VA
Daya tersambung atau tambah daya di atas 2.200 VA – 100 kVARp969 per VA
Daya tersambung atau tambah daya golongan R-3Rp969 per VA
Daya tersambung atau tambah daya di atas 100 kVA – 200 kVARp775 per VA
Sambungan 3 fasa atau tambah daya dengan pembatasan daya dan pengukuran Tegangan MenengahRp631 per VA
Sambungan 3 fasa atau tambah daya dengan pembatasan daya dan pengukuran Tegangan TinggiRp535 per VA
Sambungan 1 fasa dengan pembatasan daya dan pengukuran Tegangan Rendah di bangunan pelanggan
Khusus tarif S-1/TR s/d 2.200 VARp60.000 per sambungan
Untuk penambahan daya dari golongan tarif S-1/TR (tanpa meter) menjadi 450 VABebas biaya penyambungan
  • Jika Anda ingin menambah daya listrik PLN dari tegangan 450 VA ke 1.300 VA, akan dikenakan biaya sekitar Rp799.450.
  • Jika Anda ingin menambah daya listrik PLN dari tegangan 900 VA ke 1.300 VA, akan dikenakan biaya sekitar Rp377.800.

Selain tarif normal, PLN juga beberapa kali mengadakan diskon untuk masyarakat yang ingin menambah daya listrik mereka. Di tahun 2018 ini misalnya, perusahaan tersebut memberikan diskon hingga 50 persen kepada pelanggan yang ingin menambah daya listrik sampai tanggal 31 Oktober 2018, bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada tanggal 4 September.

Sebelumnya, PLN telah memberikan potongan hingga 73 persen bagi pelanggan yang ingin menambah daya di unit yang menyelenggarakan Asian Games 2018. Diskon hingga 73 persen ini berlaku untuk semua golongan tarif tegangan rendah yang memohon dan membayar mulai tanggal 17 Agustus hingga 23 September 2018. Namun, waktu penyambungan mengikuti ketentuan tingkat mutu pelayanan yang berlaku.

Tambah Daya Listrik PLN - listrikbekasi.blogspot.com

Tambah Daya Listrik PLN - listrikbekasi.blogspot.com

Prosedur Tambah Daya Listrik

Jika pelanggan ingin mengajukan penambahan daya listrik di rumah atau gedung kantor mereka, bisa langsung mendatangi kantor cabang PLN di dekat domisili. Nah, untuk memudahkan pelanggan dalam mengurus penambahan daya listrik ini, ada beberapa hal yang perlu diketahui.

  • Sebaiknya pelanggan menelepon terlebih dahulu ke Unit PLN terdekat ke bagian pelayanan pelanggan.
  • Kumpulkan dokumen yang diperlukan, di antaranya fotokopi listrik terakhir, fotokopi KTP pemohon (jika pemohon tidak sama dengan nama pelanggan, maka untuk menghindari adanya konflik di kemudian hari, sebaiknya ada surat kuasa atau surat perjanjian sewa atau surat keterangan lainnya), dan denah lokasi bangunan atau rumah.
  • Menyiapkan biaya yang dibutuhkan, seperti biaya penyambungan (BP) sebesar selisih kenaikan daya kali tarif yang berlaku, uang jaminan pelanggan (UJL) yang dikompensasikan dengan UJL yang telah dibayar (sesuai standar PLN), dan materai.
  • Lakukan pembayaran di loket pembayaran Unit PLN terdekat.
  • Selain datang langsung ke kantor cabang, PLN juga memberikan kemudahan bagi pelanggan yang ingin menambah daya listrik untuk melakukan pengajuan via jalur online. Untuk melakukan pengajuan tambah daya listrik lewat sistem digital ini, ada beberapa hal yang harus dilakukan.
  • Buka situs resmi milik PLN (pln.co.id) dan klik pada bagian “Perubahan Daya”.
  • Setelah itu, isi semua kolom ID Pelanggan atau ID Meter, klik “Cari” dan tunggu sampai data pelanggan atau data kita terpampang.
  • Kemudian, klik tab “Penambahan Daya”, dan isi identitas Anda sesuai kolom yang ada. Jika identitas Anda sama dengan data pelanggan yang terpampang pada database PLN, Anda tinggal melakukan centang pada pilihan copy data pelanggan.
  • Isi perubahan daya yang Anda inginkan, bisa menambah ataupun mengurangi daya.
  • Setelah itu, akan muncul nominal biaya atau tarif yang harus Anda bayarkan untuk penambahan daya. Kalau Anda memilih melakukan pengurangan daya, maka tidak akan dipungut biaya.
  • Kalau sebelumnya Anda masih memakai meteran listrik lama dan sistem pembayaran pascabayar, maka atas kebijakan PLN, meteran akan diganti dengan meteran baru dan sistem pembayaran menjadi prabayar. Untuk hal ini, kadang terjadi penolakan para pelanggan PLN, karena mereka menganggap sistem prabayar membuat biaya listrik lebih mahal.
  • Setelah proses ini selesai, Anda akan memperoleh email dari PLN berisi permohonan perubahan daya yang sudah Anda lakukan. Dalam email, Anda akan diminta melakukan konfirmasi dengan meng-klik link yang ada.
  • Dari link tersebut, Anda akan dibawa kembali ke situs PLN dan diberikan kode bayar beserta jumlah uang yang harus Anda bayar. Kode bayar tersebut juga akan dikirimkan lewat email ke Anda.
  • Pembayaran biaya bisa dilakukan di tempat-tempat yang telah ditunjuk PLN, seperti bank tertentu, kios PPOB, atau Kantor Pos Indonesia, tergantung mana yang lebih dekat dari rumah Anda.
  • Bila Anda memilih melakukan pembayaran di Kantor Pos, Anda bisa bilang ke pegawai pos ingin membayar tambah daya PLN, kemudian pegawai pos akan meminta Anda untuk menyebutkan kode bayar.
  • Setelah kode bayar dimasukkan (input) oleh pegawai, akan terpampang nama pelanggan, ID pelanggan, dan jumlah yang harus dibayar. Kantor Pos akan membebankan biaya administrasi. Jadi, yang harus Anda bayar adalah biaya dari PLN ditambah biaya administrasi dari Kantor Pos.
  • Langkah terakhir, Anda tinggal menunggu petugas PLN datang dan mengganti meteran rumah sekaligus menaikkan dayanya. Proses dari mulai membayar tagihan sampai petugas PLN datang sekitar 10 hari kerja. Dalam situs resminya, dijanjikan bahwa proses penambahan daya ini akan berlangsung 7 hari kerja, tetapi mungkin bisa lebih lama jika letak rumah Anda berada di pelosok atau sulit terjangkau petugas PLN.

Jika Anda membutuhkan informasi lebih akurat mengenai penambahan daya listrik, Anda bisa datang langsung ke Kantor PLN terdekat di wilayah domisili Anda. Selain itu, Anda pun bisa memperoleh informasi lebih detail dengan menghubungi Call Center PLN 123.

(Panca)

Baca juga  Update Harga Paket Super Besar 1 & 2 KFC (Kentucky Fried Chicken)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.
  1. author

    Dedi2 tahun ago

    Proses tambah daya listrik ini paling cepat 5 hari dan paling lama 500 hari.??? Maksudnya ada kemungkinan konsumen harus menunggu 500 hari???(setahun 365 hari) jadi lebih dari 1 tahun gitu ya???

    Reply

Leave a reply "Update Prosedur & Tarif/Biaya Tambah Daya Listrik PLN"