Info Terkini Tarif & Cara Pasang Listrik Baru Lewat PLN

Setiap di Indonesia pasti membutuhkan untuk menunjang kehidupan mereka, baik yang tinggal di perkotaan maupun pedesaan. menjadi salah satu sumber daya yang diperlukan untuk hiburan, memasak, penerangan di malam hari, dan sebagainya.

Pasang Listrik Baru Lewat PLN - www.jurnalasia.com

Pasang Listrik Baru Lewat PLN - www.jurnalasia.com

Tak mengherankan jika dari tahun ke tahun permintaan untuk pemasangan listrik baru di perumahan kian meningkat. Selain memasang sambungan baru, juga kerap mengajukan permohonan penambahan daya listrik di mereka. PLN sendiri selama ini cukup sigap melayani permintaan sambungan listrik baru di gedung maupun di -rumah.

Biaya instalasi atau pemasangan listrik baru juga sangat bervariasi. Terutama karena kini sudah ada listrik pintar atau listrik prabayar yang pembayarannya menggunakan token. Meski demikian, listrik pascabayar masih menjadi primadona di kalangan masyarakat karena mereka dapat menggunakan listrik tanpa batas dan baru membayar tagihan di akhir bulan.

Baca juga  Difokuskan Untuk Kalangan Anak Muda, Harga Suplemen Enervon C Dianggap Terjangkau

PLN memberikan kemudahan pada masyarakat untuk mengakses informasi seputar pemasangan listrik baru dengan cara datang langsung ke kantor PLN atau menghubungi lewat telepon Call Center PLN di nomor 123.

Sebagai informasi, biaya instalasi listrik telah diatur dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI nomor 8 tahun 2016 tentang perubahan atas peraturan Menteri ESDM nomor 33 tahun 2014 tentang tingkat mutu pelayanan dan biaya yang terkait dengan penyaluran tenaga listrik oleh PT PLN. Berikut rincian biayanya.

Kriteria Daya
Daya tersambung sampai dengan 450 VARp 421.000
Daya tersambung 900 VARp 843.000
Daya tersambung 1.300 VARp 1.218.000
Daya tersambung 2.200 VARp 2.062.000

Untuk pemasangan sambungan baru bisa dilakukan dengan melakukan 2 alternatif pengajuan berikut ini:

  1. Datang langsung ke Kantor Pelayanan PLN terdekat dengan domisili atau lokasi bangunan yang akan disambung listriknya dengan membawa foto copy kartu identitas pemilik atau pengguna bangunan (KTP/SIM) yang masih berlaku, denah atau peta lokasi bangunan (diperlukan untuk memudahkan dalam proses survei lapangan), surat kuasa bila pengajuan permohonan diwakilkan, membayar biaya penyambungan.
  2. Mengajukan permohonan sambungan listrik baru lewat saluran telepon Call Center PLN 123.
Baca juga  Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Teras Cikapundung, Bandung

Jika persyaratan di atas telah Anda lengkapi, maka tahapan berikutnya yang akan Anda lalui adalah:

  • Pemberkasan administrasi permohonan sambungan baru.
  • Survei lapangan untuk mengetahui secara persis kondisi kelistrikan di lapangan (kondisi teknis, jarak dengan tiang terdekat, jarak dengan trafo terdekat, dan informasi teknis lainnya).
  • Calon pelanggan menyelesaikan proses administrasi di Kantor PLN. Proses pembayaran biaya penyambungan hanya dapat dilakukan di Kantor PLN dan atau melalui Bank yang ditunjuk.
  • Menandatangani Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL).
  • PLN akan melakukan penyambungan listrik ke bangunan pelanggan, setelah seluruh proses administrasi terselesaikan dan secara teknis sudah dapat dilakukan penyambungan.
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terkini Tarif & Cara Pasang Listrik Baru Lewat PLN"