Syarat, Jadwal Pendaftaran, dan Biaya STMIK Jakarta TA 2021/2022

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Jakarta STI&K, seperti namanya, merupakan sebuah perguruan tinggi swasta yang berlokasi di kawasan Jakarta Selatan. Menyelenggarakan program studi untuk jenjang S1 dan D3, biaya kuliah di kampus ini bisa dikatakan cukup terjangkau untuk perguruan tinggi di kawasan ibukota.

Gedung utama kampus STMIK Jakarta (google: Indra Gunawan)

Gedung utama kampus STMIK Jakarta (google: Indra Gunawan)

Profil STMIK Jakarta

Dikutip dari situs resminya, STMIK Jakarta berawal dari sebuah sekolah yang bernama Institut Ilmu Komputer (IIK) yang berdiri pada tahun 1978, yang diklaim sebagai perguruan tinggi komputer pertama di Tanah Air. Dikelola oleh Yayasan Ilmu Komputer, sekolah ini awalnya berkiblat pada materi ilmu komputer yang dikembangkan di AS, karena sebagian staf pengajar saat itu merupakan lulusan perguruan tinggi komputer di Negeri Paman Sam.

Kemudian, pada tahun 1982, tepatnya tanggal 1 September, setelah diadakan studi banding dengan sekolah komputer di Negeri Kincir Angin, Belanda, yaitu Sekolah Teknik Eindhoven jurusan Informatika, maka dilakukan adaptasi bahan kurikulum AS dengan kurikulum dari Belanda, yang ternyata dapat berguna dan sangat tepat bila diterapkan di Indonesia untuk melahirkan Sarjana Komputer.

Bersamaan dengan itu, kunjungan evaluasi KOPERTIS Wilayah III telah mengubah nama Institut Ilmu Komputer menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jakarta STI&K, yang diharapkan dapat melahirkan Sarjana Komputer yang andal. Pada tanggal 9 Mei 1990, merilis SK Menteri Pendidikan & Kebudayaan RI No. 0345/O/1990 dengan memberikan status Diakui kepada jurusan atau program studi di lingkup STMIK Jakarta. Selang dua tahun kemudian, status kampus ini dinaikkan menjadi Disamakan untuk program studi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer.

Di dalam brosur resmi kampus dikatakan, berbagai prestasi telah diraih, baik prestasi dari , dari para tenaga pendidik, hingga prestasi institusi. Dalam tiga tahun beruntun, STMIK Jakarta sempat masuk dalam 29 besar perguruan tinggi se-Indonesia dan berada pada urutan pertama untuk sekolah tinggi se-Tanah Air. Peringkat tersebut merupakan hasil pemeringkatan oleh Webometric yang berkedudukan di Spanyol. Akhir tahun 2012, KOPERTIS Wilayah III sempat menetapkan STMIK Jakarta masuk dalam 10 besar perguruan tinggi unggulan.

Saat ini, STMIK Jakarta memiliki dua kampus untuk menyelenggarakan kegiatan belajar dan mengajar. Kampus I berlokasi di Jalan BRI No. 17, Radio Dalam, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dengan nomor telepon (021) 7397973, sedangkan Kampus II terletak di Jalan Tanjung Duren Barat II No. 1, Jakarta Barat.

Program Studi di STMIK Jakarta

STMIK Jakarta menyelenggarakan empat program studi, masing-masing dua untuk jenjang Sarjana (S1) dan Diploma 3 (D3). Untuk jenjang Sarjana, terdapat program studi Sistem Informasi dan Sistem Komputer, sedangkan jenjang D3 mencakup Manajemen Informatika dan Teknik Komputer. Semua program studi mengadakan kegiatan belajar mengajar pada pagi hari. Khusus untuk S1 Sistem Informasi dan D3 Manajemen Informatika, selain pagi hari, juga diadakan kelas malam hari.

Mahasiswa STMIK Jakarta (sumber: kominfo.go.id)

Mahasiswa STMIK Jakarta (sumber: kominfo.go.id)

Biaya pendidikan di STMIK Jakarta secara umum terdiri dari Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP), Biaya Satuan Kredit Semester (SKS), Biaya Tes Kesehatan, dan Uang Sumbangan Pembangunan Gedung. Berikut kami sajikan informasi terbaru biaya kuliah di STMIK Jakarta seperti dikutip dari situs resmi perguruan tinggi.

Biaya Kuliah STMIK Jakarta TA 2021/2022

Komponen BiayaS1 Sistem Informasi, S1 Sistem KomputerD3 Manajemen Informatika, D3 Teknik Komputer
Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP)Kelas Pagi : Rp1.000.000 per semesterKelas Pagi : Rp750.000
Kelas Malam : Rp1.000.000 per semesterKelas Malam : Rp750.000
Biaya SKSRp125.000 per SKSRp75.000 per SKS
Uang Sumbangan Pembangunan GedungGrade I : Rp4.000.000Grade I :Rp 4.000.000
Grade II : Rp4.500.000Grade II : Rp4.500.000
Grade III : Rp5.000.000Grade III : Rp5.000.000
Grade IV : Rp5.500.000Grade IV : Rp5.500.000

Keterangan:

  • Biaya Penyelenggaraan Pendidikan termasuk fasilitas kesehatan/berobat ringan di poliklinik dan penggunaan internet.
  • Biaya Penyelenggaraan Pendidikan dibayarkan per semester.
  • SKS maksimum sebanyak 16 SKS per semester.
  • Uang Sumbangan Pembangunan Gedung bisa diangsur selama enam semester.
  • Bagi calon mahasiswa baru yang mengundurkan diri karena diterima di perguruan tinggi negeri melalui jalur SBMPTN, Biaya Penyelenggaraan Pendidikan dan Uang Sumbangan Pembangunan Gedung yang telah dibayarkan dapat diambil kembali dengan dipotong biaya administrasi, dan calon mahasiswa diharuskan mengembalikan seluruh perlengkapan yang telah diterima sebelumnya.

Informasi biaya pendidikan di STMIK Jakarta pada tahun akademik 2021/2022 ini masih sama dengan biaya TA 2019/2020 dan TA 2020/2021.

Kampus STMIK Jakarta (sumber: jastik.ac.id)

Kampus STMIK Jakarta (sumber: jastik.ac.id)

Pendaftaran STMIK Jakarta

  • 2 Lembar Pas Foto (hitam putih) 2 x 3 terbaru.
  • 2 Lembar Fotokopi e-KTP.
  • 2 Lembar Fotokopi STTB/Ijazah SMA yang dilegalisir.
  • 1 Lembar Fotokopi SKHUN SMA yang dilegalisir.
  • Fotokopi Rapor SMA kelas 3 (semester 5 & 6).
  • Scanning Kartu Keluarga.

Jadwal Pendaftaran STMIK Jakarta

Jika Anda berminat meneruskan pendidikan di STMIK Jakarta, Anda bisa melakukan pendaftaran setiap hari Senin hingga Jumat mulai pukul 10.00 WIB sampai 17.00 WIB dan hari Sabtu mulai pukul 10.00 WIB sampai 15.00 WIB di Jalan BRI No. 17, Radio Dalam, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Menurut keterangan pihak kampus, penerimaan mahasiswa baru paling lambat setiap akhir Agustus, sedangkan pendaftaran mahasiswa pindahan dapat dilakukan pada semester genap di bulan Februari.

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, silakan menghubungi nomor telepon (021) 739 7973, atau email di alamat [email protected] dan [email protected] Anda pun bisa langsung berkunjung ke lokasi kampus di alamat yang telah kami uraikan di atas setiap jam kerja.

[Update: Almas]

Baca juga  Update Biaya Kuliah di Politeknik Statistika STIS
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Syarat, Jadwal Pendaftaran, dan Biaya STMIK Jakarta TA 2021/2022"