Update Harga Raised Floor per M2 di Pasaran

No comment2958 views

Membangun gedung dengan ruangan yang dikhususkan untuk server, data center, banking hall, maupun ruang konferensi memang tidak sama dengan membangun gedung pada umumnya. Pasalnya, ruangan-ruangan seperti ini biasanya harus memiliki akses untuk jaringan kabel data dan semacamnya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda bisa menggunakan raised floor yang saat ini dijual dengan berkisar jutaan rupiah per meter persegi.

Raised floor untuk meninggikan lantai (sumber: marazzigroup.com)

Seiring dengan perkembangan yang sangat pesat dan cepat, kebutuhan akan komputer dan peralatan modern lainnya telah menjadi hal yang penting bagi gedung-gedung perkantoran, bank, bandara, maupun pusat pemerintahan. Konsekuensi dari hal ini, kabel pun menjadi lebih sulit dan memakan tempat. Situasi tersebut tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi desain ruang perkantoran agar tetap menjaga fungsionalitas dan keindahan. Karena itu, solusi yang bisa diambil adalah menggunakan raised floor.

Raised floor adalah suatu sistem perangkat lantai yang berfungsi sebagai media akses untuk suatu jaringan kabel data atau Networking Cable Data pada suatu ruangan tertentu yang memang sudah direncanakan peruntukannya, seperti ruang server, data center, ruang konferensi, NOC room, DRC room, banking hall, office banking area, dan ruang lainnya. Raised floor atau access floor ini sangat dibutuhkan oleh perkantoran modern untuk membuat ruangan kantor menjadi rapi karena bebas dari kabel-kabel.

Baca juga  Update Proses dan Biaya Pembuatan Sertifikat Tanah dari AJB (Akta Jual Beli)

Ada beberapa kelebihan jika suatu gedung perkantoran menggunakan raised floor dibandingkan lantai biasa untuk suatu ruangan, di antaranya:

  • Ruangan terlihat lebih rapi secara estetika, karena bermacam kabel dan pemipaan yang rumit tersembunyi di bawah raised floor.
  • Ukurannya presisi dan berstandar internasional.
  • Mudah dan cepat dalam hal pemasangan karena menggunakan sistem knock down.
  • Elevasi atau ketinggian dapat diatur sesuai kebutuhan masing-masing konsumen.
  • Panel dapat diangkat sewaktu-waktu apabila diperlukan.
  • Bisa dibongkar dan dipasang kembali di lokasi yang lain.
  • Selain itu, juga berperan penting untuk sirkulasi pendingin udara (AC) dengan sistem down flow.

Raised floor sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Pertama, steel concrete network floor, yaitu lantai yang bisa diupgrade ke concrete-filled panel. Kemudian, calcium sulfate raised floor yang biasanya dibungkus dengan baja penuh dan penyegelan yang baik. ini diklaim tahan air, tahan api, anti-sepsis dan isolasi suara. Sementara, bare panel raised floor memiliki material logam untuk kebutuhan dan umumnya dilapisi finishing menggunakan karpet tile atau vinyl.

Baca juga  Info Lengkap Biaya Bulanan & Tarif Sewa Apartemen di Jakarta

Memasang Raised Floor

Lantai, raised floor, material, logam, harga, meter, persegi, toko, bahan, bangunan, online, ruangan, gedung, perkantoran, jaringan, kabel, teknologi

pemasangan raised floor (sumber: ift.co.uk)

  • Ruangan sudah tertutup atau dalam tahap selesai finishing dari pekerjaan plafond, dinding, serta lantai sudah halus/.
  • Lantai pastikan harus bersih.dan bebas dari debu.
  • Tentukan posisi starting awal pola pemasangan raised floor. Ini sangat penting agar nantinya jika ada kabel tray, posisinya sejalan dengan pola pemasangan raised floor.
  • Setelah pola start ditentukan, letakkan pedestal pada posisi yang sudah ditentukan mengikuti ukuran 60 cm x 60 cm.
  • Lalu, dilanjutkan dengan pemasangan stringer pada setiap top parts (kepala) pedestal sambil discrew. Pada tahap ini, sudah terbentuk rangka yang terdiri dari pedestal dan stringer.
  • Rangka pedestal dan stringer yang sudah terbentuk pola, sekarang sudah bisa dipasang panel raised floor di atasnya. Pada tahap ini, lem epoxy bisa langsung direkatkan antara lantai dan pedestal.
  • Setelah semua panel utuh dan sudah terpasang, maka yang berikutnya adalah pemotongan panel raised floor yang dibutuhkan mengikuti pola ruangan.
  • Leveling/perataan permukaan raised floor dengan water-pass.
Baca juga  Update Proses dan Biaya Pembuatan Sertifikat Tanah dari AJB (Akta Jual Beli)

Untuk mendapatkan raised floor, Anda bisa membelinya di berbagai toko bahan , baik secara offline maupun online. Umumnya, raised floor ini dijual di kisaran harga Rp760 ribu sampai Rp950 ribuan per meter, dengan pembelian minimal lima atau sepuluh meter. Namun, jika Anda ingin membeli per m2, harganya berkisar jutaan rupiah.

Harga Raised Floor

Tipe Raised FloorHarga
Raised Floor Mira-Saito Rp1.440.000 per m2
Raised Floor Cementitious Steel ConcreteRp1.400.000 per m2
Raised Floor Mira Calcium Sulfate Rp1.760.000 per m2
Raised Floor Mero-TSK Type 6 Calcium SulfateRp2.530.000 per m2

harga raised floor di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko bahan bangunan dan situs jual beli online. Harga raised floor tersebut tidak mengikat dan bisa berbeda-beda di masing-masing tempat. Nah, untuk mendapatkan informasi lebih detail, Anda bisa langsung datang ke toko bahan bangunan terdekat di sekitar domisili Anda.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Raised Floor per M2 di Pasaran"