Tarif Bus Surabaya Malang (Ekonomi & Patas)

No comment180 views

Anda sedang berlibur, atau sekadar ingin singgah ke Kota Malang? Tenang saja, karena saat ini banyak armada bus yang siap mengantar Anda, apalagi jika Anda berdomisili atau sedang berada di . Dari ibukota Jawa Timur ke Malang, memang tidak hanya bisa ditempuh menggunakan kereta atau kendaraan pribadi seperti dan sepeda motor. Anda pun bisa menumpang bus yang memiliki murah, yaitu mulai Rp15 ribuan per orangnya.

Lajur bus menuju Malang di terminal Purabaya Surabaya (sumber: merdeka.com)

Lajur bus menuju Malang di Purabaya Surabaya (sumber: merdeka.com)

Kebutuhan akan kendaraan transportasi umum semakin melejit, terlebih ketika hari libur dan musim mudik tiba. Bagi Anda yang ingin bepergian ke luar kota, khususnya Kota Malang dari Surabaya, lini tidak perlu khawatir lagi. Anda bisa langsung pergi ke terminal dan memilih bus yang ingin Anda naiki.

Kota Malang sendiri adalah salah satu kota dengan banyak tempat wisata alam dan buatan yang menarik. Tidak heran jika banyak dijumpai warga Surabaya yang singgah untuk menikmati kota berhawa sejuk tersebut. Selain itu, perjalanan dari Surabaya menuju Malang juga relatif singkat, sekitar 1,5 jam hingga 3 jam menggunakan darat.

Jika Anda menggunakan sepeda motor, Anda memerlukan waktu sekitar 2 jam hingga 3 jam perjalanan untuk tiba di Malang, tergantung kondisi lalu lintas. Sementara, apabila Anda memakai mobil, waktunya bisa lebih cepat, yakni 1,5 jam memanfaatkan . Untuk transportasi bus, waktu tempuh relatif, tergantung kondisi jalan dan keahlian sopir dalam  mengemudi. Kecepatan bus tentunya tidak sama dengan kecepatan sepeda motor dan mobil. Jika sopir mengendarai bus dengan kecepatan maksimal, Anda bisa lebih cepat untuk sampai ke Malang.

Bus sendiri telah menjadi salah satu pilihan alat transportasi paling umum yang digunakan orang Surabaya ketika mudik ke Malang. Hal ini karena Anda tidak perlu menunggu lama. Setibanya di Terminal Bungurasih atau Purabaya, Anda bisa langsung menuju area jalur bus Surabaya-Malang. Di jalur tersebut, Anda pun bisa memilih armada bus kesukaan Anda. Anda juga bisa memilih jenis bus berdasarkan kelas dan fasilitas yang disediakan di dalam bus. Di terminal sendiri, bus setidaknya memiliki tiga kelas. Dalam tiap kelasnya, memiliki jenis armada dan fasilitas yang berbeda-beda.

Pilihan Bus Surabaya-Malang

Suasana di terminal Purabaya, Surabaya (sumber: jatimnow.com)

Suasana di terminal Purabaya, Surabaya (sumber: jatimnow.com)

Jika Anda ingin menggunakan bus dengan harga murah dengan fasilitas standar, bus kelas ekonomi menjadi pilihan yang masuk akal. Sudah ada beberapa bus ekonomi yang bisa Anda tumpangi untuk mengantarkan Anda dari Surabaya ke Malang, antara lain Tentrem, Pelita Mas, dan Menggala.

Sementara, apabila Anda ingin menikmati suasana yang lebih sejuk dan eksklusif, Anda bisa memilih bus . Bus ini sudah dilengkapi dengan AC di setiap tempat duduknya. Tak jarang, bus seperti ini juga menawarkan fasilitas berupa hiburan di TV layar datar. Biasanya, hiburan berupa lagu dangdut yang sedang hits saat itu. Jenis bus berkelas yang dapat Anda temui di terminal Surabaya antara lain Restu Panda dan Hafana. 

Selain itu, ada juga bus berkelas VIP. Ini berbeda dengan kedua kelas bus di atas, selain bisa menikmati fasilitas AC dan hiburan musik, Anda juga bisa menikmati bantal yang disediakan di dalam bis. Tidak jarang bus VIP menawarkan fasilitas ruang khusus merokok. Ini sangat penting mengingat masih saja ada orang yang merokok di dalam kendaraan umum. 

Perbedaan paling mencolok dari bus patas, bus ini tidak akan menurunkan atau menaikkan selama perjalanan. Jika Anda menggunakan bus VIP, Anda juga akan lebih cepat sampai ke Kota Malang. Anda bisa menikmati perjalanan dengan lebih santai tanpa harus menunggu lain untuk naik dan turun dalam perjalanan. Bus akan langsung mengantarkan Anda dari terminal Surabaya ke Terminal Arjosari di Malang.

Di bus VIP, Anda juga akan jarang menemui pengamen atau penjual asongan. Biasanya, mereka hanya akan mampir sebelum bus berangkat saja. Anda pun cuma bisa menemukan jenis bus seperti ini di terminal besar, seperti Terminal Bungurasih. Beberapa armada bus dengan kelas ini untuk Surabaya-Malang PP yang terkenal adalah Menggala dan Kalisari.

Tarif Bus Surabaya-Malang

Armada bus (sumber: koran-pagi.net)

Armada bus (sumber: koran-pagi.net)

Armada BusKelasTarif
Tentrem EkonomiRp15.000
Pelita MasEkonomiRp15.000
MenggalaEkonomiRp15.000
Restu PandaPatasRp25.000
HafanaPatasRp25.000
MenggalaVIPRp30.000
KalisariVIPRp30.000

Bagi Anda yang sudah menyelesaikan urusan dan ingin kembali ke Surabaya, Anda bisa menggunakan bus dengan jalur Malang-Surabaya. Armada bus dari Malang ke Surabaya umumnya sama seperti Surabaya-Malang. Di Terminal Arjosari, Anda akan mudah mencari bus dengan jalur antar kota Malang-Surabaya.

Tarif bus dari Malang ke Surabaya juga relatif sama, tergantung dari kelas bus dan jenis armada yang Anda gunakan. Untuk armada bus kelas ekonomi, tarifnya dipatok mulai Rp15 ribuan hingga Rp18 ribuan dan untuk kelas patas, tarifnya mulai Rp25 ribuan. Bagi Anda yang ingin menggunakan bus di atasnya, harganya sama dengan harganya mulai Rp30 ribuan per orangnya.

Baca juga  Tarif Tol Jakarta-Cirebon (GT Palimanan dan GT Kanci)
loading...
author

Leave a reply "Tarif Bus Surabaya Malang (Ekonomi & Patas)"