Tarif Terbaru Anterin, Ojek Online Sistem Lelang Harga

Anda hanya mengenal Go-Jek dan Grab Indonesia sebagai pemain utama di pasar dalam negeri, kini ada Anterin. Ini adalah perusahaan penyedia jasa berbasis online yang santer dibicarakan belakangan ini, salah satunya karena menawarkan yang variatif, dengan metode lelang harga.

Dilansir dari situs resminya, Anterin adalah transportasi dan pengiriman atau pengantaran barang, diklaim pertama di dunia yang menggunakan metode lelang harga. Dengan metode tersebut, bebas memilih siapa saja driver yang memberikan harga atau tarif terbaik dan paling dekat dengan lokasi atau titik penjemputan .

Anterin, lelang, tarif, harga, perusahaan, online, ojek, batas, pengemudi, penumpang, driver, terbaik, kriteria, kendaraan, jenis, tipe, aplikasi, platform, layanan

Ilustrasi: aplikasi (sumber: pikiran-rakyat.com)

Masih menurut sumber yang sama, kelebihan Anterin lainnya adalah konsumen dapat memilih driver yang sesuai dengan keinginan dan selera mereka, berdasarkan harga, jenis kelamin, jenis , tipe , dan penilaian pelanggan. Para driver yang dipilih nantinya diklaim siap mengantarkan konsumen atau barang Anda sesuai dengan tujuan. Secara lebih rinci, keunggulan Anterin antara lain sebagai berikut.

Keunggulan Anterin

  • Kemudahan dalam satu aplikasi untuk semua kebutuhan transportasi dan pengantaran baik, baik di dalam kota maupun keluar kota. Tidak perlu repot mencari di Google atau menelepon, yang perlu dilakukan konsumen hanya membuka aplikasi Anterin.
  • Konsumen dapat memilih driver berdasarkan kriteria dan selera mereka, termasuk harga atau tarif yang ditawarkan, jenis kendaraan yang dipakai, penilaian pengguna lainnya, atau jenis kelamin driver. Konsumen berhak mendapatkan driver terbaik menurut mereka.
  • Anterin menyediakan beberapa cara pembayaran. Konsumen dapat menentukan pembayaran dengan cara tunai atau kartu kredit.
  • Anterin diklaim selalu memberikan yang terbaik kepada pelanggan. Perusahaan mengatakan selalu meningkatkan standar keamanan dan kenyamanan kepada pelanggan dari waktu ke waktu.

Layaknya transportasi ojek lainnya, Anterin tidak hanya menyediakan layanan pengantaran orang dan barang menggunakan sepeda motor. Platform ini juga menyediakan layanan menggunakan mobil hingga truk. Berikut layanan antar dan jemput yang telah disediakan oleh Anterin.

Jenis Layanan Anterin

  • Anterin Motor, adalah layanan transportasi dengan menggunakan motor untuk menghadapi kemacetan. Konsumen bisa pergi ke lokasi tujuan dengan cepat dan diklaim aman.
  • Anterin Mobil, adalah layanan transportasi dengan menggunakan mobil untuk menyajikan kenyamanan dan gaya. Konsumen juga bisa pergi ke lokasi tujuan dengan cepat dan diklaim aman.
  • Anterin Express, adalah layanan pengantaran dalam kota dengan menggunakan motor untuk mengantar apa saja, dari mana saja, dengan pasti dan dikatakan aman.
  • Anterin Truk, adalah layanan pengantaran dengan menggunakan truk untuk mengantar apa saja yang berukuran besar dan banyak, yang dilayani kapan saja dengan aman dan mudah.

Lalu, berapa tarif yang dipatok kepada konsumen yang menggunakan jasa Anterin? Seperti disampaikan di atas,  Anterin berbeda dengan layanan ojek online pada umumnya. Platform ini menerapkan sistem lelang harga yang dikatakan transparan. Anterin dikatakan menjadi satu-satunya aplikasi yang menjaga transparansi harga antara pengemudi dan pengguna, dengan harapan tidak ada yang dirugikan dari hal itu karena tarif ditentukan berdasarkan mekanisme pasar.

“Anterin diciptakan dengan sebuah konsep baru. Anterin hadir sebagai market place tanpa mencampuri urusan tarif. Di dalam aplikasi ini, menerapkan sistem lelang,” jelas Chief Executive Officer, Imron Hamzah. “Ini merupakan konsep baru yang membutuhkan learning prove buat warga (pengemudi) dan pengguna yang saat ini terbiasa menunggu order.”

Anterin, lelang, tarif, harga, perusahaan, online, ojek, batas, pengemudi, penumpang, driver, terbaik, kriteria, kendaraan, jenis, tipe, aplikasi, platform, layanan

Ilustrasi: ojek online (sumber: vice.com)

Menurut Imron, driver atau pengemudi bebas menentukan harga atau tarif per kilometer yang bakal ditarik kepada , sedangkan pengguna bebas memilih driver berdasarkan harga yang dimasukkan pengemudi, jenis kelamin, maupun armada yang digunakan. Karena itu, tidak ada angka pasti mengenai tarif Anterin, namun berdasarkan mekanisme pasar.

Meski demikian, menurut penuturan salah satu pengemudi Anterin, pihak perusahaan tetap memberikan batasan mengenai tarif layanan. Tahun 2018 lalu, pengemudi Anterin hanya bisa menawarkan jasa mereka dengan tarif minimal Rp500 per kilometer dan maksimal Rp3.000 per kilometer. Karena itu, jika pengemudi ingin lekas mendapatkan penumpang, mereka biasanya mematok tarif paling murah.

Nah, mulai tahun 2019 Anterin mematok tarif batas bawah dan atas mengacu pada Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 348 tahun 2019 yang mengatur tentang tarif transportasi online di Indonesia. Jadi, jika sebelumnya tarif batas bawah (minimal) Anterin yang dipatok adalah Rp500 per km dan tarif batas atas (maksimal) Rp3.000 per km, maka saat ini Anterin telah menganut skema tarif baru sesuai peraturan Kemenhub yang berlaku penuh mulai 2 September 2019, meski tetap dengan skema lelang tarif termurah. Berikut rincian skema tarif terbaru Anterin.

Tarif Anterin

JasaZona IZona IIZona III
Tarif batas bawahRp1.850Rp2.000Rp2.100
Tarif batas atasRp2.300Rp2.500Rp2.600
Biaya jasa minimalRp7.000 – Rp10.000Rp8.000 – Rp10.000Rp7.000 – Rp10.000

Keterangan:

  • Zonasi I meliputi Jawa, Sumatera, dan Bali (tidak termasuk Jabodetabek)
  • Zonasi II meliputi Jabodetabek
  • Zonasi III meliputi Sulawesi di luar Bali, Maluku, dan NTB
  • Biasa jasa minimal merupakan biaya jasa yang dibayarkan oleh penumpang untuk jarak tempuh paling jauh 4 kilometer

Untuk menggunakan layanan Anterin ini sangat mudah. Seperti aplikasi ojek online lainnya, konsumen harus terlebih dahulu men-download aplikasi Anterin melalui smartphone mereka, yang sudah tersedia Google Play Store. Setelah itu, bisa melakukan langkah-langkah berikut ini.

Anterin, lelang, tarif, harga, perusahaan, online, ojek, batas, pengemudi, penumpang, driver, terbaik, kriteria, kendaraan, jenis, tipe, aplikasi, platform, layanan

Ilustrasi: aplikasi ojek online Anterin (sumber: merdeka.com)

Cara Menggunakan Layanan Anterin

  1. Temukan titik penjemputan dan pengantaran Anda dan Anterin akan melakukan estimasi tarif layanan untuk Anda.
  2. Setelah itu, tekan tulisan ‘Cari Driver’, dan pemesan akan berkesempatan memilih pengemudi yang akan mengantar mereka. Aplikasi akan menampilkan sekitar 10 sampai 15 pengemudi, lengkap dengan keterangan jarak, harga, dan jenis sepeda motor.
  3. Pelelangan pun dimulai. Bila pelanggan belum memilih, data pengemudi baru akan masuk. Bisa juga pengemudi membatalkan penawarannya dan tidak ada lagi dalam pilihan. Sistem Anterin akan memunculkan tanda time out atau waktu habis ketika pemesan tak segera memutuskan pilihannya. Sebab, Anterin hanya memberikan waktu empat menit untuk memilih pengemudi.
  4. Setelah memesan, calon penumpang harus menunggu respons pengemudi selama 30 detik. Jika pengemudi tak merespons, maka pemesan perlu menunjuk pengemudi lain.

Selain kemudahan bagi para pelanggan untuk menentukan driver terbaik, Anterin juga membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin bergabung menjadi pengemudi. Cukup dengan login ke website resmi Anterin, calon driver bisa berkesempatan mendapatkan uang tambahan, menentukan tarif sesuai kendaraan dan pengalaman, serta bebas menentukan penumpang sesuai kriteria.

[Dian]

Baca juga  Fasilitas dan Harga Tiket Bus Pahala Kencana
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Tarif Terbaru Anterin, Ojek Online Sistem Lelang Harga"