Info Update Syarat dan Cara Pendaftaran GoBox

Siapa sih yang tak kenal dengan Gojek? Pastinya Anda sudah cukup familiar dengan perusahaan transportasi tersebut, apalagi sudah banyak orang yang menginstal aplikasinya. Jika melihat fitur atau layanan yang disediakan, ternyata instansi tersebut tidak hanya menyediakan jasa transportasi online, tetapi juga jasa antar barang bernama GoBox, dengan syarat dan cara pendaftaran yang terbilang mudah plus tarif ekonomis.

Armada GoBox (sumber: unclekick.com)
Armada GoBox (sumber: unclekick.com)

Keunggulan GoBox

Naiknya pengguna internet membuat kegiatan dagang online semakin meningkat. Kegiatan jual beli secara online tentunya tidak hanya didukung cara pembayaran lewat aplikasi, tetapi juga kirim barang secara online. Setiap individu yang berperan dalam kegiatan transaksi online akan membutuhkan sebuah platform pengiriman barang yang aman dan cepat.[1] Nah, salah satu platform yang bisa Anda gunakan untuk mengirim barang dari satu daerah ke daerah lainnya, yaitu GoBox.

Bacaan Lainnya

GoBox merupakan salah satu fitur yang bisa Anda pilih setelah mendownload Gojek. GoBox sebagai fitur layanan jasa antar barang memang prinsipnya hampir sama dengan GoSend. Bedanya, GoBox akan mengantar barang Anda menggunakan mobil box, pick up, atau truk sebagai moda transportasinya.

Tidak hanya melayani wilayah Jabodetabek, saat ini GoBox sudah bisa melayani berbagai wilayah di Indonesia. GoBox sudah bisa diakses di beberapa daerah, seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Makassar, Balikpapan, Solo, Malang, dan Bali.

Untuk menjadi pelanggan atau menikmati fitur GoBox, caranya sangat mudah. Anda hanya perlu mendownload Gojek dan klik fitur GoBox yang ada di aplikasi bagian ‘Home’. Jika Anda tidak menemukan fitur GoBox, klik fitur lainnya yang ada di bagian pojok bawah di daftar menu. Setelah itu, cari sopir online GoBox terdekat dan isikan alamat domisili serta tujuan antar barang. Tekan tombol ‘Pesan’ di bagian bawah form pemesanan dan tunggu kendaraan GoBox datang untuk mengambil dan mengirim barang Anda.

Baca juga  Update Pengertian dan Contoh Biaya Dibayar Dimuka

Tarif GoBox terbilang fleksibel dan semua tarif pengiriman barang sudah tertera pada Gojek, sehingga Anda tidak perlu repot menawar harga pengiriman. Apabila terdapat perubahan harga kirim barang, Anda akan mendapatkan notifikasi secara langsung dari aplikasi.

Keuntungan fitur GoBox pada Gojek tidak hanya didapatkan oleh para pelanggan, tetapi juga drivernya. Sebagai seorang driver, mereka hanya perlu menunggu di pangkalan hingga menerima orderan. Orderan GoBox konon terus berlimpah setelah Anda mengerjakan satu misi antar kirim barang.

Pembagian Keuntungan GoBox

Driver juga akan menerima pembagian hasil orderan melimpah dengan pihak Gojek. Pengantar barang akan menerima pembagian hasil orderan sebesar 75%, sedangkan sisanya untuk pihak Gojek. Selain itu, driver berhak mendapatkan bonus Rp50.000 jika berhasil menyelesaikan 2 orderan tepat waktu. Besarnya pembagian komisi untuk para driver akhirnya membuat banyak orang tertarik dengan antar barang GoBox.

Layanan GoBox (sumber: gojek.com)

Syarat Pendaftaran GoBox

Sebelum bergabung dengan GoBox, Anda harus menyiapkan syaratnya. Syarat menjadi driver GoBox cukup mudah, karena Anda hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen sebagai keperluan administrasi, yaitu KTP, KK, SIM, STNK, dan KIR aktif. Selain itu, siapkan nomor HP yang aktif dan alamat email yang bisa dihubungi.

Setelah Anda menyiapkan semua dokumen tersebut, Anda bisa langsung mengunduh Gojek untuk keperluan training dan menerima order. Setelah itu, masuk ke alamat website GoBox, yaitu join.go-jek.com/go-box. Jika Anda sudah masuk ke link tersebut, lakukan langkah di bawah ini.

Baca juga  Update Harga Lem Bulu Mata Palsu Berbagai Merek

Ketentuan GoBox

  1. Anda wajib memberikan informasi yang dan akurat mengenai jenis kendaraan mitra untuk mengangkut barang, alamat lengkap penjemputan pengirim barang, tempat tujuan penerima barang dan jenis barang yang akan dikirimkan dengan menuliskan rincian barang (contoh: nama barang, berat barang, dan jenis barang) di dalam kolom keterangan barang yang disediakan. Anda diwajibkan pula untuk mengisi informasi sehubungan dengan nomor telepon pengirim barang dan nomor telepon penerima barang, serta dapat menuliskan instruksi khusus terhadap pengiriman barang.
  2. Apabila Anda merasa perlu, dengan tunduk pada penilaian Anda sendiri sesuai dengan rincian barang, Anda dapat melakukan pengemasan barang agar barang yang dikirim oleh mitra tidak rusak selama perjalanan.
  3. Apabila barang yang akan dikirim telah dikemas, mitra dapat, dengan diizinkan dan disaksikan oleh Anda, membuka dan memeriksa bagian dalam kemasan untuk memastikan bahwa isinya adalah sesuai dengan deskripsi barang dan tidak melanggar ketentuan penggunaan GoBox ini.
  4. GoBox menyediakan peralatan bantu pengangkatan dan perpindahan barang seperti dolly, pallet, alat bantu angkat dari bawah ke atas, dan alat sejenis lainnya. Pengguna atau pengirim bertanggung jawab untuk menyediakan peralatan tersebut jika diperlukan.
  5. Apabila diperlukan oleh pengguna, pengguna dapat meminta tambahan orang untuk membantu melakukan pengangkatan dan perpindahan barang dengan tambahan biaya yang akan diperhitungkan ke dalam biaya pengguna.
  6. Biaya atas pelaksanaan layanan GoBox (biaya pengguna) akan ditawarkan dan ditampilkan pada Gojek sebelum Anda menggunakan layanan GoBox. Anda memahami dan mengakui bahwa GoBox dapat mengubah penawaran dan/atau memperbaharui biaya pengguna yang ditawarkan kepada Anda dari waktu ke waktu berdasarkan faktor tertentu, antara lain lokasi, waktu, hukum, dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Apabila terdapat biaya-biaya lain yang timbul selama penyediaan layanan GoBox untuk Anda, termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya tol dan biaya parkir, maka Anda sepenuhnya bertanggung jawab atas biaya-biaya tersebut dan mitra berhak untuk meminta penggantian biaya-biaya lain tersebut dari Anda.
  7. Pembayaran biaya-biaya lain sebagaimana dimaksud dalam poin 5 dan 6 dapat dilakukan secara tunai atau dibayarkan melalui fitur pembayaran lain yang tersedia pada Gojek.
Baca juga  Update Tarif Jasa Titip Barang (Jastip)

Cara Pendaftaran GoBox

  • Setelah masuk laman pendaftaran GoBox, klik menu ‘Gabung’ untuk memunculkan formulir. Isilah formulir pendaftaran GoBox dengan data yang sesuai dan harus lengkap. Setelah selesai mengisi formulir, klik tombol ‘Gabung’ di bagian bawah formulir.
  • Setelah mengisi formulir, secara otomatis pihak Gojek akan mengirimkan SMS sebagai tanda konfirmasi. Jika secara sudah lengkap, Anda akan diundang ke kantor operasional Gojek untuk menyelesaikan proses pendaftaran. Selain konfirmasi lewat SMS, pihak Gojek biasanya juga mengirim konfirmasi lewat email.

Setelah Anda menyelesaikan proses pendaftaran GoBox, Anda akan memperoleh masa training terlebih dahulu. Ini merupakan proses pelatihan sebelum Anda terjun ke lapangan dan berhadapan dengan pelanggan secara langsung. Untuk informasi lebih detail mengenai syarat dan tata cara pendaftaran GoBox, Anda bisa menghubungi pihak Gojek di nomor (021) 502-555-50 atau email [email protected]

[1] Oktaviani, Nia, dkk. 2018. Pemilihan Jasa Pengiriman Terbaik Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Sistem dan Teknologi Informatika, Vol. 6(4): 223-229.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *