Spesifikasi dan Harga Renault Duster 7 Penumpang

No comment464 views

Renault Duster merupakan mobil SUV buatan pabrikan asal Prancis, Renault, yang bekerja sama dengan Dacia. Juga disebut dengan Dacia Duster, generasi pertama mobil ini dipasarkan pada tahun 2010 lalu di India, Iran, Rusia, Meksiko, Amerika Selatan, dan Indonesia. Kabarnya juga akan menyediakan 7 , Renault Duster berada di rentang ratusan juta rupiah.

Spesifikasi Renault Duster

Mobil SUV Renault Duster tampak depan (sumber: renault.niko.ua)

Mobil SUV Renault Duster tampak depan (sumber: renault.niko.ua)

Dilansir Wikipedia, Dacia Duster (juga disebut Renault Duster) adalah kendaraan sport t kompak (SUV) yang diproduksi bersama oleh pabrikan Prancis, Renault, dan anak perusahaan Rumania, Dacia sejak 2010. Saat ini, pada generasi kedua, yang diluncurkan pada musim gugur 2017, telah dipasarkan sebagai Renault Duster di pasar tertentu, seperti India, Iran, Kazakhstan, Rusia, Meksiko, Mesir, Afrika Selatan, Ukraina, UEA, dan di Amerika Selatan.

Duster awalnya diperkenalkan dalam versi balap es yang disiapkan untuk Andros Trophy, dipamerkan ke publik untuk pertama kalinya pada 17 November 2009. Versi produksinya kemudian diumumkan ke media pada 8 Desember 2009, yang lantas resmi diluncurkan di gelaran Geneva Motor Show pada bulan Maret 2010.

Berdasarkan platform B0, Duster memiliki panjang 4,31 meter (169,7 in), 1,82 meter (71,7 in), dengan lebarnya dan memiliki ground clearance 210 mm (8,3 in). Ruang mobil memiliki volume hingga 475 liter (16,8 kaki kubik), sedangkan dengan kursi belakang yang dilipat dan dimiringkan ke depan, kemampuannya dapat melebihi 1.600 liter (57 kaki kubik).

Pabrikan menawarkan Duster dengan penggerak dua roda atau empat roda. Varian 4x4 menggunakan penggerak all-wheel Nissan, yang memungkinkan pengemudi untuk memilih dari tiga mode mengemudi yang berbeda, yaitu Auto, Lock, dan 2WD. Auto mengaktifkan penggerak roda belakang secara otomatis jika roda depan kehilangan cengkeraman, Lock mengumpankan 50 persen torsi via poros belakang, dan 2WD mengunci torsi ke penggerak roda depan untuk efisiensi BBM.

Pada bulan September 2013, Renault Duster facelift disajikan di Frankfurt Motor Show. Eksterior menerima perubahan penting di bagian depan dengan chrome baru dan lampu depan yang didesain ulang, palang atap yang dibenahi kembali, roda 16 inci baru, dan modifikasi sederhana di bagian belakang. juga diperbarui, dengan desain dan yang mirip dengan yang diperkenalkan tahun sebelumnya pada model-model baru di jajaran Dacia.

Untuk sektor keamanan, Renault Duster menghadirkan Bosch 8.1 ABS, serta distribusi tenaga rem elektronik (EBD) dan bantuan rem darurat (EBA). Kendaraan ini juga menampilkan kontrol stabilitas elektronik (ESC) sebagai opsi pada versi tertentu, serta kontrol under-steer (CSV) dan kontrol traksi (ASR). Opsi ini juga memungkinkan torsi ditransfer dari roda pemintal dalam mode 4x4 untuk meningkatkan traksi ketika putaran roda diagonal terjadi.

Renault Duster tampak dari belakang (sumber: cars.co.za)

Renault Duster tampak dari belakang (sumber: cars.co.za)

Pada bagian depan keselamatan pasif, Renault Duster hadir sebagai standar dengan dua airbag depan (tergantung pasar) dan sabuk pengaman tiga titik dengan pembatas muatan untuk kursi depan. Tergantung pada versi, dua airbag head lateral/toraks dipasang di samping airbag pengemudi dan penumpang untuk memberikan perlindungan tambahan jika terjadi benturan samping.

Pada tahun 2011, Duster diuji oleh Euro NCAP, menerima peringkat bintang tiga. Mobil ini menerima 27 poin (74%) untuk perlindungan penumpang dewasa, 38 poin (78%) untuk perlindungan penumpang anak, 10 poin (28%) untuk perlindungan pejalan kaki, dan dua poin (29%) untuk fitur bantuan keselamatan. Dalam kategori yang terakhir, peringkat dipengaruhi oleh kurangnya pembatas kecepatan dan fakta bahwa kontrol stabilitas elektronik hanya tersedia sebagai opsi.

Generasi kedua Renault Duster resmi diumumkan antara 14 hingga 24 September 2017 selama gelaran Frankfurt Motor Show dengan model aktual mencapai pasar Rumania enam minggu kemudian pada November 2017. Model baru ini memiliki panjang yang hampir sama dan hadir dengan lima kursi, tidak seperti rumor pra-peluncuran bahwa akan tersedia model tujuh kursi.

Versi terbaru masih didasarkan pada platform B0 yang sama dengan generasi pertama. Namun, sekarang tersedia fitur power-steering menggunakan listrik,  sistem kamera MultiView yang terdiri dari empat kamera, sistem peringatan blind spot, kontrol iklim otomatis, sistem keyless entry dan ignition, dan lampu berjalan siang hari.

Sementara, di sektor jantung pacu, Renault Duster tersedia dalam dua pilihan mesin, yakni 1.461cc dCI dan 1.498cc H4K CVT. Varian pertama mampu meletupkan tenaga maksimal 85 PS pada putaran 3.750 rpm dan konsumsi bahan bakar 20 km per satu liter, sedangkan kedua sanggup memuntahkan daya 106 PS pada putaran 5.600 rpm.

Pada bulan Desember 2017, Euro NCAP telah menerbitkan hasil untuk crash-test model generasi kedua. Mobil ini menerima tiga dari lima bintang, hasilnya dianggap sebagai yang diharapkan, meskipun sebagian besar rival menerima lima bintang. Renault Duster dianugerahi 27 poin (71%) untuk perlindungan penumpang dewasa, 32 poin (66%) untuk perlindungan penumpang anak, 24 poin (56%) untuk perlindungan pejalan kaki, dan lima poin (37%) untuk fitur bantuan keselamatan.

Harga Renault Duster

Renault Duster (sumber: topspeed.in)

Renault Duster (sumber: topspeed.in)

Tipe Renault DusterHarga
Renault Duster Petrol RXERs 799.900
Renault Duster Petrol RXSRs 924.900
Renault Duster Petrol RXS CVTRs 999.900
Renault Duster Diesel 85PS RXERs 924.900
Renault Duster Diesel 85PS RXSRs 999.900
Renault Duster Diesel 85PS RKZRs 1.124.900
Renault Duster Diesel 110PS RXZRs 1.214.900
Renault Duster Diesel 110PS RXZ AWDRs 1.314.900
Renault Duster Diesel 110PS RXS AMTRs 1.214.900

Harga Renault Duster di atas merupakan harga yang berlaku untuk pasar India dan untuk varian 5 seat. Sekadar informasi, saat  berita ini diterbitkan, kurs 1 rupee setara dengan Rp208. Jadi, jika dirupiahkan, harga Renault Duster berada di kisaran Rp166,37 jutaan hingga Rp273,499 jutaan, sekali lagi khusus untuk pasar Negeri Sungai Gangga.

Lalu, berapa harga yang dipatok perusahaan untuk Renault Duster berkapasitas 7 penumpang? Ketika artikel ini tayang, kendaraan tersebut belum diluncurkan ke pasaran secara resmi. Jadi, harga untuk Renault Duster 7 seat juga belum diketahui. Menurut kabar, mobil ini rencananya akan mengaspal pada paruh kedua tahun 2020.

Baca juga  Info Terbaru Biaya Isi Freon AC Mobil di Bengkel
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Spesifikasi dan Harga Renault Duster 7 Penumpang"