Spesifikasi dan Info Terbaru Harga Honda NSX

No comment5364 views

Anda yang menggemari olahraga otomotif, pasti sudah familiar dengan NSX. NSX, yang dipasarkan di Amerika Utara sebagai Acura NSX, merupakan sedan berkapasitas 2 seat sekaligus sport mid-engine yang diproduksi oleh pabrikan asal Jepang, . Mobil ini mengambil basis dari HP-X ( Pininfarina eXperimental) pada tahun 1984, yang merupakan mobil sport penggerak roda belakang dengan mesin 3.0L V6, dan ditawarkan dengan harga mencapai Rp2 miliar.

Honda NSX - www.carsguide.com.au

Honda NSX - www.carsguide.com.au

Honda NSX Generasi Pertama

Generasi pertama Honda NSX meluncur sejak tahun 1990 sampai dengan 2005. Mobil ini sendiri membuat penampilan perdananya dalam ajang Chicago Auto Show di bulan Februari 1989, disusul dengan gelaran Tokyo Motor Show pada bulan Oktober di tahun yang sama. Seperti diutarakan sebelumnya, Honda merevisi nama kendaraan dari NS-X menjadi NSX sebelum melakukan produksi massal.

Pada rilis resminya, konsep NSX memamerkan teknologi Honda. Dengan ukuran 1.170 mm (46 inch), membuat mobil ini hanya 141,3 mm lebih tinggi daripada Ford GT40, mobil balap GT ekstrem. Inovasi dan sejarah balap pembuat mobil Jepang selanjutnya dicontohkan oleh sasis monocoque ultra-kaku ultra-kaku dari semua NSX dan suspensi dual wishbone belakang, dengan lengan kontrol tertempel yang terhubung ke roda alloy tempa.

Honda NSX - www.parkers.co.uk

Honda NSX - www.parkers.co.uk

Mobil tersebut juga menjadi mobil pertama di dunia dengan batang penghubung titanium, piston palsu, dan kemampuan revolving yang sangat tinggi, semua ciri khas yang biasanya terkait dengan motor balap. Eksterior NSX memiliki cat 23 langkah khusus, termasuk lapisan krom pesawat yang dirancang untuk melindungi bodi aluminium secara kimiawi dan cat yang dilapisi air untuk alas dasar untuk mendapatkan atas yang lebih jelas dan lebih hidup serta permukaan akhir yang lebih halus.

Sementara NSX selalu dimaksudkan untuk menjadi mobil sport kelas dunia, para insinyur telah membuat beberapa kompromi untuk mencapai keseimbangan yang sesuai antara kinerja dan daya tahan sehari-hari. Bagi para pelanggan NSX yang mencari pengalaman balap tanpa kompromi, pada tahun 1992, Honda untuk menghasilkan versi NSX yang secara khusus dimodifikasi untuk kinerja atlet lewat NSX Type R (atau NSX-R).

Insinyur Honda memulai modifikasi dengan coupe NSX dasar dan memulai program penurunan berat badan yang agresif. Sound deadening, audio, ban cadangan, pendingin udara, dan kontrol traksi, serta beberapa peralatan listrik telah dilepas. Kursi kulit daya diganti dengan kursi balap karbon-kevlar ringan yang dibuat oleh Recaro untuk Honda. Namun, jendela listrik dan perlengkapan jok belakang/belakang tetap ada. Secara keseluruhan, Honda berhasil mengurangi berat sekitar 120 dan memberi NSX-R berat akhir 1.230 kg.

Kemudian, di tahun 1995, NSX-T dilepas di pasaran Jepang sebagai pesanan khusus dan pasar Amerika Utara. NSX-T ini menggantikan coupe standar di Amerika Utara. Atap yang dapat dilepas menghasilkan kekakuan sasis yang menurun dan Honda menambahkan sekitar 45 kg bala bantuan struktural untuk mengimbangi, termasuk panel rocker sidesillade yang lebih tebal, sekat, atap pilar, dan penambahan sekat depan/belakang baru dan crossmade lantai.

Selang dua tahun kemudian, Honda memperkenalkan upgrade kinerja terbesar NSX untuk semua pasarnya di seluruh dunia. Perpindahan mesin meningkat dari 3.0L menjadi 3.2L dengan menggunakan liner silinder serat yang diperkuat serat tipis (FRM). Mesin 3.2 L C32B yang direvisi ini mampu meningkatkan daya dari semula 274 PS menjadi 294 PS dan menggapai torsi dari 285 Nm menjadi 305 Nm.

Pada tahun 2002, Honda memberikan facelift pada NSX, dengan desain bodi hanya menerima sedikit modifikasi di milenium baru dan lampu pop-up asli diganti dengan unit lampu depan xenon HID yang tetap, disertai ban belakang yang sedikit lebih lebar untuk melengkapi suspensi yang direvisi. Tingkat front spring naik dari 3,2 kg/m menjadi 3,5 kg/m, tingkat pegas belakang meningkat dari 3,8 kg/m menjadi 4,0 kg/m, dan diameter bar stabilizer belakang meningkat dari 17,5 mm menjadi 19,1 mm.

Honda NSX Generasi Kedua

Generasi kedua kendaraan ini dipamerkan pada bulan Desember 2015 dalam ajang North American International Auto Show, setelah kabar peluncurannya sempat simpang-siur selama beberapa tahun. Pada tahun yang sama, mobil ini juga diperkenalkan dalam ajang Geneva Motor Show bersamaan dengan generasi keempat Civic Type R.

Secara teknis, generasi kedua NSX memiliki perubahan yang signifikan dari generasi pertama karena dilengkapi mesin DOHC 3.5L V6 250 derajat yang mampu menghasilkan tenaga 500 HP, yang dikawinkan dengan tiga motor listrik Sport Hybrid SH-Sistem AWD dan transmisi dual-clutch 9-speed (DCT). NSX generasi kedua ini sanggup berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 2,9 detik dan memiliki kecepatan tertinggi 307 km/jam. Sementara, secara struktural, bodi menggunakan desain rangka luar angkasa, yang terbuat dari aluminium, baja dengan kekuatan ultra tinggi, dan material ringan lainnya, yang beberapa di antaranya merupakan pertama di dunia.

Harga Honda NSX

Nah, setelah mengetahui spesifikasi Honda NSX, lalu berapa harga kendaraan tersebut saat ini? Ketika pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015 di pasar Amerika Utara, Honda NSX generasi kedua dilepas dengan harga mulai USD 157.800 (Rp2,1 miliar) untuk model dasar hingga USD 207.500 (Rp2,8 miliar) untuk model modifikasi. Sementara, di pasar Australia, model terbaru ini ditawarkan dengan harga mulai AUD 420.000.

Di samping itu, pada pertengahan tahun 2017, Honda juga merilis varian balap dari Honda NSX, yaitu Honda NSX GT3 untuk model tahun 2018. Kendaran ini juga dibekali dengan mesin yang mirip dengan kepunyaan Honda NSX produksi massal, namun mesin tersebut dipasangkan dengan gearbox khusus untuk balap yang memiliki transmisi 6-speed. Kabarnya, pabrikan Negeri Sakura bakal melepaskan Honda NSX GT3 dengan harga mulai USD 543.000 atau setara Rp7,2 miliar (belum termasuk pajak).

Baca juga  Harga Daihatsu Gran Max Pick Up Bekas (Semua Tipe)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Spesifikasi dan Info Terbaru Harga Honda NSX"