Syarat Terbaru dan Update Biaya Tabungan SimPel BCA Untuk Anak Sekolah

Pepatah mengatakan bahwa hemat pangkal kaya, dan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk berhemat adalah rutin menabung. Nah, untuk menumbuhkan kebiasaan menabung ini, sebaiknya dilakukan sejak dini, terutama ketika memasuki usia sekolah. Untuk mendukung hal tersebut, banyak bank yang kemudian meluncurkan produk tabungan untuk sekolah, salah satunya Simpanan Pelajar (SimPel) yang diterbitkan Bank Central Asia atau BCA. Dengan syarat tertentu dan biaya yang cukup ringan Tabungan SimPel cukup menarik perhatian nasabah.

 

Bacaan Lainnya
Tabungan Simpel (sumber: bprsku.co.id)
Tabungan Simpel (sumber: bprsku.co.id)

Pemerintah telah mencanangkan Tabungan SimPel (Simpanan Pelajar) yang didukung oleh semua bank di Indonesia, termasuk BCA. Tabungan SimPel sebagai langkah positif untuk membangun karakter “gemar menabung” sejak dini. Sehingga tumbuh kesadaran tentang bagaimana sebaiknya menggunakan uang dan mengoptimalkan jasa keuangan.

Produk Tabungan SimPel

Simpanan Pelajar atau SimPel sendiri merupakan program tabungan yang diluncurkan oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan dengan tujuan membantu orang tua mengajarkan perencanaan keuangan kepada -anaknya. Tabungan ini diluncurkan secara nasional oleh bank-bank Indonesia, termasuk BCA, dengan persyaratan mudah dan sederhana, serta fitur yang menarik dalam rangka edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong budaya menabung.

Berbagai produk simpanan khusus untuk pelajar, nasabah tabungan ini bisa saja dimulai dari usia dini atau PAUD sampai SMA dan sekolah sederajat. Diluncurkan pertama kali pada tanggal 14 Juni 2015, Presiden Indonesia, Joko Widodo, berharap agar anak-anak Indonesia mulai mengenal perencanaan keuangan sejak dini dan mulai tertarik mengenal dunia perbankan sehingga akan muncul generasi melek keuangan yang menjadikan kebiasaan menabung bukan suatu kewajiban, melainkan bisa berkembang menjadi sebuah gaya hidup.

Program yang dicetuskan oleh OJK ini dijalankan melalui bank umum dan bank syariah. Ketika pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat pada tahun 2015 lalu, Tabungan SimPel ikut didukung oleh delapan bank umum dan enam bank syariah. Kedelapan bank umum konvensional yang ikut mendukung di antaranya Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Bank Permata, Bank BJB, Bank Jatim, dan juga BCA. Sementara, bank syariah yang ikut memasarkan produk Tabungan SimPel adalah Bank Muamalat, Bank Syariah Mandiri (BSM), BRI Syariah, BNI Syariah, BCA Syariah, dan Bank Panin Syariah.

Meski didukung oleh dua model bank, namun secara garis besar, ada perbedaan antara Tabungan SimPel yang dijalankan bank umum konvensional dengan bank syariah. Berikut beberapa perbedaan Tabungan SimPel di antara kedua model bank tersebut.

Perbedaan Tabungan Simpel Bank Umum & Syariah

Ilustrasi: pelajar nasabah Tabungan Simpel (sumber: aktual.com)
Fitur Bank Konvensional Bank Syariah
Nama Produk Simpel Simpel IB
Mata uang Rupiah (IDR) Rupiah (IDR)
Akad Mudharabah (bagi hasil) atau Wadi’ah (bonus)
Nama Rekening Nama siswa Nama siswa
Setoran Awal Rp5.000 Rp1.000
Setoran Selanjutnya Minimum Rp1.000 Minimum Rp1.000
Biaya Administrasi
Saldo Minimum Rp5.000 Rp1.000
Saldo Maksimum Tidak dibatasi Tidak dibatasi
Bunga atau Bagi Hasil Tidak diberikan (diganti dengan program reward) Ketentuan masing-masing bank
Biaya Penutupan Rekening Rp5.000 Rp1.000
Rekening Tidak Aktif Rekening tidak bertransaksi 12 bulan berturut-turut Rekening tidak bertransaksi 12 bulan berturut-turut
Biaya Penalti Saat Berstatus Dormant Rp1.000 per bulan Rp1.000 per bulan
Penutupan Rekening Otomatis Apabila saldo rekening mencapai kurang dari Rp5.000, maka rekening dapat ditutup secara otomatis oleh sistem dengan biaya penutupan sebesar sisa saldo Apabila saldo rekening mencapai kurang dari Rp 1.000, maka rekening dapat ditutup secara otomatis oleh sistem dengan biaya penutupan sebesar sisa saldo
Penyetoran dan Pindah Buku Dilayani di sekolah dan semua channel bank sesuai kebijakan bank. Transaksi dilakukan secara offline diserahkan kepada kebijakan masing-masing bank. Dilayani di sekolah dan semua channel bank sesuai kebijakan bank. Transaksi dilakukan secara offline diserahkan kepada kebijakan masing-masing bank.
Frekuensi Tarik Tunai Penarikan maksimal 2 kali per bulan

Penarikan lebih dari 2 kali per bulan sesuai dengan ketentuan bank

Tidak dibatasi
Nominal Tarik Tunai Maksimal Rp250.000 kecuali saat tutup rekening penarikan di atas Rp250.000 sesuai dengan ketentuan bank Maksimal Rp500.000 per hari kecuali saat tutup buku

Fitur tabungan SimPel bank syariah dan konvensional tahun 2022 masih sama seperti tahun 2021. Seperti dijelaskan sebelumnya, BCA juga ikut meluncurkan Tabungan SimPel yang ditujukan untuk pelajar PAUD, SD, SMP, dan SMA yang berusia di bawah 17 tahun dan belum memiliki KTP. Tabungan SimPel BCA ini dikatakan akan membantu -anak untuk lebih disiplin dalam mengelola keuangan, membentuk karakter gemar menabung, melatih mempersiapkan masa depan, dan mengenalkan dunia perbankan secara lebih dini.

Tabungan SimPel BCA

Sebagai salah satu sarana edukasi tentang pengelolaan keuangan, pembentukan budaya gemar menabung dan pengenalan dunia perbankan di kalangan pelajar, Tabungan SimPel BCA memiliki keuntungan seperti bebas biaya administrasi, setoran awal pembukaan rekening minimum Rp5.000, serta rekening dan kartu atas nama siswa. Setoran awal Tabungan SimPel BCA tahun 2022 ini masih sama seperti tahun 2021.

Syarat Tabungan SimPel BCA Untuk Usia Kurang Dari 12 Tahun

Tabungan Simpel BCA (sumber: cermati.com)
Keterangan Dokumen yang diperlukan
Pelaku Orang Tua
Penandatangan di Kartu dan Aktivasi PIN Orang Tua
Status Rekening Wali
Nama Rekening
Dokumen Persyaratan Akta kelahiran, KTP orang tua, kartu pelajar (jika ada), NPWP orang tua, formulir data nasabah perorangan

Nah, bagi calon nasabah yang berusia di 12-17 tahun perlu memperhatikan sejumlah persyaratan di bawah ini. Syarat Tabungan SimPel BCA tahun 2022 tersebut masih sama seperti tahun 2021.

Syarat Tabungan SimPel BCA Untuk Usia 12-17 Tahun

Keterangan Dokumen yang diperlukan
Pelaku
Penandatangan di Kartu dan Aktivasi PIN
Status Rekening
Nama Rekening
Dokumen Persyaratan KTP pelajar/surat keterangan dari sekolah, KTP salah satu orang tua, surat pernyataan orang tua, NPWP orang tua, formulir data nasabah perorangan

Regulasi pada 2020, dokumen siswa yang perlu ditambahkan yakni Nomor Induk Siswa (NIS) atau Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Pada 2021 hingga 2022, syarat pembukaan Tabungan SimPel BCA untuk usia 12-17 tahun terpantau tidak mengalami perubahan.

Limit Transaksi dan Biaya Tabungan SimPel BCA

BCA SimPel (sumber: www.bca.co.id)
Keterangan Biaya (Rp)
Setoran Awal 5.000
Setoran Selanjutnya minimum 1.000
Saldo Minimum 5.000
Batas Penarikan Tunai di ATM 7.000.000 per hari
Transfer ke Rekening BCA di ATM 25.000.000 per hari
Biaya Administrasi Bebas
Biaya Penutupan Rekening 5.000 (atau sebesar sisa saldo jika di bawah Rp 5.000 dan dormant)
Biaya Pasif (untuk rekening dormant dibebankan sejak bulan ke-13) 1.000 per bulan
Biaya Transaksi Debet ke-5 dst 2.500 per transaksi
Biaya Penggantian kartu Bebas
Biaya Cetak Mutasi Bebas

Mulai 1 Mei 2020, saldo maksimum rekening Simpanan Pelajar (Simpel) BCA sebesar Rp20 ribu. Hingga 2022, ketentuan limit transaksi dan biaya Tabungan SimPel BCA tidak mengalami perubahan dibandingkan 2020 dan 2021.

Perlu diketahui bahwa Tabungan SimPel BCA merupakan tabungan perorangan untuk siswa WNI dan tidak diperbolehkan membuka rekening joint dan maupun atau. Nasabah hanya diperbolehkan membuka satu rekening SimPel, rekening tidak diberikan bunga, dan rekening tidak dapat digunakan untuk kepentingan payroll dan autodebet. Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Halo BCA di nomor 1500888, atau melalui email di halobca@bca.co.id.

[Update: Almas]

Pos terkait