Biaya SMS Banking Notifikasi BRI

SMS banking termasuk salah satu layanan yang telah diberikan oleh banyak bank di dalam negeri, termasuk Bank Rakyat Indonesia alias BRI. Dengan fasilitas ini, nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang untuk melakukan berbagai transaksi keuangan. Namun, ketika memakai layanan SMS banking, pengguna akan dikenakan notifikasi dan biaya SMS yang biasanya tergantung provider yang digunakan.

SMS Banking (telkomsel.com)
SMS Banking (telkomsel.com)

Mengenal SMS Banking

Saat ini, kepraktisan memang merupakan salah satu manfaat yang ditawarkan lembaga perbankan untuk menarik lebih banyak nasabah, tidak terkecuali BRI. Anda pasti mengenal mobile banking, yang berbentuk aplikasi dan selalu melekat pada smartphone pengguna.[1] Dengan mobile banking, nasabah bisa melakukan transfer dana, isi ulang pulsa, melakukan pembayaran tagihan, hingga membeli tiket perjalanan hana berbekal HP di tangan.

Bacaan Lainnya

Layanan lainnya yang mengedepankan kepraktisan adalah SMS banking. Menawarkan fitur seperti mesin ATM, dengan memakai SMS banking, nasabah sudah dapat melakukan berbagai transaksi perbankan, mulai dari mengecek saldo, transfer, hingga pembayaran di mana saja ia berada melalui telepon genggam.[2]

Untuk mendapatkan layanan SMS banking, nasabah bisa melakukan pendaftaran atau registrasi melalui jaringan mesin ATM atau lewat customer service di cabang bank tempat rekening dibuka. Registrasi ini diperlukan untuk memperoleh access code dalam bentuk PIN (Personal Identification Number) yang merupakan kode rahasia untuk melakukan sejumlah transaksi.

Kelebihan SMS Banking BRI

Nah, salah satu bank di Indonesia yang telah memiliki layanan SMS banking adalah BRI. Seperti dikutip dari website resminya, BRI menawarkan dua jenis layanan SMS banking. Pertama adalah berbasis menu, yakni layanan SMS banking yang menggunakan menu sebagai perintah transaksi, dan yang kedua adalah plain text, yaitu layanan SMS banking dengan mengirimkan perintah transaksi yang akan dilakukan ke nomor 3300.

Masih menurut referensi yang sama, SMS banking BRI memberikan banyak kelebihan. Fitur ini bisa dipakai di berbagai jenis dan tipe ponsel dan dengan provider kepercayaan nasabah. SMS banking BRI juga mudah diakses kapan saja dan di mana saja, mudah digunakan, serta menawarkan berbagai layanan seperti informasi saldo, transfer dana, pembayaran tagihan, hingga membeli pulsa isi ulang.

Prosedur Mendaftar SMS Banking BRI

  • Calon pengguna harus memiliki rekening tabungan BRI (BritAma, BritAma Junio , tau Simpedes) dan Giro (perorangan) yang memiliki Kartu ATM BRI (Kartu BRI) dalam status aktif.
  • Jika sudah memiliki rekening tabungan BRI, nasabah bisa melakukan registrasi awal untuk dapat melakukan transaksi non-keuangan melalui ATM BRI terdekat dengan memilih menu ‘Transaksi Lainnya’. Setelah itu, pilih menu ‘Registrasi’, dilanjutkan menu ‘SMS Banking’, dan kemudian masukkan nomor HP yang masih aktif. Klik ‘Benar’ dan isi pin SMS banking yang mudah diingat, lalu simpan struck. Nantinya, nasabah harus memberikan konfirmasi ke customer service di kantor cabang BRI.
  • Selain lewat mesin ATM, nasabah juga bisa mengunjungi unit kerja BRI terdekat. Di sana, nasabah akan diminta mengisi formulir aplikasi untuk registrasi SMS banking dengan melampirkan fotokopi KTP yang masih berlaku dan fotokopi kartu ATM BRI.

Seperti layanan bank lainnya, setiap transaksi nasabah yang menggunakan fitur SMS banking BRI akan dikenakan biaya. Menurut keterangan akun X (dulu Twitter) resmi BRI, biaya SMS notifikasi akan didebet langsung dari saldo rekening nasabah, sedangkan biaya SMS banking dipotong sesuai dengan provider kartu seluler yang digunakan.

Biaya SMS Banking BRI (sekuritas.co.id)
Biaya SMS Banking BRI (sekuritas.co.id)

Biaya SMS Banking BRI

Biaya
Biaya SMS Notifikasi BRI Rp500 per SMS
Biaya SMS Banking BRI Telkomsel Prabayar Kirim SMS : Rp520
Terima SMS : Rp875 – Rp1.500
Biaya SMS Banking BRI AXIS Krim SMS : Rp350
Terima SMS : Rp350
Biaya SMS Banking BRI Indosat Ooredoo SMS Finansial : Rp500
SMS Non-Finansial : Rp1.000
Biaya SMS Banking BRI Axiata Prabayar Kirim SMS : Rp350
Terima SMS : Rp500
Biaya SMS Banking BRI XL Axiata Pascabayar Kirim SMS : Rp250
Terima SMS : Rp500

Daftar biaya SMS banking dan SMS notifikasi BRI di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk keterangan resmi pihak BRI. Perlu Anda catat bahwa biaya SMS banking BRI tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa menghubungi call center BRI di 14017 atau kantor cabang BRI terdekat.

[1] Kuriaty, Harlina. 2018. Pelayanan Nasabah BRI Cabang Buntok Menggunakan Aplikasi Mobile Banking pada Tahun 2017. Anterior Jurnal, Vol. 17(2): 100-107.

[2] Rahmad, Andri Daisy, Endang Siti Astuti, Riyadi. 2017. Pengaruh Kemudahan terhadap Kepercayaan dan Penggunaan SMS Banking ( pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya, Vol. 43(1): 36-43.

Pos terkait