Pilihan dan Biaya D1 Administrasi Perkantoran

Agar peluang mendapatkan pekerjaan lebih besar, lulusan SMA memang disarankan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Jika S1 dirasa terlalu berat dan lama, maka jenjang D1 bisa menjadi opsi yang menarik. Ada banyak program studi D1 yang dapat dipilih dan salah satu yang nantinya kerap dibutuhkan adalah Administrasi Perkantoran. Karena hanya berdurasi 1 tahun, biaya kuliahnya pun cukup terjangkau.

Biaya D1 Administrasi Perkantoran (Freepik.com)
Biaya D1 Administrasi Perkantoran (Freepik.com)

Memang, ada banyak faktor yang memengaruhi minat seseorang untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi, termasuk motivasi dan cita-cita, kemauan, ketertarikan, lingkungan, teman, saudara, dan kondisi kampus.[1] Nah, apabila Anda tidak mau berlama-lama berkutat di kampus atau ingin cepat lulus, tetapi tetap dengan keterampilan yang memadai, mengambil jenjang D1 bisa menjadi opsi menarik.

Bacaan Lainnya

Seperti namanya, jenjang D1 atau Diploma 1 adalah jenjang studi yang memiliki durasi belajar selama satu tahun dengan mengedepankan suatu keterampilan yang siap kerja. Jika memang calon mahasiswa atau lulusan SMA sudah siap untuk bekerja, maka program D1 ini merupakan pilihan yang tepat karena Anda akan lebih cepat lulus dibandingkan D3 atau S1.

Ada banyak program studi D1 yang tersedia, salah satunya D1 Administrasi Perkantoran. Secara ringkas, Administrasi Perkantoran adalah rangkaian aktivitas merencanakan, mengorganisasi (mengatur dan menyusun), mengarahkan (memberikan arah dan petunjuk), mengawasi, dan mengendalikan (melakukan kontrol), sampai menyelenggarakan sesuatu hal secara tertib.[2] Biasanya, program studi ini memiliki mata kuliah humas dan keprotokolan.

Di Indonesia, sudah ada beberapa perguruan tinggi yang menyelenggarakan kuliah untuk program studi D1 Administrasi Perkantoran ini. Umumnya, mereka mempersiapkan mahasiswa agar punya kompetensi dalam pengelolaan administrasi kantor, termasuk menguasai komputer dan teknologi digital. Berikut beberapa pilihan kuliah D1 Administrasi Perkantoran di dalam .

Pilihan Kuliah D1 Administrasi Perkantoran

Alfa Prima, menawarkan program studi Manajemen Administrasi Bisnis yang mempersiapkan lulusan agar memiliki kompetensi dalam pengelolaan administrasi bisnis dan pengelolaan manajemen perkantoran, serta memiliki kemampuan membangun bisnis sendiri dengan memberikan sertifikasi kompetensi yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) guna menghasilkan lulusan yang profesional. Kampus ini hadir di tiga lokasi, yakni Denpasar, Karangasem, dan Singaraja.

Institut Digital Ekonomi, adalah sebuah perguruan tinggi di Bandung yang menawarkan program studi D1 Komputer Administrasi Perkantoran yang diklaim menghasilkan tenaga ahli pratama yang mampu melaksanakan administrasi perkantoran dengan dukungan teknologi informasi dan bersertifikasi bidang komputer & bahasa Inggris. Profesi lulusan ini antara lain Administrative Assistant, Operator Komputer, dan Sekretaris.

UNISTAMA Salatiga, merupakan lembaga pendidikan profesi yang telah berdiri pada tahun 2012, menyelenggarakan sejumlah program studi 1 tahun, termasuk D1 Administrasi Perkantoran, selain D1 Keperawatan dan D1 Desain Tata Busana. Khusus D1 Administrasi Perkantoran, peserta didik akan diajari agar menjadi profesional di bidang administrasi dengan menggunakan teknologi informasi modern.

Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Ariyanti, berbasis di Bandung dan menyelenggarakan pendidikan Administrasi Perkantoran berdurasi 1 tahun. Membekali peserta didik dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan di kantor, mengelola peralatan kantor modern, menguasai teknologi komputer dan internet, mengakses 10 jari manual dan elektrik, kearsipan, korespondensi, dengan didukung oleh penguasaan bahasa Inggris dan kepuasan profesional di bidangnya .

Bina Sriwijaya, merupakan lembaga tinggi yang berada di Palembang, menyelenggarakan program studi Komputer Administrasi Perkantoran berdurasi 1 tahun untuk menghasilkan tenaga kerja yang berprofesi dan siap kerja dan mampu secara kompeten dalam penerapan ilmu pengetahuan secara global dan mandiri yang dapat bersaing di dunia kerja, baik untuk perusahaan maupun perkantoran. Program ini didukung dengan 100 persen praktik dan sistem terpadu dan padat yang memungkinkan mahasiswa langsung dapat menyerap pelajaran dengan cepat dan mudah serta mahir di bidangnya.

Biaya D1 Administrasi Perkantoran (training-bagus.com)
Biaya D1 Administrasi Perkantoran (training-bagus.com)

Lalu, berapa biaya yang diperlukan untuk bisa meneruskan studi di D1 Administrasi Perkantoran? Biaya tentu saja sangat bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing kampus. Ada yang menawarkan biaya satu paket langsung, ada juga yang membaginya menjadi beberapa komponen, seperti biaya pendaftaran dan kelengkapan kuliah.

Biaya D1 Administrasi Perkantoran

Nama Kampus Biaya Kuliah
Alfa Prima Denpasar, Karangasem, Singaraja Kelas Pagi : Rp15.900.000
Kelas Malam : Rp16.900.000
Institut Digital Ekonomi Bandung Biaya Pendidikan : Rp8.500.000
Biaya Kelengkapan Kuliah : Rp800.000
UNISTAMA Salatiga Rp9.000.000
Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Ariyanti Bandung Rp12.500.000
Bina Sriwijaya Palembang Rp5.000.000

Daftar biaya D1 Administrasi Perkantoran di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs resmi masing-masing lembaga pendidikan. Perlu Anda catat bahwa biaya kuliah D1 Administrasi Perkantoran tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Biasanya, biaya akan mengalami penyesuian saat tahun ajaran .

 

[1] Suprapto, A. 2007. Minat Masuk Perguruan Tinggi bagi Siswa Kelas III Program Keahlian Teknik Instalasi Listrik pada SMK di Purworejo (Skripsi). Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

[2] Octavianingrum, D. . Pengembangan Media Audio Visual Sparkol Videoscribe dalam Pembelajaran Mengelola Pertemuan/Rapat di Lembaga Pendidikan Profesi (LPP) IPMI Kusuma Bangsa Surakarta Jurusan Administrasi Perkantoran (Tesis). Teknologi PendidikanUNS.

Pos terkait