Review, Dosis, dan Harga Rhinos Junior Terkini

Flu tidak hanya bisa menyerang orang dewasa. pun dapat terjangkit salah satu penyakit menular ini, dan malah bisa lebih merepotkan. Untungnya, saat ini sudah banyak obat yang diklaim dapat membantu meringankan gangguan tersebut dan dijual secara bebas, salah satunya Rhinos Junior. Berbentuk dengan kemasan 60 ml, obat ini sudah dapat Anda beli di apotik atau sejumlah situs e-commerce dengan harga yang bisa dikatakan masih masuk akal.

Ilustrasi: Anak Terserang Flu (credit: Medical News Today)
Ilustrasi: Anak Terserang Flu (credit: Medical News Today)

Flu, seperti dilansir Alodokter.com, adalah infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Penyakit ini disebabkan oleh virus saluran pernapasan, umumnya RNA atau rhinovirus dari keluarga Orthomyxoviridae dan dapat ditularkan melalui udara oleh batuk atau bersin, sehingga udara di sekitarnya mengandung virus.[1][2]

Bacaan Lainnya

Gejala flu antara lain demam, pilek, hidung tersumbat, dan sakit kepala. Gejala juga kerap disertai dengan demam ringan pada awal gejala, nyeri pada otot, dan badan lemas (fatigue). Puncak gejala biasanya sekitar hari ke-3 atau ke-4, dengan virus rhinorrhea yang awalnya berupa cairan bening, kemudian berubah menjadi lebih kental, walau kemungkinan bisa didiagnosis keliru sebagai infeksi sinus bacterial.[3]

Baca juga  Info Terbaru Harga Glass Block per Dus

Durasi gejala flu dapat berlangsung antara 7 sampai dengan 10 hari, sebelum penderita benar-benar sembuh. Flu ini dapat diatasi dengan banyak beristirahat, sering mengonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin C, serta minum lebih banyak cairan. Biasanya, penderita juga akan berusaha melakukan upaya pengobatan sendiri (swamedikasi) mengatasi ‘rasa tidak nyaman’ akibat flu dan batuk-pilek, antara lain dengan mengonsumsi obat flu yang dijual bebas di pasaran.[4]

Indikasi dan Komposisi Rhinos Junior

Seperti disampaikan di atas, flu tidak hanya bisa menyerang orang dewasa, melainkan juga anak-anak. Untungnya, saat ini sudah ada banyak obat yang diklaim ampuh meredakan gejala flu pada anak-anak, termasuk Rhino Junior. Produk buatan Dexa Medica ini merupakan obat sirup yang dikatakan mampu meringankan bersin-bersin, hidung tersumbat, serta gejala flu lainnya.

Obat ini mengandung Pseudoephedrine Hydrochloride, yakni senyawa agonis reseptor adrenergik tipe alpha dan beta, yang bekerja dengan memengaruhi reseptor alpha adrenergik pada saluran pernapasan sehingga menyebabkan vasokonstriksi (menyempitnya pembuluh darah) dan mengurangi pembengkakan, membuat jalan napas menjadi lebih lega. Obat ini juga merelaksasi otot halus saluran pernapasan dan meningkatkan detak jantung.

Baca juga  Info Terbaru Harga Thermolyte Diet Sugar (25 Sachet dan 50 Sachet)

Selain itu, ada pula kandungan Chlorpheniramine Maleate, atau yang dikenal juga sebagai CTM , yang merupakan senyawa antagonis histamin H1 yang dapat berikatan dengan reseptor histamin H1. Ikatan ini akan menyebabkan terhambatnya aksi histamin endogen (dihasilkan tubuh) sehingga gejala alergi yang disebabkan histamin dapat dikurangi.

Rhinos Junior (@apotek.maharani.pandeglang)
Rhinos Junior (@apotek.maharani.pandeglang)

Dosis Rhinos Junior

Untuk usia kurang dari 2 tahun, disarankan mengonsumsi obat sesuai dengan petunjuk dokter. Sementara, anak-anak usia 2 hingga 5 tahun, dosis yang direkomendasikan adalah 1/2 sendok takar sebanyak 3 kali sehari. Lalu, untuk anak berusia 6 hingga 12 tahun, dapat mengonsumsi 1 sendok takar sebanyak 3 kali sehari. Orang atau mereka yang berusia 12 tahun ke atas pun dapat minum obat ini dengan dosis 2 sendok takar sebanyak 3 kali sehari.

Kontraindikasi dan Efek Samping Rhinos Junior

Walau umumnya dapat ditoleransi dengan baik oleh tubuh, ada beberapa efek samping yang dapat dirasakan setelah meminum obat ini, seperti sakit kepala, gangguan pencernaan, eksitasi,  tremor, takikardi, aritmia, palpitasi, sulit berkemih, hingga mengantuk dan mulut kering. Selain itu, yang perlu dicatat, obat ini tidak disarankan mereka yang punya gangguan fungsi hati dan ginjal, glaukoma, hipertrofi prostat, retensi urine, gangguan fungsi jantung, DM, hipertensi, dan berat badan berlebih.

Baca juga  Manfaat dan Update Harga Kobellon di Apotek

Harga Rhinos Junior

Tidak sulit mendapatkan Rhinos Junior karena Anda sudah bisa membeli obat ini di sejumlah apotek. Di Apotek K24 misalnya, tahun 2020 obat sirup Rhinos Junior dijual dengan harga 51.393 per botol kemasan 60 ml, kemudian pada 2021 harganya sedikit turun jadi Rp50.169 per botol. Sedangkan harga Rhinos Junior di Farmaku sekitar Rp43.900 pada 2020, dan pada 2021 naik jadi Rp49.500 per botol. Jika memilih membeli di situs online, Rhinos Junior saat ini dilepas dengan harga mulai Rp43.500 sampai Rp86 ribu, sedikit berubah dari harga tahun sebelumnya di kisaran Rp41.000 hingga Rp90.000 per botol.

[Update: Dian]

[1]Suyanto, William Sanjaya, Liliana, Kristo Radion Purba. 2016. Pembuatan Aplikasi Media Pembelajaran Virus Influenza Berbasis Flash. Jurnal Infra Universitas Kristen Petra, Vol. 4(2).

[2]Gitawati, Retno. 2014. Bahan Aktif dalam Kombinasi Obat Flu dan Batuk-Pilek, dan Pemilihan Obat Flu yang Rasional. Media Litbangkes, Vol. 24(1): 10-18.

[3]Heikkinen, T dan Jarvinen A. 2003. The common cold. Lancet, Vol. 361: 51-59.

[4]Simasek, Madeline & David A. Blandino. 2007. Treatment of the common cold. Am Fam Physician, Vol. 75(4): 515-520.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.