Info Terbaru Prodi dan Biaya Kuliah Unsika (University of Singaperbangsa Karawang)

University of Singaperbangsa Karawang, atau Singaperbangsa Karawang atau Unsika, merupakan penggabungan beberapa Sekolah Tinggi seperti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Sekolah Ilmu Pertanian, dan lainnya. Sejak tanggal 6 Oktober 2014, Unsika beralih status dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menjadi Perguruan Tinggi (PTN) berdasarkan Perpres RI Nomor 123 tahun 2014 tentang pendirian Universitas Singaperbangsa Karawang.

Kampus Unsika (sumber: unsika.ac.id)

Kampus Unsika (sumber: unsika.ac.id)

Unsika memiliki beberapa fakultas, di antaranya Fakultas Hukum, Ekonomi, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pertanian, Agama Islam, Teknik, Ilmu Komputer, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Ilmu . Dari fakultas-fakultas tersebut, Unsika membuka program studi, baik di jenjang D3, S1, dan S2.

Untuk jenjang D3, prodi (program studi) yang dibuka antara lain Akuntansi, Kebidanan, dan Teknik Mesin. Sementara itu, untuk jenjang S1, prodinya antara lain Ilmu Hukum, Manajemen, Akuntansi, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Agroteknologi, Agribisnis, Pendidikan Agama Islam, dan prodi-prodi lainnya. Lalu, untuk jenjang S2 (Magister),dibuka program studi Manajemen, Ilmu Hukum, dan Pendidikan Agama Islam. Sebagian besar fakultas di Unsika telah menerima akreditasi B, sebagian di antaranya akreditasi C.

Dari beberapa program studi yang dimiliki, dilansir dari situs resminya, lima di antara keseluruhan prodi telah mendapatkan SK Izin Penyelenggaraan, yaitu prodi S1 Ilmu Pemerintahan, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Matematika, dan S1 Pendidikan Jasmani, dengan SK Izin Penyelenggaraan dari Dirjen Dikti Nomor 1704/D/T/2009 tertanggal 17 September 2009. Demi menunjang kegiatan perkuliahan, Unsika menyediakan berbagai seperti laboratorium komputer, sarana olahraga, sarana ibadah, poliklinik, transportasi, teknologi informasi, asuransi, dan free Wi-Fi.

Dalam pelaksanaan kegiatan akademik, kampus tersebut telah menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi atau lembaga-lembaga, baik di dalam maupun luar negeri. Kerja sama itu dilakukan dalam bentuk kontrak manajemen, program pemindahan kredit, pertukaran dosen dan/atau mahasiswa dalam penyelenggaraan kegiatan akademik, penerbitan bersama karya ilmiah, penyelenggaraan bersama seminar atau kegiatan ilmiah lain, dan kerja sama lainnya.

Kerja sama dalam bentuk kontrak manajemen, program kembaran, dan program pemindahan kredit dengan perguruan tinggi luar negeri, hanya dapat dilakukan sepanjang program studi dari perguruan tinggi luar negeri yang telah terakreditasi dan diakui pemerintah Republik Indonesia. Pelaksanaan ketentuan kerja sama dengan perguruan tinggi dan atau lembaga lain di luar negeri diatur oleh Menteri. Sementara, untuk kerja sama dengan pihak luar negeri, terjadi dengan United States Agency for International Development (USAID), National Ilan University, Taiwan ROC, dan Duksung Women’s University, Seoul, Korea Selatan.

Untuk penerimaan mahasiswa baru, Anda bisa mengunjungi website resminya, dan memilih PMB Unsika. Sayangnya, tidak banyak informasi tersedia untuk PMB Unsika. Apabila Anda ingin mendapatkan informasi lebih lengkap, bisa menghubungi pihak Unsika di [email protected]

Mahasiswa-mahasiswi Unsika (sumber: komisi-yudisial.go.id)

Mahasiswa-mahasiswi Unsika (sumber: komisi-yudisial.go.id)

Unsika

Selain prosedur penerimaan mahasiswa baru yang mungkin tidak tersedia banyak informasi, demikian pula dengan biaya kuliahnya. Dilansir dari website resminya, belum ada informasi resmi mengenai biaya kuliah di UNSIKA untuk TA /2021. Sebagai referensi, UKT pada tahun ajaran sebelumnya berkisar Rp1 juta hingga Rp11,8 juta tergantung kelompoknya.

Syarat di Unsika TA 2020/2021

  1. Untuk pendaftar D3/S1 merupakan siswa SMA/MA/SMK lulusan Tahun 2020, 2019, 2018, 2017 dan 2016.
  2. Peserta sudah dinyatakan lulus oleh SMA/MA/SMK yang bersangkutan dengan bukti ijazah SMA/MA/SMK.
  3. Peserta diperkenankan memilih dua program studi tujuan.
  4. Mengunggah berkas file pasfoto ukuran 3x4 cm dalam format Gambar atau PDF dengan maksimal file size 1MB.
  5. File scan KTP (asli dan berwarna) dalam format Gambar atau PDF dengan maksimal file size 500KB.
  6. File scan Kartu Keluarga (asli dan berwarna) dalam format PDF dengan maksimal file size 500KB.
  7. File scan Slip Gaji Orang Tua atau Penanggung Biaya Kuliah yang terbaru (asli dan berwarna). Bila Wiraswasta/Pengusaha/Pedagang/Tidak ada slip gaji, silakan ganti dengan Surat Keterangan Penghasilan yang diterbitkan oleh Kelurahan setempat (asli dan berwarna) yang di dalamnya tertera identitas Orang Tua atau Penanggung Biaya Kuliah dan besaran pendapatan per-bulan. File dalam format PDF dengan maksimal file size 500KB.

Jadwal Pendaftaran Mahasiswa Baru Unsika TA 2020/2021

Kampus Unsika (sumber: quipper.com)

Kampus Unsika (sumber: quipper.com)

Masa pelaksanaan UTBK Seleksi Mandiri di Unsika tahun akademik 2020/2021 dilaksanakan pada tanggal 2 Juni sampai dengan 20 Juni 2020. Setiap hari dilaksanakan 3 sesi ujian yang terbagi menjadi berikut.

Hari Senin-Kamis dan Sabtu:

  • Sesi I : 07.30 – 09.30 WIB
  • Sesi II : 10.00 – 12.00 WIB
  • Sesi III : 13.30 – 15.30 WIB

Hari Jumat:

  • Sesi I : 08.00 – 10.00 WIB
  • Sesi II : 13.00 – 15.00 WIB
  • Sesi III : 15.30 – 17.30 WIB

Bagi Anda yang merasa keberatan dengan nominal Uang Kuliah Tunggal (UKT), bisa mengajukan keringanan ke pihak Unsika. Biaya yang ditanggung akan disesuaikan dengan kemampuan ekonomi mahasiswa, orang tua mahasiswa, atau pihak lain yang membiayainya.

Di samping keringanan UKT, Universitas Singaperbangsa Karawang menyediakan beberapa jenis beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi seperti Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) dari Dikti Depdiknas RI, Beasiswa pemerintah Provinsi Jawa Barat, beasiswa Unsika dari Unsika sendiri, dan masih ada beberapa jenis beasiswa lainnya.

umum yang ditentukan bagi calon penerima beasiswa antara lain mahasiswa strata 1 (S1) & Diploma III (DIII), minimal II & maksimal IV, dan tentunya masih aktif. Selain itu, calon penerima beasiswa diwajibkan untuk melampirkan beberapa berkas seperti surat permohonan tertulis mahasiswa kepada Rektor, surat rekomendasi/pengantar pimpinan fakultas/jurusan, fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), Kartu Rencana Studi (KRS), dan berkas lainnya.

Persyaratan-persyaratan di atas termasuk yang umum. Untuk persyaratan khusus, di antaranya Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) paling rendah 2,75 untuk beasiswa PPA, IPK minimal 3,00 untuk beasiswa BBM, surat keterangan tidak mampu atau layak mendapatkan bantuan beasiswa dari Lurah atau Kepala Desa, dan persyaratan lainnya.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Update Harga Buku Boyman untuk Pramuka (Jilid 1 dan 2)
loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Info Terbaru Prodi dan Biaya Kuliah Unsika (University of Singaperbangsa Karawang)"