Info Terbaru Paket Pernikahan Garden Party Outdoor Harga Murah

Jika beberapa silam resepsi pernikahan identik dengan acara di dalam gedung atau hotel, kini semakin banyak pasangan yang menggelar pesta mereka di area outdoor. Garden party menjadi salah satu konsep pesta luar ruangan yang kerap dipilih karena selain lebih berkesan casual, juga menawarkan pemandangan yang elok serta venue yang lebih lega. Sekarang pun, sudah banyak vendor atau wedding organizer (WO) yang menawarkan pesta pernikahan garden party dengan harga relatif murah.

Pernikahan outdoor (sumber: kibrispdr.org)
Pernikahan outdoor (sumber: kibrispdr.org)

Bagi banyak orang, pernikahan adalah momen sakral dan diharapkan bisa dilakukan sekali seumur hidup. Di dalam ajaran agama pun, pernikahan memiliki penting dalam peningkatan sisi spiritual manusia. Dalam agama Islam, pernikahan merupakan salah satu cara untuk mencapai kesempurnaan spiritual, sedangkan dalam kepercayaan Kristen, pernikahan adalah penyatuan jangka panjang antara pria dan wanita yang diberkati Tuhan dan dianggap mencerminkan hubungan antara Tuhan dan gereja-Nya.[1]

Bacaan Lainnya

Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian sejumlah mempelai ingin melakukan proses tersebut dengan unik dan tidak terlupakan, termasuk menggelar resepsi pernikahan dengan mengundang kerabat, saudara, hingga sahabat dan rekan kerja. Namun, untuk mengadakan pesta seperti ini, memang dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Pasalnya, banyak ragam keperluan yang harus dipersiapkan, termasuk memilih gaun pengantin, tempat resepsi, mengatur kartu undangan dan souvenir, hingga peralatan seperti bridal, catering, pengisi acara, MC, foto, dan lainnya.[2]

Kelebihan Resepsi Garden Party

Pernikahan outdoor garden party (sumber: thebridedept.com)
Pernikahan outdoor garden party (sumber: thebridedept.com)

Salah satu persiapan yang menyita banyak waktu dan biaya calon mempelai adalah memilih gedung pernikahan. Memang, sudah ada banyak gedung yang dapat disewa untuk menggelar resepsi, biasanya di hotel. Namun, biaya yang diperlukan untuk menyewa tempat tersebut bisa dikatakan tidak sedikit, belum lagi kapasitas tamu yang relatif terbatas.

Nah, sebagai solusi, alih-alih memakai gedung atau ruangan indoor, saat ini sudah semakin banyak pasangan yang justru menjatuhkan pilihan mereka pada konsep garden party. Seperti namanya, ini adalah resepsi pernikahan yang mengusung tema pesta kebun atau taman, yang diadakan di luar ruangan atau outdoor.

Ada banyak kelebihan jika mempelai memilih mengadakan konsep pesta pernikahan seperti ini. Salah satunya terletak pada pemandangannya. Anda dan pasangan akan mendapatkan pesta pernikahan dengan kesan indah yang tak terlupakan. Selain itu, Anda hanya perlu menyiapkan sedikit karena semua itu telah dipercantik oleh pemandangan sekitar yang sudah cantik.

Kelebihan lainnya, mempelai dan tamu yang diundang tentu akan merasakan kelegaan. Pasalnya, penyelenggaraan acara pada luar ruangan tidak akan terbatas oleh pintu atau tembok. Jadinya, makin banyak tamu yang dapat hadir di acara pernikahan. Dengan suasana hangat dan casual, para tamu pun akan merasa lebih nyaman untuk berbaur, bahkan tak jarang sang pengantin turun dari pelaminan untuk menyapa undangan mereka. Bagi Anda yang ingin melangsungkan intimate wedding, tentu ini akan menjadi poin plus.

Sekarang sudah banyak yang menyediakan jasa paket pernikahan dengan konsep garden party di area outdoor. Dibandingkan dengan pernikahan di dalam gedung, harga resepsi pernikahan seperti ini memang cenderung lebih murah. Berikut kami sajikan informasi contoh paket pernikahan garden party dengan harga yang murah.

Harga Paket Pernikahan Garden Party

Dekorasi venue pernikahan outdoor garden party (sumber: pinterest)
Dekorasi venue pernikahan outdoor garden party (sumber: pinterest)
Jenis Paket Harga Paket Keterangan
Outdoor Middle Class Rp40.000.000 Venue, pelaminan, mix fresh & artificial flower, karpet, pergola, standing flower, hand buket, rias dan busana, catering buffet 100 pax, food stall, entertainment, dokumentasi, pundi uang, buku tamu, 50 kursi + cover, digital invitation, dekorasi photo booth
Outdoor Stall Class Rp45.000.000 Venue, pelaminan, mix fresh & artificial flower, karpet, pergola, standing flower, hand buket, rias dan busana, catering, food stall, konsumsi akad, entertainment, dokumentasi, pundi uang, buku tamu, 50 kursi + cover, digital invitation, dekorasi photo booth
Outdoor Premium Class Rp78.000.000 Venue, pelaminan, mix fresh & artificial flower, karpet, pergola, standing flower, hand buket, rias dan busana, catering buffet 100 pax, food stall, konsumsi akad, entertainment, dokumentasi, pundi uang, buku tamu, LCD 40 inch,50 kursi + cover, round table, digital invitation, dekorasi photo booth

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga paket pernikahan garden party tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, paket pernikahan garden party Outdoor Middle Class yang dibanderol Rp35 juta tahun 2021, naik menjadi Rp40 juta tahun 2022.

Harga Paket Venue Pernikahan Garden Party Jakarta

Pernikahan Garden Party  (sumber: pinterest.com)
Pernikahan Garden Party (sumber: pinterest.com)
Lokasi Venue Harga Paket
Millennium Hotel Jakarta Rp87.900.000 (100 orang)
Wyl’s Kitchen Rp87.900.000 (100 orang)
The Imperium – Calathea Terrace On 8 Rp149.000.000 (600 orang)
Gedung Arsip Nasional Rp121.000.000
Beer Garden Rp130.000.000 (250 orang)
Rumah Sarwono Rp160.900.000 (500 orang)
Klub Kelapa Gading Rp165.900.000 (600 orang)
Sky Garden at OT Tower Rp303.750.000 (500 orang)

Harga sewa tempat pernikahan dengan konsep garden party di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah wedding organizer dan referensi lain. Jika dibandingkan tahun 2020, harganya ada yang berubah di tahun 2021 dan 2022.

Harga sewa venue Millennium Hotel Jakarta misalnya, dibanderol Rp65 jutaan tahun 2020, naik menjadi Rp87 jutaan tahun 2021 hingga 2022. Sebaliknya, harga sewa Rumah Sarwono Rp181 jutaan tahun 2020, turun menjadi Rp160 jutaan tahun 2021 hingga 2022. Perlu dicatat bahwa biaya tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

[Update: Almas]

[1] Handono dan Kuntjoro Santoso. 2013. Fasilitas Pernikahan Aquatic di Surabaya. Jurnal eDimensi Arsitektur Universitas Kristen Petra, Vol. 1(1): 1-5.

[2] Kristin, Desi Maya dan Yuliana Lisanti. 2014. Wedding Organizer Order Management. ComTech, Vol. 5(2): 839-850.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *