Update Biaya 6 Dimension Z LASIK untuk Kelainan Refraksi Mata

Kelainan refraksi adalah salah satu gangguan atau penyakit pada mata berupa penurunan tajam penglihatan, yaitu miopia (minus), hipermetropi (plus), dan astigmatisma (silinder). Nah, untuk membantu mengatasi masalah tersebut, salah satu metode yang dapat digunakan adalah 6 Dimension Z LASIK (Laser-Assisted in situ Keratomileusis) dengan biaya yang memang bisa dikatakan cukup mahal. 

Menurut Dr. Setiyo Budi Riyanto, Sp.M (K), Head of Cataract & Refractive Surgery, Ophthalmologist, dan Director di JEC Kedoya, kelainan refraksi merupakan salah satu gangguan penglihatan yang sering dikeluhkan oleh banyak orang ke dokter mata. Kelainan tersebut dapat menghambat aktivitas karena penglihatan yang tidak fokus dan kurang jelas. Penggunaan alat bantu berupa kacamata atau lensa kontak dirasa tidak membantu karena dianggap kurang dapat memberikan kebebasan pada seseorang ketika beraktivitas.

Bacaan Lainnya
Ilustrasi: Operasi LASIK Mata (credit: diamondvision)
Ilustrasi: Operasi LASIK Mata (credit: diamondvision)

Nah, seiring kemajuan zaman, muncul berbagai metode yang dikatakan bisa membantu untuk mengatasi gangguan refraksi, salah satunya LASIK (Laser-Assisted in situ Keratomileusis). Ini adalah prosedur operasi rawat jalan, yang dilakukan untuk mengobati rabun jauh, rabun dekat, dan astigmatisme.

Baca juga  Update Harga Bulu Mata Magnet dan Cara Pasangnya

Saat melakukan metode LASIK, dokter spesialis mata akan menggunakan laser untuk membentuk ulang kornea dan memperbaiki fokus cahaya yang masuk ke mata menuju retina, sehingga menghasilkan penglihatan yang lebih baik. Dengan operasi ini, diharapkan dapat mengurangi ketergantungan orang pada penggunaan kacamata atau lensa kontak.

LASIK menggunakan sinar laser ultraviolet untuk menghilangkan jaringan kornea mata dan membentuk yang baru sehingga cahaya bisa fokus dengan jelas pada retina. Namun, operasi LASIK bisa menyebabkan kornea mata menjadi tipis. Operasi LASIK sendiri hanya membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 15 menit, dengan bius yang digunakan hanyalah sejenis tetes mata yang membuat permukaan mata menjadi mati rasa.

Dalam kegunaannya untuk mengatasi gangguan mata, metode LASIK terdiri dari beberapa jenis, salah satunya adalah teknologi 6 Dimension Z LASIK. Ini adalah metode yang menggabungkan kecepatan ablasi kornea yang sangat tinggi dengan sistem pelacak turbo aktif dalam 6 dimensi gerakan mata. Itu berarti bila mata pasien bergerak tak beraturan sekalipun, sinar laser bekerja di tempat yang tepat. Hadir dengan kecepatan 750 Hz, teknologi ini dikatakan sangat unggul menghilangkan minus, plus, maupun silinder.

Baca juga  Pendaftaran dan Biaya UNISSULA (Universitas Sultan Agung) TA 2022/2023

Lalu, berapa biaya yang dibutuhkan untuk melakukan metode ini? Dikutip dari berbagai sumber, biaya untuk melakukan 6 Dimension Z LASIK memang tidak bisa dikatakan murah. Pada tahun 2019 lalu, biaya operasi untuk dua mata dikatakan bisa menyentuh angka Rp21 juta hingga Rp25 jutaan, sedangkan pemeriksaan komprehensif prosedur LASIK membutuhkan biaya di kisaran Rp3 jutaan. Namun, ada juga yang mematok biaya 6 Dimension Z LASIK di kisaran Rp19,5 jutaan untuk dua mata. Sementara, biaya Z LASIK untuk 1 mata saja mulai Rp11 jutaan.

Kemudian, pada tahun 2020, biaya operasi tersebut masih tidak murah. Di RS Bhayangkara Polda DIY misalnya, dikenakan biaya mulai Rp10,5 jutaan. Sementara, RS Mata JEC dan Eye Clinic mematok harga mulai Rp11 jutaan, sedangkan biaya di Bangkok Hospital Pattaya mencapai angka Rp33,98 jutaan. Lalu, berapa biaya Z LASIK saat ini?

Biaya 6 Dimension Z LASIK Mata - www.dokter.id
Biaya 6 Dimension Z LASIK Mata – www.dokter.id

Biaya Z LASIK

Nama Rumah Sakit/ Mata Biaya Z LASIK
SILC LASIK Center 1 mata : Rp13.500.000
2 mata : Rp25.000.000
Mata Ciputra SMG Rp14.000.000 – Rp19.000.000
JEC Menteng 1 mata : Rp14.500.000
2 mata : Rp26.000.000
JEC Kedoya 7D Z LASIK : Rp36.000.000
7D Z LASIK Xtra : Rp40.000.000
Eye Clinic Mulai Rp11.000.000
KMN Eye Care Kebon Jeruk Mulai Rp14.000.000
Baca juga  Harga Tiket Masuk Pantai Pandawa, Bali

Metode 7 Dimension Z Lasik merupakan metode yang paling baru, dengan kecepatan 105 0Hz yang dikombinasikan dengan Ziemer Crystalline 5000 KHz, dan hanya membutuhkan proses 1,3 detik per dioptri. Jika dibandingkan dengan LASIK menggunakan pisau bedah atau microkeratome, biaya yang dibutuhkan untuk metode ini memang jauh lebih mahal, mencapai angka Rp40 jutaan.

[Update: Panca]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.