Pilihan Kuliah D1 di Malang dan Biayanya

Sebagai salah satu kota pendidikan, Malang memang memiliki banyak kampus untuk mereka yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Selain program Sarjana atau S1 dan Magister atau S2, beberapa institusi juga menyelenggarakan jenjang pendidikan Diploma 1 atau D1 atau setingkatnya. Hanya berdurasi dua semester atau satu tahun, biaya kuliah D1 tentu saja akan lebih terjangkau dibandingkan S1 yang setidaknya memerlukan waktu empat tahun.

Wearnes Education Center - (@Ibnu Fajar Muhammad)
Wearnes Education Center – (@Ibnu Fajar Muhammad)

Gantungkan cita-citamu setinggi langit dan gapailah, demikian sebuah jargon yang kerap ditemui, termasuk di era media sosial seperti sekarang ini. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut, salah satunya menempuh pendidikan setinggi-tingginya. Pasalnya, dengan pendidikan yang tinggi, serta sertifikat yang ditawarkan, seseorang akan lebih mudah dalam mencapai status sosial dan pendapatan yang lebih baik.[1]

Bacaan Lainnya

Nah, bagi lulusan SMA, SMK, MA, atau yang sederajat, memang disarankan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Meski demikian, memang tidak semua tertarik meneruskan pendidikan ke universitas atau institut. Pasalnya, ada sejumlah faktor yang memengaruhi minat masuk ke perguruan tinggi, seperti motivasi dan cita-cita, kemauan, ketertarikan, lingkungan, teman, saudara, dan kondisi sekolah.[2]

Karena itu, untuk menarik minat siswa lulusan SMA, berbagai jenjang pendidikan ditawarkan perguruan tinggi. Program Sarjana tetap menjadi favorit dan karenanya umum ditemukan di banyak institusi pendidikan tinggi. Sementara itu, untuk memfasilitasi mereka yang ingin kuliah dengan durasi lebih cepat dan biaya yang lebih terjangkau, juga tersedia program D1.

Apa Itu Kuliah D1?

Program pendidikan D1, dikutip dari berbagai sumber, adalah jenjang studi yang memiliki masa belajar satu tahun dengan mengedepankan suatu keterampilan yang siap kerja. Jika memang calon mahasiswa atau lulusan SMA sudah siap untuk bekerja, maka program D1 ini merupakan pilihan yang tepat karena cepat lulusnya.

Selama dua semester, mahasiswa biasanya akan mendapatkan beban mata kuliah sebanyak 32 SKS (Satuan Kredit Semester). Mata kuliah yang diperoleh bervariasi, tergantung program studi yang ditempuh, biasanya perhotelan, manajemen, dan teknologi informatika. Setelah lulus, mereka akan mendapatkan gelar Ahli Pratama atau biasa disingkat A.P.

Selain lulus dengan durasi waktu lebih cepat, yang membedakan program Vokasi (demikian nama lain jenjang Diploma) dengan S1 adalah lebih fokus pada praktik dibandingkan teori. Setidaknya, mahasiswa akan mendapatkan 60 persen praktik dan 40 persen teori, sehingga akan membuat mereka lebih berpengalaman ketika turun kerja dan akhirnya siap untuk bekerja.

Pilihan Kuliah D1 di Malang

Di Kota Malang, ada beberapa institusi pendidikan yang menyelenggarakan program D1. Untuk mereka yang berminat dalam bidang perhotelan, mungkin Malang Hotel School bisa menjadi rekomendasi yang menarik. Berlokasi di dekat kawasan Tlogomas, institusi ini mengklaim diri sebagai lembaga pendidikan perhotelan terbaik di Malang dan langsung menyerap mahasiswa ke tempat kerja.

Sementara itu, bagi mereka yang tertarik terjun di bidang ilmu komunikasi, STISOSPOL Waskita Dharma memiliki program studi D1 Program Pendidikan Akademi Kerja Ilmu Komunikasi. Lulusan program ini dikatakan memiliki peluang untuk bekerja sebagai pengelola media komersial dan komunitas, manajer produksi dan komunikasi pemasaran media, komunikasi negosiasi dan pemasaran, atau retorika dan presentasi.

Universitas Malang, yang terkenal dengan program studi pendidikan, juga punya program studi setara D1. Bernama Pendidikan Keterampilan Otomotif, Bisnis, Industri dan Teknologi Informasi (PROBIS), ini adalah pelatihan non-gelar setara D1 dan D2 yang dikelola oleh dosen-dosen Universitas Negeri Malang. Sistem pendidikan dirancang menggunakan sistem SKS, dengan lebih dari 40 SKS dalam satu tahun. Ada beberapa jurusan yang dapat dipilih, yakni Teknik Informatika, Computer E-Commerce and Business, Komputer Akuntansi, Desain dan Multimedia, serta Sekretaris, Public Relation dan Digital Marketing.

Seperti disinggung di atas, karena rata-rata hanya menempuh pendidikan selama satu tahun, maka biaya studi program D1 akan lebih terjangkau dibandingkan S1 yang rata-rata memakan waktu empat tahun. Tergantung kebijakan kampus, biasanya biayanya terdiri dari uang pendaftaran atau registrasi dan uang kuliah. Berikut kami sajikan informasi kisaran biaya kuliah D1 atau sederajat di beberapa kampus di Malang.

Malang Hotel School - (@Ilham Maulana)
Malang Hotel School – (@Ilham Maulana)

Biaya Kuliah D1 di Malang

Nama KampusBiaya D1
STISOSPOL Waskita Dharma MalangDKMB : Rp200.000
Biaya Studi : Rp1.500.000
Malang Hotel SchoolRp3.500.000
Teknik Multimedia Internasional MalangTeknik : Rp2.250,000
Teknik Arsitektur : Rp2.250.000
Manajemen Bisnis : Rp2.250.000
Manajemen Kantor : Rp2.950.000
Manajemen Keuangan : Rp2.950.000
Sekretaris & PR : Rp2.950.000
Teknik Informatika : Rp4.750.000
Komputer Bisnis : Rp4.750.000
Manajemen Komunikasi : Rp4.950.000
Desain Grafis Animasi : Rp4.950.000
Multimedia Broadcasting : Rp5.950.000
Kelas Internasional : Rp19.500.000
PROBIS UM MalangPendaftaran : Rp250.000
Biaya Kuliah : Rp3.250.000 – Rp3.500.000
Wearnes Education Center MalangKomputer Aplikasi Bisnis Administrasi Perkantoran & Ekspor-Impor : Rp9.450.000
Teknik Informatika Android & Game Developer : Rp8.450.000
Komputer Aplikasi Secretary Management & Public Relation : Rp10.200.000
Desain Grafis Sinematografi & Game Character : Rp10.700.000
Komputer Aplikasi Ekonomi Bisnis dan Perpajakan : Rp12.000.000
Social Media E-commerce & Digital Business Administration : Rp9.450.000

Daftar biaya kuliah di atas kami rangkum langsung dari situs dan media sosial resmi masing-masing kampus yang bersangkutan. Perlu Anda ketahui bahwa tarif tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa menghubungi nomor kontak institusi yang bersangkutan.

[1] Hirsh, R. 1976. Social Limits to Growth. Cambridge: Harvard University Press.

[2] Suprapto, A. 2007. Minat Masuk Perguruan Tinggi bagi Siswa Kelas III Program Keahlian Teknik Instalasi Listrik pada SMK di Purworejo (Skripsi). Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *