Pilihan dan Biaya Kuliah D1 di Jakarta

Bagi mereka yang enggan kuliah lama-lama di perguruan tinggi, program Diploma 1 atau D1 bisa menjadi pilihan yang menarik. Seperti namanya, ini adalah jenjang pendidikan berdurasi 1 tahun atau 2 semester, yang biasanya ditujukan untuk menciptakan lulusan yang siap kerja. Ada banyak kampus yang menyelenggarakan program studi ini, termasuk di Jakarta, dengan biaya yang tentunya akan lebih hemat apabila dibandingkan kuliah jenjang S1 atau Sarjana.

Pilihan Program Kuliah D1 - (www.stkate.edu)
Pilihan Program Kuliah D1 – (www.stkate.edu)

Selain membekali mahasiswa secara keilmuan, perguruan tinggi juga dapat dijadikan tempat untuk mempersiapkan dunia kerja setelah lulus. Karena itu, tidak heran jika kemudian banyak kampus yang sekarang tidak lagi mementingkan proses dalam perkuliahan. Sekarang banyak perguruan tinggi, terutama swasta, yang terletak di ruko-ruko dan berubah menjadi tempat pelatihan, sehingga tidak memerlukan suatu kampus dengan fasilitas seperti perpustakaan, laboratorium, dan sarana pendidikan lainnya.[1]

Bacaan Lainnya

Untuk lebih mempersiapkan mahasiswa agar cepat lulus dan mendapatkan pekerjaan, tidak sedikit yang menggelar jenjang D1. Ini adalah program studi berdurasi satu tahun, yang biasanya mengedepankan suatu keterampilan yang siap kerja. Jika memang calon mahasiswa atau lulusan SMA sudah siap untuk bekerja, maka program D1 ini merupakan pilihan yang tepat karena cepat lulusnya.

Meski tidak terkenal sebagai pusat pendidikan, sebagai kota terbesar di , Jakarta juga memiliki banyak kampus yang menyelenggarakan jenjang studi D1. Biasanya, jurusan yang ditawarkan tidak jauh-jauh dari sektor jasa, seperti pariwisata dan logistik, serta informasi. Lalu, apa saja pilihan kuliah D1 di Jakarta dan berapa biayanya?

Pilihan Kuliah D1 di Jakarta

Sudah ada sejumlah perguruan tinggi di Jakarta yang menyelenggarakan jenjang D1. Untuk mereka yang ingin kuliah tanpa mengeluarkan biaya, bisa mendaftar ke Politeknik APP Jakarta. Berlokasi di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, ini adalah kampus yang berada di bawah pengelolaan Kementerian Perindustrian. Untuk jenjang D1, dibuka program Logistik yang terselenggara atas kerja sama dengan Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (ASPERINDO).

Sementara itu, untuk mereka yang ingin berkarier di bidang perhotelan, mungkin Politeknik Sahid bisa menjadi bahan pertimbangan. Dulunya bernama Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Sahid, perguruan tinggi ini menyelenggarakan jenjang D1 Perhotelan yang mempelajari mulai administrasi hotel, tata boga atau food product, tata hidang, pastry culinary arts, room division, hingga psikologi pelayanan.

Pilihan kuliah perhotelan lainnya di Jakarta adalah ASA Indonesia University, atau biasa disingkat ASAINDO. Dilansir dari situs resminya, untuk jenjang D1, kampus ini menyelenggarakan program studi D1 Hotel Operation dan D1 Asisten Chef. Dengan waktu kuliah lebih singkat, diharapkan bisa menciptakan lulusan siap kerja di bidang pariwisata, dengan kompetensi di bidang perhotelan.

Lalu, jika ingin mendalami bidang komputer, bisa mendaftar di D1 Teknik Komputer dan Jaringan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Dilansir dari situs resminya, program D1 Teknik Komputer dan Jaringan PNJ dikatakan sebagai salah satu jawaban atas tingginya kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi informasi di Indonesia. Seperti program studi lainnya, biaya kuliah di jurusan ini juga menerapkan sistem UKT alias Uang Kuliah Tunggal.

Kampus ASA Indonesia University (ASAINDO) - (@Salman P)
Kampus ASA Indonesia University (ASAINDO) – (@Salman P)

Biaya Kuliah D1 di Jakarta

Nama Kampus Biaya
Politeknik APP Jakarta (nomor kontak 021 – 7867382) Pendaftaran : Rp150.000
SPP : Gratis
Biaya Sidang Tugas Akhir : Gratis
Biaya Wisuda : Gratis
Politeknik Sahid Roxy (nomor kontak 0856 9166 5384) Pendaftaran : Rp350.000
Semester 1 : Rp13.075.000
Semester 2 : Rp6.925.000
ASA Indonesia University (ASAINDO) (nomor kontak 021 – 8629472) Pendaftaran : Rp200.000
D1 Hotel Operation : Rp9.000.000 per semester
D1 Assistant Chef : Rp10.500.000 per semester
Politeknik Negeri Jakarta (nomor kontak 021 – 7270036) UKT 5 : Rp5.900.000 per semester
UKT 6 : Rp6.700.000 per semester
UKT 7 : Rp7.600.000 per semester
UKT 8 : Rp8.500.000 per semester

Daftar biaya kuliah D1 di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs resmi masing-masing lembaga pendidikan. Perlu Anda catat bahwa tarif tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, Anda bisa meluncur ke lokasi kampus yang bersangkutan atau menghubungi nomor kontak yang terdaftar.

Sebagai informasi tambahan, bagi calon mahasiswa yang masih bingung dalam menentukan jurusan kuliah, sebaiknya memahami terlebih dahulu seperti apa karakter yang dibutuhkan atau yang akan dilatih oleh masing-masing bidang keilmuan yang ada agar dapat menyesuaikan diri ketika menjalani proses perkuliahan.[2] Karakter-karakter ini yang akan menjadi bekal ketika sudah memasuki dunia kerja nanti.

[1] Tilaar, H. A. R. 2009. Kekuasaan dan Pendidikan Manajemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaan. Jakarta: Rineka Cipta.

[2] Priambodo, Ronggo. 2021. Profil Jurusan Kuliah di : Seri Ilmu-Ilmu Dasar. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *