Kisaran Biaya Masuk MTsN 1 Malang

No comment 1773 views

Nama MTsN 1 di Kota Malang dikenal sebagai salah satu unggulan. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya siswa berprestasi dalam berbagai bidang. Menengah Pertama tersebut berlokasi di Jalan Bandung No.7 Malang. Di sekitar tersebut, berjajar lainnya yang masih satu lingkup dengan MTSN 1, yaitu MIN 1 Malang, MAN 3 Malang, dan TK.

kisaran, biaya, masuk, Mtsn 1 Malang, Kota, SPP, kelas, reguler, Rp 400 ribuan, Rp 8 juta, bilingual, olimpiade, akselerasi, siswa, berprestasi, jalur, reguler, terpadu, unggulan, tahun, 2018, sistem, online, pendaftaran

MTSN 1 Malang
(https://ipananinuneno.blogspot.com)

Untuk tahun lalu, pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MTsN 1 Malang dilaksanakan lebih awal. Bahkan pengumuman sudah keluar sebelum Ujian sekolah (US) SD sederajat.

Pihak sekolah sengaja membuka pendaftaran lebih awal agar siswa bisa fokus belajar dan melaksanakan UTS. Pihak MTsN juga memiliki tes dan seleksi tersendiri untuk menyaring sisiwa. Sehingga, mereka tidak berpatok terhadap nilai ujian sekolah.

Ada dua jalur PPDB di MTsN 1 Malang, yaitu jalur prestasi yang terdiri dari jalur unggulan dan terpadu, serta jalur reguler.  Jalur unggulan terbuka untuk siswa berprestasi. Siswa yang memiliki sertifikat juara 1 atau peringkat 2 dan peringkat 3 pada ajang nasional dan internasional, hafalan Al Quran 5 juz atau lebih, dan ranking terbaik di sekolahnya sesuai jumlah rombongan belajar (rombel) bisa mendaftar melalu jalur ini.

Penerimaan jalur prestasi sama seperti yang dilakukan pihak sekolah pada tahun-tahun sebelumnya. MTsN 1 Kota Malang memang dikenal sebagai sekolah favorit tujuan siswa-siswi MI/SD berprestasi di wilayah Malang Raya dan sekitarnya.

Hal ini tak lepas dari sistem penyaringan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang diterapkan oleh MTsN 1 Kota Malang, untuk mengembangkan kompetensi diri siswa dan lembaga pendidikan Islami yang unggul dalam IMTAQ dan IPTEK.

kisaran, biaya, masuk, Mtsn 1 Malang, Kota, SPP, kelas, reguler, Rp 400 ribuan, Rp 8 juta, bilingual, olimpiade, akselerasi, siswa, berprestasi, jalur, reguler, terpadu, unggulan, tahun, 2018, sistem, online, pendaftaran

Para siswa berprestasi dari MTSN 1 Malang (www.baiturrahman.blogspot.com)

Beberapa khusus PPDB MTsN 1 Kota Malang jalur unggulan, dibagi menjadi 4 kategori berdasarkan prestasi yang diraih siswa, di antaranya:

  • Peringkat kelas paralel
  • Pemenang lomba bidang olahraga dan seni tingkat nasional atau finalis tingkat internasional yang dibuktikan dengan sertifikat/piagam
  • Pemenang lomba bidang studi tingkat nasional atau finalis tingkat internasional yang dibuktikan dengan sertifikat/piagam
  • Hafal Al-Quran minimal 5 juz disertai sertifikat hafalan.

Lalu, ada jalur terpadu yang hanya terbuka untuk siswa berprestasi di MIN 1 Kota Malang dengan :

  • Memiliki nilai minimal 8 untuk mata pelajaran Matematika, IPA, dan Inggris mulai kelas 4 hingga kelas 6 1, dengan catatan nilai yang digunakan bukan hasil nilai remidi
  • Calon siswa akan menjalani tes yang bersamaan dengan pendaftar jalur unggulan.

Sedangkan jalur reguler terbuka bebas untuk siswa SD/MI sederajat dengan tes psikologi, dan tes . Tes ini meliputi Bahasa , Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA. Test untuk jalur reguler akan dilaksanakan usai pengumuman dan daftar ulang jalur unggulan dan terpadu. Bagi siswa yang tidak lolos jalur unggulan dan terpadu, masih diperkenankan mengikuti jalur reguler ini.

Persyaratan jalur reguler hampir sama dengan persyaratan umum jalur unggulan dan terpadu, di antaranya:

  • Maksimal berusia 14 tahun sesuai dengan ketentuan
  • Menyertakan Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) dari MI/SD asal
  • Pas foto ukuran 3×4 hitam putih 4 lembar
  • Fotokopi rapor kelas 5 hingga kelas 6 semester 1 terlegalisir 2 lembar
  • Fotokopi akte kelahiran 2 lembar
  • Melampirkan surat pernyataan keabsahan data dan dokumen pendaftaran

Kuota untuk setiap jalur, baik jalur prestasi (unggulan dan terpadu), serta jalur reguler, berjumlah sekitar 160 siswa. Sehingga, total siswa yang diterima adalah 320 orang.

kisaran, biaya, masuk, Mtsn 1 Malang, Kota, SPP, kelas, reguler, Rp 400 ribuan, Rp 8 juta, bilingual, olimpiade, akselerasi, siswa, berprestasi, jalur, reguler, terpadu, unggulan, tahun, 2018, sistem, online, pendaftaran

Siswi MTSN 1 Malang (youtube: Indonesia Led)

Sedangkan pada tahun ini, MTsN 1 Malang membuka penerimaan peserta didik baru (PPDB) dengan menggunakan sistem online. Dengan menerapkan sistem online, terbukti akan memberikan kemudahan khususnya dalam mendapatkan kuota pendaftaran. Oleh sebab itu, wali hanya perlu mendaftarkan anaknya via online saja, tidak perlu datang langsung ke sekolah.

Selain dianggap lebih mudah, untuk wali murid yang berasal dari luar Kota Malang tidak perlu khawatir akan kehabisan kuota pendaftaran, mengingat peminat di MTsN 1 terbilang cukup banyak.

Menurut Kepala MTsN 1 Malang, Drs. Syamsudin Mpd mengatakan bahwa PPDB sistem online tidak hanya memudahkan calon wali murid untuk mendapatkan kuota pendaftaran, tetapi sekolah juga mendapatkan entry data yang valid. Setelah pendaftaran dibuka, wali murid diharuskan mencetak formulir online untuk diserahkan kepada panitia PPDB. Selanjutnya pendaftar/orang tua melakukan tahap verifikasi berkas jalur unggulan dan terpadu sesuai jadwal, yaitu:

Jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru MTsN 1 Malang

Baca juga  Update Info Lengkap Syarat, Cara, & Biaya Mengikuti Program A Level
Keterangan Tanggal
Verifikasi berkas jalur unggulan terpadu 26 Februari-2 Maret 2018
Verifikasi berkas jalur reguler 26 Februari-2 April 2018

Setelah itu, pendaftar akan mendapatkan nomor peserta. Kemudian, nomor tersebut harus dicetak, dan dapat digunakan untuk menempuh test psikologi dan test akademik calon siswa.

Dibandingkan dengan sistem online tahun lalu, terdapat dua kode berbeda. Untuk tahun ini, pihak sekolah berupaya memperbaiki dan dipastikan sekali online sudah bisa dijalankan. Tetapi, jika masih ragu-ragu, wali murid bisa melakukan verifikasi langsung ke sekolah, karena telah disiapkan sebanyak 10 untuk pelayanan verifikasi.

PPDB MTsN 1 Malang dibuka melalui tiga jalur yakni jalur terpadu, jalur unggulan, dan jalur regular. Kuota yang disiapkan tahun ini meliputi 20% jalur terpadu, 30% jalur unggulan, dan 50% jalur regular dengan total 330 calon siswa yang akan diterima.

kisaran, biaya, masuk, Mtsn 1 Malang, Kota, SPP, kelas, reguler, Rp 400 ribuan, Rp 8 juta, bilingual, olimpiade, akselerasi, siswa, berprestasi, jalur, reguler, terpadu, unggulan, tahun, 2018, sistem, online, pendaftaran

Pelatihan motivasi MTSN 1 Malang (youtube: Indonesia Led)

Sementara itu, dalam menunjang pembelajaran siswa, sekolah telah menambah lab komputer dan lab broadcasting. Guna menyaring calon siswa yang berkualitas dan kompetitif, maka sekolah juga melakukan seleksi ketat seperti sistem yang berjalan sebelumnya.

Sesuai dengan minat dan kemampuan, siswa akan dibagi empat kelompok yakni 24 siswa kelas aksel, 30 siswa kelas olimpiade dan bilingual, sementara sisanya akan tergabung ke dalam kelas reguler.

Pihak sekolah telah melakukan sosialisasi kepada calon wali murid bahwa pola pembinaan dan bukti prestasi sekolah harus memotivasi siswa agar kompetitif. Untuk proses seleksi siswa berada di kelas mana, itu tergantung minat dan kemampuan siswa, seluruh kelas tidak ada perbedaan khususnya dari segi pembelajaran.

Mengenai biaya masuk, Kepala MTsN 1 Malang mengatakan belum bisa menjawab, karena penentuan nominal akan disesuaikan setelah pertemuan calon wali peserta didik dengan pihak sekolah dalam forum komite.

Sebagai gambaran, kisaran biaya masuk Mtsn 1 Malang sebesar Rp 8 juta. SPP untuk kelas reguler sekitar Rp 400 ribuan. Tetapi, biaya SPP tersebut bisa berbeda-beda, misalnya untuk kelas bilingual, olimpiade, ataupun akselerasi. Besaran biaya tersebut tidak bisa dijadikan patokan, hanya sebagai sebuah perkiraan saja. Besaran biaya juga bisa berubah sesuai dengan perundingan pihak orang tua dengan sekolah.

loading...

Leave a reply "Kisaran Biaya Masuk MTsN 1 Malang"