Info Jadwal dan Biaya Pendaftaran S2 Universitas Indonesia (UI) TA 2021/2022

Siapa sih yang tak kenal dengan UI? Universitas Indonesia adalah salah satu kampus ternama yang memiliki jenjang pendidikan mulai dari D3, S1, S2, hingga S3. Bagi Anda yang sudah selesai jenjang sarjana atau S1 dan ingin melanjutkan kuliah ke jenjang S2 atau magister di UI, Anda perlu membayar biaya pendidikan sesuai dengan jurusannya.

Almamater Universitas Indonesia (sumber: idntimes.com)

Almamater Universitas Indonesia (sumber: idntimes.com)

Profil Universitas Indonesia

Universitas Indonesia atau UI adalah sebuah perguruan tinggi bergengsi di Indonesia yang telah didirikan sejak tahun 1849 silam. UI memiliki 2 kampus yang berlokasi di Depok dan Salemba. Saat ini, UI dianggap menjadi salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia bersama Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

UI secara resmi memulai kegiatannya pada 2 Februari 1950 dengan presiden (saat ini disebut rektor) pertamanya Ir. R.M. Pandji Soerachman Tjokroadisoerjo. Kantor Presiden Universiteit Indonesia mula-mula berkedudukan di Jakarta, tepatnya di gedung Fakultas Kedokteran di Jl. Salemba Raya No. 6, kemudian dipindahkan ke salah satu bangunan bekas pabrik madat di Jl. Salemba Raya No. 4, Jakarta. Tanggal 2 Februari 1950, kemudian dijadikan hari kelahiran Universitas Indonesia.[1]

Baca juga  Biaya Kuliah di Universitas Pamulang TA 2021/2022 (Jenjang D3, S1 dan S2)

Ada banyak program studi yang ditawarkan di UI. Dilansir dari Wikipedia, hingga kini UI memiliki 14 fakultas, 2 sekolah pascasarjana, dan 1 program vokasi yang menjalani seluruh kegiatan pengajaran, pendidikan, dan penelitian. Setiap fakultas dan sekolah memiliki departemen, pusat penelitian, dan pusat ventura. Setiap fakultas/sekolah/program dipimpin oleh satu dekan dan dibantu oleh dua wakil dekan.

Tahun ini UI juga membuka penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang magister melalui seleksi ujian tertulis yang pendaftarannya dibuka sejak bulan Februari . Berikut rincian lengkap syarat, biaya, dan jadwal pendaftaran S2 UI.

Syarat & Biaya Pendaftaran S2 Universitas Indonesia

  • Pendaftar membuat account di penerimaan.ui.ac.id.
  • Setelah login, pendaftar dapat mengisi formulir pendaftaran secara online di alamat penerimaan.ui.ac.id dan mendapatkan nomor registrasi.
  • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp1.200.000 yang dapat dibayarkan melalui ATM BNI, Bank Niaga, Bank Bukopin dan Bank Mandiri serta Teller BNI dan BTN dengan menunjukkan Nomor Registrasi. Biaya pendaftaran hanya dapat dibayarkan setelah Anda meng-upload dokumen pendaftaran dan telah klik verifikasi pendaftaran. Biaya pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.
  • Setelah membayar biaya pendaftaran, pendaftar meng-upload file foto berwarna terbaru di alamat penerimaan.ui.ac.id. Pendaftar yang mengalami kesulitan untuk meng-upload foto dapat datang langsung ke Gedung Pelayanan Mahasiswa Terpadu Kampus UI Depok untuk difoto. Setelah itu, pendaftar akan mendapatkan nomor ujian dan peserta ujian yang dapat dicetak berwarna secara mandiri untuk digunakan pada waktu pelaksanaan ujian saringan.
  • Mengikuti ujian saringan tahap pertama TPA (skor: 550) dan Bahasa Inggris (skor: 500) sesuai jadwal dan materi yang telah ditetapkan dengan membawa kartu peserta ujian yang telah dicetak secara online dan identitas diri yang digunakan ketika melaksanakan pendaftaran secara online. Jika lulus ujian saringan tahap pertama, akan mengikuti tahap ujian selanjutnya yaitu ujian wawancara dengan program studi.
  • Dokumen pendaftaran terdiri dari salinan ijazah yang telah dilegalisir, salinan transkrip nilai yang telah dilegalisir. Bagi lulusan , mengunggah surat penyetaraan ijazah dari Dikti.
  • Pengumuman kelulusan ujian tahap 1 dan 2 dapat dilihat di penerimaan.ui.ac.id dengan memasukkan Nomor Ujian.
Baca juga  Update Biaya Kuliah S2 UNDIP (Universitas Diponegoro)

Sayangnya, belum ada informasi resmi terkait biaya kuliah tingkat S2 di UI untuk tahun ajaran 2021/2022. Sebagai referensi, Anda bisa melihat tarif kuliah S2 UI pada TA 2020/2021 sebagai berikut.

Ilustrasi: mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Indonesia (sumber: feb.ui.ac.id)

Ilustrasi: mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Indonesia (sumber: feb.ui.ac.id)

Biaya Kuliah S2 UI

Jadwal Pendaftaran S2 Universitas Indonesia TA 2021/2022

biaya, kuliah, maksi, ui, magister, akuntansi, profesi, pendidikan, akuntan, universitas, indonesia, 2018, simak, gel, 1, 2, operasional, dana, pengembangan, studi, pendidikan, program, jadwal, pendaftaran, ppak

Area kampus Universitas Indonesia (instagram: @daneenegh)

KeteranganJadwal
Periode Pendaftaran Online8 Februari - 8 Maret 2021
Pendaftaran8 Februari - 8 Maret 2021
Upload Dokumen8 Februari - 8 Maret 2021
Cetak Kartu Ujian8 Maret 2021
Ujian Masuk21 Maret 2021
Ujian WawancaraAkan diinformasikan setelah lulus ujian TPA & Bahasa Inggris
Pengumuman23 April 2021

Keterangan:

  • Daftar program studi yang dibuka untuk Jenjang Pascasarjana (S2, S3, Profesi, Spesialis) dapat berubah setiap periode, oleh karena itu daftar program studi yang dibuka hanya dapat dilihat di website Penerimaan UI (penerimaan.ui.ac.id) pada masa pendaftaran.
Baca juga  Info Terbaru Biaya Kuliah di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) 2021/2022

Apabila Anda ingin mengetahui informasi lebih jelas dan lengkap seputar penerimaan mahasiswa baru jenjang S2 atau magister di UI, Anda dapat langsung mengunjungi situs resminya atau menghubungi

Universitas Indonesia

Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru UI

Gedung PMB UI (ex. BNI) Samping Balai Sidang UI

Kampus UI Depok, 16424

Telp: (021) 78849129, 7864126, 78849104

Email: [email protected]

[Update: Almas]

[1] Rahmawan, Putra A. 2015. 100% Persen Pasti Lulus SIMAK UI 2015: Sebuah Buku yang akan Membantumu Masuk dan Kuliah di Universitas Negeri, Lulus Penyaringan dan Tes Masuk dengan Mudah (Ed. Rifky F). Jakarta: Langit Indonesia.

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Jadwal dan Biaya Pendaftaran S2 Universitas Indonesia (UI) TA 2021/2022"