Keunggulan dan Update Harga Jaket Bulu Angsa

Salah satu jaket yang terbilang cukup populer di kalangan pendaki gunung dan orang yang suka traveling ke luar negeri adalah jaket angsa. Jaket ini umumnya digunakan di daerah yang dan bersalju. Anda bisa membeli jaket bulu angsa di pakaian terdekat atau situs jual beli online dengan harga mulai ratusan ribu rupiah.

Jaket bulu angsa (sumber: giorgio-mario.com)
Jaket bulu angsa (sumber: giorgio-mario.com)

Keunggulan Jaket Bulu Angsa

Jaket bulu angsa sebenarnya termasuk dalam perlengkapan pendakian, apalagi jika Anda mendaki gunung yang cukup tinggi dengan puncak yang bersalju atau berkabut tebal. Berbeda dengan jaket pada umumnya, jaket bulu angsa yang bagus biasanya terdiri dari dua lapis parasut dengan isi bulu angsa di tengahnya.[1]

Bacaan Lainnya

Kain parasut dan bulu angsa menjadi kombinasi yang tepat untuk menghalau hawa yang sangat dingin. Hal ini yang membuat jaket bulu angsa digemari para pendaki. Tak hanya itu, beberapa jenis jaket bulu angsa bahkan memiliki tiga lapisan parasut. Kain parasut diklaim tidak memiliki banyak pori-pori dan cenderung solid. Hal ini yang membuat hawa panas tubuh terperangkap di dalam jaket dan membuat penggunanya merasa hangat.

Beberapa orang juga kerap memakai jaket bulu angsa saat hendak bepergian ke luar negeri, khususnya negara yang bersalju saat musim dingin. Selain bisa menghalau hawa dingin, jaket bulu angsa diklaim tahan salju. Seperti yang kita ketahui, salju adalah air yang membeku dengan tekstur yang halus dan lembut. Meskipun begitu, jika pakaian atau kain terkena salju selama berjam-jam maka bisa rusak.

Kain parasut yang cenderung elastis dan bersifat panas, terbilang fleksibel dengan salju. Salju atau es yang mengenai permukaan jaket tidak akan terserap hingga ke dalam kain. Inilah alasan jaket menjadi lebih awet dan anti jamur meskipun sering dipakai di luar yang bersalju.

Sifat kain parasut juga anti air atau waterproof. Ini untuk melindungi isi jaket, yakni bulu angsa supaya tidak kusut dan berjamur. Tak hanya itu, dengan sifatnya yang waterproof, Anda tidak perlu khawatir jika Anda harus mengenakan jaket saat musim hujan atau kabut. Beberapa orang bahkan menjadikannya sebagai pengganti jas hujan saat gerimis atau hujan salju.

Kelebihan jaket bulu angsa lainnya adalah cara membersihkan yang mudah. Anda tidak perlu mencucinya secara rutin. Jika Anda memakainya hanya sekali dalam sebulan, maka Anda cukup mengelapnya dengan kanebo dan menggantungnya di lemari. Hindari menyimpan jaket bulu angsa dalam tas plastik atau tas kanvas karena bisa membuat lipatan jaket menjadi kusut.

Meski demikian, disarankan Anda memiliki tempat khusus untuk menyimpan jaket bulu angsa. Pasalnya, walaupun termasuk anti jamur dan , bukan berarti jaket bulu angsa anti debu dan kotoran, sehingga Anda bisa lemari gantung dengan hawa ruang yang sejuk untuk menyimpannya.

Tersedia dalam berbagai merk dagang, corak, ukuran, dan varian warna, Anda bisa membeli jaket bulu angsa di toko pakaian atau pusat perbelanjaan terdekat. Namun, jika Anda masih belum menemukan jaket bulu angsa yang tepat, Anda bisa membelinya secara online di situs e-commerce. Sebagai referensi harga jaket bulu angsa di pasaran, Anda bisa melihat tabel berikut.

Jaket bulu angsa (sumber: cbc.ca)
Jaket bulu angsa (sumber: cbc.ca)

Harga Jaket Bulu Angsa

Varian/Merk Jaket Bulu Angsa Harga
Winter Jaket Bulu Angsa Rp295.000
Jaket Bulu Angsa Duck Down Rp343.000 – Rp550.000
Merrell Jaket Bulu Angsa Parka Rp600.000
Tommy Hilfiger Jaket Bulu Angsa Rp780.000
Raptoreal Jaket Bulu Angsa Rp800.000
Kathmandu Eppic Jaket Bulu Angsa Rp850.000 – Rp1.005.000
Adidas Jaket Bulu Angsa Pria Rp950.000
Columbia Cascade Peak II Jaket Bulu Angsa Rp1.098.000
Jaket Bulu Angsa Glossy Type A Pria Rp1.299.000
The North Face Sierra Jaket Gunung Bulu Angsa Rp1.310.000
Naturehike NH19FS021 Jaket Bulu Angsa Rp1.485.000
Microlight RAB Jaket Bulu Angsa Rp1.681.300

Informasi harga jaket bulu angsa di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu diingat, harga jaket bulu angsa tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga jaket bulu angsa di setiap daerah bisa berbeda-beda, tergantung penawaran penjual. Sebagai perbandingan, tahun lalu, harga jaket bulu angsa The North Face berkisar Rp1 jutaan, sedangkan harga jaket bulu angsa Raptoreal Rp600 ribuan.

[Update: Panca]

[1] Sujud, Astamar Khudri Hisbullah. 2020. Pemahaman Pendaki Gunung terhadap Ilmu Pendakian di Gunung Ungaran (Skripsi). Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *