Info Terkini Syarat dan Biaya TabunganKu Bank Mandiri

9 comments40856 views

Meski kini hampir semua orang memiliki tabungan di , baik untuk berbelanja online, menerima gaji, atau keperluan lainnya, rupanya masih ada sebagian yang beranggapan bahwa menyimpan uang di cukup merepotkan karena tiap bulannya akan dipotong biaya . Belum lagi jika ada ketentuan minimal yang tertahan. Untungnya, saat ini hampir semua bank di Indonesia, termasuk Bank Mandiri, menawarkan bagus berupa tabungan bebas biaya yang dinamai TabunganKu.

Ilustrasi: Kegiatan di Bank Mandiri (credit: beritasatu)

Ilustrasi: Kegiatan di Bank Mandiri (credit: beritasatu)

Pemerintah berupaya menumbuhkan kebiasaan menabung pada masyarakat luas lewat program TabunganKu. TabunganKu sendiri merupakan produk tabungan untuk perorangan, khususnya Warga Negara Indonesia (WNI) dengan persyaratan mudah dan ringan, yang diselenggarakan secara bersama oleh seluruh bank di Indonesia. Sebagai salah satu BUMN, Bank Mandiri juga menawarkan produk TabunganKu untuk menyukseskan program pemerintah.

Seperti diketahui, sebagian besar tabungan sejumlah bank di Indonesia mengharuskan para mereka untuk menyetorkan setoran awal yang cukup besar. Misalnya saja tabungan dengan setoran awalnya senilai Rp500 ribu dan biaya administrasinya yang bisa mencapai lebih dari Rp10 ribu per bulan. Karena itu, tak semua orang merasa mampu untuk membuka rekening di bank.

Namun, dengan TabunganKu Mandiri, Anda yang hanya memiliki dana terbatas pun bisa menabung dan memiliki rekening tabungan di Bank Mandiri cukup dengan menyetorkan uang sebanyak Rp20 ribu sebagai setoran awalnya dan setoran berikutnya hanya sebesar Rp10 ribu. Jika Anda membutuhkan fitur tambahan seperti kartu ATM, maka Anda diwajibkan melakukan setoran awal sebesar Rp500 ribu.

Pihak Bank Mandiri menjanjikan Anda dapat memperoleh manfaat yang lebih menarik dengan menabung uang di bank dibanding menyimpan uang tunai di rumah. Pasalnya, Anda akan memperoleh bunga simpanan yang menarik dihitung berdasarkan saldo harian. Sehingga, dana yang Anda simpan melalui tabungan dapat terus berkembang tanpa dikenai potongan biaya administrasi per bulan dan saldo minimal yang tertahan hanya Rp20 ribu, bukan Rp100 ribu seperti halnya rekening tabungan Mandiri yang biasa.

Syarat & Ketentuan TabunganKu Bank Mandiri

Ilustrasi: Pegawai Bank Mandiri (credit: ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Ilustrasi: Pegawai Bank Mandiri (credit: ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

  • Mengisi formulir aplikasi dan menunjukkan kartu identitas (KTP) yang masih berlaku.
  • Penyetoran bisa dilakukan lewat Kantor Cabang Bank Mandiri tempat pembukaan rekening, Mandiri Mobile, atau Mandiri ATM Cash Deposit Machine.
  • penarikan dilakukan di Kantor Cabang Mandiri tempat pembukaan rekening dengan ketentuan wajib menyerahkan Kartu TabunganKu, minimal Rp100.000 per , maksimal 1 kali per bulan dan apabila penarikan lebih dari 1 kali per bulan akan dikenakan biaya Rp5.000, penarikan di bawah Rp5 juta dikenakan biaya Rp5.000.
  • Satu orang hanya dapat memiliki 1 rekening, kecuali bagi orang tua yang membuka rekening untuk anak yang masih di bawah perwalian.
  • Tidak diperkenankan untuk rekening bersama dengan status ‘dan/atau’.
  • Rekening yang tidak ada transaksi selama 6 bulan berturut-turut (pasif) akan dikenakan biaya Rp2.000 per bulan.
  • Rekening pasif dengan saldo ≤ Rp20.000, maka rekening akan ditutup oleh sistem.
  • Layanan transaksi ATM, limit harian tarik tunai sekali sehari sebesar Rp1.000.000 dan informasi saldo hanya dapat diakses sebanyak 1 kali sehari.
  • Masa berlaku Kartu TabunganKu 3 tahun diterbitkan, tertera pada bagian muka kartu (Valid Thru: bulan/tahun). Penggantian kartu karena habis masa berlaku tidak dikenakan biaya di Kantor Cabang Bank Mandiri tempat rekening dibuka.

Biaya TabunganKu Mandiri

KeteranganBiaya
Setoran awalRp20.000
Rp500.000 (dengan Kartu ATM TabunganKu)
Setoran selanjutnyaRp10.000
Biaya administrasi bulananGratis
Biaya penggantian buku karena rusakGratis
Biaya penarikan tunai/non tunai di kantor cabangRp5.000 (apabila penarikan di bawah nominal Rp 5 juta. Biaya penarikan juga ditetapkan untuk penarikan yang dilakukan lebih dari satu kali per bulannya)
Biaya rekening pasifRp2.000 per bulan
Saldo minimal rekeningRp20.000 (apabila di bawah saldo minimal, maka rekening akan ditutup oleh sistem)
Biaya saldo di bawah minimum atas rekening pasifSesuai saldo
Biaya penutupan rekeningRp20.000
Biaya reissue PINRp5.000

Biaya administrasi dan persyaratan pembukaan rekening TabunganKu Mandiri di atas kami rangkum dari situs resmi Bank Mandiri. Biaya tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, tergantung kebijakan pihak bank. Namun, sejak tahun lalu hingga sekarang, besaran biaya TabunganKu Mandiri ini masih sama. 

Tabunganku Bank Mandiri (sumber: baitijannati94.blogspot.com)

Tabunganku Bank Mandiri (sumber: baitijannati94.blogspot.com)

Membuka Rekening TabunganKu Mandiri

  • Datang ke Kantor Cabang Bank Mandiri setempat dengan membawa kartu identitas (KTP/Paspor) serta NPWP bila dibutuhkan.
  • Mengisi formulir aplikasi TabunganKu Mandiri secara lengkap.
  • Menyetorkan dana setoran awal melalui Kantor Cabang Bank Mandiri.

Kelebihan dan Kelemahan TabunganKu Mandiri

Apabila dibandingkan dengan produk sejenis yang ditawarkan oleh bank-bank lainnya, TabunganKu Mandiri memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya cukup diminati oleh para nasabah. Misalnya saja memperoleh buku tabungan khusus dengan logo TabunganKu dan Bank Mandiri. Selain itu, Anda juga berkesempatan memperoleh layanan ATM Bank Mandiri yang dapat mempermudah transaksi penarikan tunai, cek saldo, atau transfer ke sesama pemilik rekening Bank Mandiri maupun bank lain. Anda juga bisa bertransaksi lewat jaringan mesin ATM Bank Mandiri yang cukup luas, ATM Link, dan ATM Bersama yang tersebar di seluruh Indonesia.

Walaupun menawarkan buku tabungan dan kartu ATM, jumlah nominal transaksi yang diperbolehkan oleh Bank Mandiri untuk nasabah TabunganKu relatif terbatas. Selain itu, TabunganKu Mandiri tidak memberikan fasilitas e-banking seperti mobile banking, SMS banking, phone banking, maupun . Sehingga, bagi Anda yang kerap melakukan transaksi perbankan secara online, mungkin akan cukup kerepotan saat menggunakan produk ini.

[Update: Panca]

Baca juga  Biaya dan Fitur Tabungan Rencana iB Syariah BCA Terbaru
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.
  1. author

    Evan4 tahun ago

    Apa bisa menerima transfer uang? Mandiri atau Bca?

    Reply
    • author

      redaktur4 tahun ago

      TabunganKu bank Mandiri bisa menerima transfer

  2. author

    Dian3 tahun ago

    Jika atm kena blokir, apakah bisa diurus di bank mandiri mana saja??

    Reply
    • author

      Web Officer3 tahun ago

      iya bisa dilakukan di BANK mandiri mana saja

  3. author

    ardha3 tahun ago

    Setoran AwalRp 20.000
    Rp 500.000 (dengan Kartu ATM TabunganKu)

    Setoran selanjutnyaRp 10.000

    Itu mksud setoran selanjutnya Rp10.000 itu gmn ya??? Minimum setoran atau kelipatan setoran,, dan itu msuk saldo/gmn??

    Reply
    • author

      Web Officer3 tahun ago

      setoran selanjutnya IDR 10.000 maksudnya jumlah minimal jika mau menyetorkan uang selanjutnya. Jumlah uang yang disetorkan tersebut akan masuk kedalam total saldo yang ada

  4. author

    Santoso11 bulan ago

    Paka saya mau tanya apabila saya menggunakan atm mandiri untuk cek saldo kenapa ya hanya terdapat tulisan ” maaf transaksi saat ini tidak bisa dilakukan hubungi 14000 ” itu solusi nya gimana ya?

    Reply
    • author

      redaktur11 bulan ago

      Mungkin saat itu jaringan sedang offline. Bisa dicoba beberapa waktu lagi kemudian.

  5. author

    bubun3 bulan ago

    pak kok udah 2 hari ini saya mau ngambil uang di atm mandiri.
    selalu gak bisa dan padahal saya belum transaksi apa² atau tarik tunai. malah jawaban nha selalu transaksi mencapai limit batas harian..atau salah nominal
    padahal saya narik di bawah saldo

    Reply

Leave a reply "Info Terkini Syarat dan Biaya TabunganKu Bank Mandiri"