Harga Spray Gun Elektrik Bosch (Berbagai Tipe)

Kuas memang menjadi alat yang paling sering diaplikasikan untuk mengecat. Namun, jika Anda ingin hasil cat lebih maksimal dengan proses yang lebih cepat, Anda dapat memakai spray gun untuk menggantikan kuas. Di sendiri, sudah banyak merk yang meluncurkan produk tersebut, seperti Auarita, Melzer, Krisbow, hingga Bosch, dengan harga mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah per unit.

Penggunaan spray gun elektrik Bosch (mitre10.co.nz)
Penggunaan spray gun Bosch (mitre10.co.nz)

Pengecatan atau painting adalah suatu proses cat dalam bentuk cair pada sebuah objek untuk membuat lapisan tipis, yang lantas membuat lapisan keras dengan berbagai metode pengeringan cat.[1] Fungsi utama painting ini adalah untuk memberikan lapisan pada suatu benda sehingga usia benda tersebut bisa menjadi lebih lama.[2]

Bacaan Lainnya

Umumnya, hasil pengecatan yang baik dapat dilihat dari tingkat kekilapan objek yang dicat. Kekilapan ini dapat terjadi akibat adanya sudut selektivitas reflektans yang melibatkan pantulan cahaya pada suatu permukaan sehingga menimbulkan fenomena pencerminan suatu objek. Kekilapan dapat diukur dengan satuan gloss unit menggunakan alat bernama glossmeter.[3]

Kelebihan Spray Gun

Nah, untuk mendapatkan kekilapan yang diinginkan, alih-alih kuas, Anda disarankan untuk menggunakan spray gun. Jika Anda belum familiar, spray gun adalah media yang digunakan pada pelapisan sebagai pengabut cat, yang sebelumnya sudah dicampur dengan thinner.[4] Spray gun dikatakan sebagai alat untuk bahan finishing dengan hasil yang paling sempurna, karena dapat menghasilkan pelapisan bahan finishing ke permukaan dengan pelapisan yang rata, halus, dan memiliki fleksibilitas yang sangat tinggi.

Baca juga  Update Info Harga GRC Board 3mm di Pasaran

Ketika digunakan, spray gun dapat melakukan dua fungsi sekaligus, yaitu melakukan atomisasi material finishing dan sekaligus mengarahkannya pada permukaan yang diinginkan. Atomisasi adalah proses pemecahan material yang berupa cairan diubah menjadi bentuk sekumpulan partikel-partikel kecil seperti kabut. Proses atomisasi inilah yang membuat material finishing dapat dilapiskan ke permukaan yang diinginkan dengan hasil pelapisan yang rata dan halus.

Meski demikian, kualitas finishing yang dihasilkan spray gun tergantung dari sejumlah faktor. Jarak dan tekanan udara sangat memengaruhi hasil dari pelapisan yang dilakukan, dengan jarak yang disarankan 150 hingga 300 mm dan tekanan udara yang baik sebesar 2 sampai 3 bar.[5] Diameter nozzle pun ikut berpengaruh, dengan diameter 1 mm dikatakan memiliki daya semprot dan pengabutan yang lebih baik dibandingkan dengan diameter 1,5 mm dan 2 mm.[6]

Varian Spray Gun Bosch

Spray gun elektrik Bosch (youtube: BuilderSA)
Spray gun Bosch (youtube: BuilderSA)

Saat ini, sudah banyak merk yang meluncurkan spray gun untuk dalam negeri, salah satunya Bosch. Jika menelusuri website Bosch Indonesia, mungkin Anda tidak menemukan produk spray gun atau paint spray system. Namun, apabila Anda membuka beberapa situs e-commerce, sudah ada sejumlah tipe spray gun Bosch yang beredar, salah satunya Bosch PFS 3000-2.

Baca juga  Update Harga Mesin Pencabut Bulu Ayam dan Unggas

Menurut situs Bosch global, produk ini adalah solusi untuk melapisi permukaan benda dengan cepat dan merata. Sudah didukung motor berdaya 650 Watt, yang membuat pengecatan menjadi lebih mudah. Anda bisa memakainya untuk pekerjaan indoor maupun outdoor berukuran sedang hingga besar. Produk ini dibekali juga dengan wadah cat berkapasitas 1.000 ml sehingga menghemat waktu untuk isi ulang.

Varian lainnya adalah Bosch PFS 2000, yang punya dimensi kompak, ringan, tetapi dibekali motor berdaya 440 Watt untuk pengecatan yang mudah dan cepat. Produk ini dapat diaplikasikan pada permukaan kecil hingga medium, di area dalam maupun luar ruangan. Tidak hanya itu, perusahaan pun menyediakan wadah cat dengan kapasitas 800 ml serta sistem semprot all paint.

Harga Spray Gun Bosch

Tipe Spray Gun Bosch Harga
Bosch PFS 2000 Rp1.790.000
Bosch PFS 3000-2 Rp3.700.000
Bosch PFS 5000 E Rp4.200.000

Harga spray gun Bosch di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online dalam negeri dan luar negeri. Khusus untuk tipe Bosch PFS 2000 dan Bosch PFS 5000 E didapatkan dari e-commerce asing karena belum dijual di dalam negeri. Perlu Anda ingat bahwa harga produk tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Baca juga  Harga Viva Milk Cleanser dan Face Tonic Green Tea 100 ml

[1] Guna, Halmi Pawa, Mahros Darsin, Ahmad Adib Rosyadi. 2019. Optimasi Kekilapan pada Pengecatan Pelat St37 dengan Metode Respon Permukaan. Jurnal Polimesin Universitas Jember, Vol. 17(2): 91-98.

[2] Ibid.

[3] Wijaya, Yudhar Sensigus R. 2014. Pengaruh Jarak Penyemprotan Spray Gun terhadap Keoptimalan Hasil Pengecatan. Jurnal Teknik Mesin UNESA, Vol. 2(3): 88-95.

[4] Guna, Halmi Pawa, Mahros Darsin, Ahmad Adib Rosyadi. Op cit.

[5] Dzikriansyah, M. F. 2017. Analisa Pengaruh Jarak Nozzle dan Tekanan Udara pada Pelapisan dengan Metode Air Spray terhadap Sifat Magnetik Komposit Barium Heksaferrit/Polianilin (Tugas Akhir). Teknologi Industri ITS Surabaya.

[6] Kristianto, Yunus, Gatut Rubiono, Haris Mujianto. 2017. Pengaruh Diameter Nossel Spraygun terhadap Efisiensi Pengecatan. Jurnal V-Mac, Vol. 2(1): 5-8.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *