Update Harga Susu Enfamil 6-12 Bulan (400 gr, 800 gr, 1800 gr)

Usia 6-12 bulan merupakan usia bayi mulai mendapatkan makanan pendamping ASI atau MPASI. Di samping itu, banyak juga ibu yang mulai memberikan susu formula kepada buah hati mereka. Produk susu formula untuk bayi 6-12 bulan sendiri cukup banyak, dan salah satu yang populer adalah Enfamil. Di pasaran dalam negeri, produk ini sekarang dijual dengan harga ratusan ribu rupiah.

Seperti diketahui, proses tumbuh kembang anak merupakan saat terpenting di dalam kehidupan buah hati. Si kecil akan mengalami perkembangan kognitif (seperti berulang kali menjatuhkan mainan atau sendok), perkembangan motorik (seperti duduk, merangkak, dan berusaha berdiri), dan perkembangan komunikasi (misalnya membedakan suara).

Ilustrasi: Bayi Mengonsumsi Susu Formula (credit: sciencenordic)

Ilustrasi: Bayi Mengonsumsi Susu Formula (credit: sciencenordic)

Untuk menunjang tumbuh kembang tersebut, si kecil perlu asupan nutrisi yang tepat, salah satunya adalah pemberian susu. Baik ASI (Air Susu Ibu) maupun susu formula, sama-sama dipandang sebagai sesuatu yang penting. Semua orang pasti setuju jika ASI merupakan sumber utama nutrisi, , dan minum bagi bayi. Bahkan, WHO sendiri merekomendasikan ASI eksklusif sejak lahir hingga usia 6 bulan.

Nah, memasuki usia 6 bulan, bayi sudah mulai diberikan MPASI atau makanan pendamping ASI. Makanan Pendamping ASI (MPASI) adalah makanan atau minuman yang mengandung zat gizi dan diberikan kepada bayi atau anak usia 6-24 bulan guna memenuhi gizi selain dari ASI. Makanan yang diberikan pada bayi dan balita harus memenuhi kecukupan energi dan semua zat gizi sesuai dengan usia. Macam makanan yang diberikan disesuaikan dengan pola menu seimbang.

Bentuk dari MPASI sendiri bisa bermacam-macam, salah satunya adalah pemberian susu formula. Meski masih menimbulkan kontroversi terkait dengan kandungan nutrisinya, namun masih banyak ibu yang memberikan susu formula kepada buah hati mereka. Ini terutama dilakukan oleh ibu yang harus bekerja atau tidak bisa menghasilkan ASI dalam jumlah yang cukup.

Review Enfamil

Tidak sulit menemukan produk susu formula untuk bayi yang mulai memasuki usia 6 bulan. Nah, salah satu yang cukup populer di Indonesia adalah Enfamil. Dilansir dari situs resminya, Enfamil sebetulnya merupakan produk susu yang diproduksi Mead Johnson, yang diperkenalkan dalam bentuk bubuk dan juga sebagai sebuah pekat.

Susu ini merupakan produk formula bayi harian pertama Mead Johnson yang dirancang untuk mencontoh komposisi nutrisi dalam air susu ibu atau ASI. Produk Enfamil dianggap inovatif karena beberapa alasan, salah satunya diformulasikan dengan sembilan persen kalorinya dimasukkan ke dalam bentuk protein, yang lebih menyerupai susu manusia (ASI). Enfamil menjadi susu formula bayi harian pertama di AS yang memasukkan tambahan kolin dan inositol, yang disebut menjadi bahan-bahan gizi penting.

Diperkenalkan pada tahun 1964, botol menyusui (nursette bottle) dianggap melakukan revolusi pemberian makanan untuk bayi di AS dengan menyediakan Enfamil dalam kemasan botol siap pakai yang dilengkapi dengan dot sekali pakai (disposable) yang sudah dibersihkan dan menawarkan makanan untuk anak dan bagi orang tua. Enfamil juga disebut telah mengalami beberapa formulasi ulang yang signifikan dan semakin menyerupai komposisi yang terdapat di dalam ASI.

Di Indonesia sendiri, produk susu formula Enfamil telah hadir dalam berbagai dan kemasan. Berikut beberapa produk Enfamil yang beredar di pasaran Indonesia, beserta dengan komposisi gizi yang dikandungnya.

Varian susu Enfamil A+ (youtube: enfamilcanada)

Varian susu Enfamil A+ (youtube: enfamilcanada)

Produk Enfamil

  • Enfamil A+ Tahap I, merupakan susu formula yang ditujukan untuk bayi berumur 0 hingga 6 bulan sebagai makanan pendampingnya. Susu formula ini disebutkan memiliki kandungan kolin, Omega 3 dan Omega 6, serta zat besi yang dinilai bisa mendukung tumbuh kembang sang bayi.
  • Enfamil A+1, susu formula ini juga diperuntukkan bayi berusia 0-6 bulan yang dibuat sebagai pendamping air susu ibu untuk bayi agar pertumbuhan bayi dan perkembangan buah hati lebih terjaga dan optimal. Susu ini hadir dalam berbagai varian rasa dan disebutkan telah didukung dengan vitamin dan mineral.
  • Enfamil A+ PF, ini merupakan susu formula yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi khusus bayi prematur atau BBLR. Perusahaan mengklaim, susu formula Enfamil A+ PF ini memiliki kadar protein dan vitamin D yang tinggi, dan kadar DHA serta ARA yang terbukti secara klinis mendukung perkembangan otak si buah hati. Susu ini juga disebutkan mengandung MCT Oil sebanyak 40 persen yang mampu memudahkan proses pencernaan dan penyerapan lemak bagi bayi prematur, sehingga sang bayi mampu mencapai berat badan yang sebanding dengan bayi normal lainnya.
  • Enfamil A+ Lactofree Care, ini merupakan  susu bayi yang disebutkan diperkaya dengan vitamin, mineral, dan DHA. Sesuai namanya, susu bebas laktosa ini cocok bagi si kecil dengan lactose intolerant atau alergi terhadap laktosa. Selain bebas masalah , susu ini diklaim dapat memenuhi kebutuhan si bayi untuk berkembang.
  • Enfamil A+ Gentle Care, ini adalah susu formula yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi berusia 0 hingga 12 bulan. Perusahaan mengatakan, susu ini telah didukung dengan kadar DHA 17 mg per 100 kkal dan ARA sebesar 34 mg per 100 kkal yang terbukti secara klinis mendukung perkembangan otak dan sistem imun atau kekebalan tubuh. Susu ini juga disebutkan mengandung kolin sebanyak 127 mg per 100 gram untuk pembentukan dan pelepasan asetilkolin.
  • Enfamil A+ 2, susu formula ini merupakan susu lanjutan untuk bayi berusia 6 hingga 12 bulan yang diklaim mengandung DHA 17 mg per 100 kkal dan 34 mg ARA per 100 kkal. Menurut enam studi klinis tentang DHA dan ARA, takaran tersebut dinilai mampu mendukung perkembangan otak dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, susu Enfamil A+ 2 ini juga mengandung kolin sebanyak 127 mg per 100 gram untuk pembentukan dan pelepasan asetilkolin.

Nah, berdasarkan jenis produk tersebut, maka varian Enfamil yang cocok untuk bayi berusia 6-12 bulan adalah Enfamil A+ 2. Produk ini sudah dijual di berbagai toko, apotek, swalayan, minimarket, hingga situs jual beli online. Berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga Enfamil A+ 2 di pasaran Tanah Air pada tahun 2020 lalu dengan tahun 2021 ini.

Susu Enfamil A+ 2 (sumber: dreamsofvelvet.com)

Susu Enfamil A+ 2 (sumber: dreamsofvelvet.com)

Harga Enfamil A+ 2

Kemasan Enfamil A+ 2Harga SebelumnyaHarga Sekarang
Enfamil A+ 2 400 grRp169.500 – Rp250.000Rp179.500
Enfamil A+ 2 800 grRp324.400 – Rp372.900Rp373.400
Enfamil A+ 2 1800 gramRp678.000 – Rp737.000Rp803.300
Enfamil A+ Gentle Care 2 350 g-Rp198.900
Enfamil A+ Gentle Care 2 800 gr-Rp432.000

Harga susu Enfamil 6-12 bulan di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk swalayan, situs jual beli online, dan situs Enfa. Harga susu Enfamil 6-12 bulan tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Sebagai , pada tahun 2019, harga Enfamil A+ 2 berkisar Rp162 ribuan hingga Rp755 ribuan. Kemudian, sekarang ini Enfamil A+ untuk usia 6-12 bulan juga tersedia varian Gentle Care yang diperkaya dengan protein kasein dan whey terhidrolisa parsial. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa langsung meluncur ke swalayan terdekat di tempat tinggal Anda.

[Update: Dian]

Baca juga  Update Terkini Harga Susu Dancow Fortigro Full Cream Penggemuk Badan di Pasaran
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Susu Enfamil 6-12 Bulan (400 gr, 800 gr, 1800 gr)"