Info Karakteristik & Harga Domba Texel di Pasaran Indonesia

Di Indonesia bukan hanya kambing dan sapi saja yang layak untuk diternakkan. Binatang seperti domba pun kabarnya cukup menguntungkan jika dikembang-biakkan, apalagi jika memelihara jenis unggul seperti domba texel. Domba satu ini memiliki harga jual di angka jutaan rupiah di pasaran.

Tentang Domba Texel

Ilustrasi: Domba Texel di Tengah Hamparan Rumput (credit: raisingsheep)

Ilustrasi: Domba Texel di Tengah Hamparan Rumput (credit: raisingsheep)

Trah domba texel sendiri kabarnya telah dikenal di seluruh dunia. Domba ini adalah jenis domba kampung dari Belanda, tepatnya dari Pulau Texel, pulau terbesar di Pulau Wadden yang terletak di lepas pantai utara Belanda. Masih belum diketahui asal-muasal trah domba tersebut. Namun, sebagian orang menganggap domba texel adalah hasil persilangan dari beberapa ras domba Inggris. Domba texel juga dikenal dengan sejumlah nama lain, seperti Texelaar, Texelse, Improved Texel, dan VerbeterdeTexelse.

Texel adalah jenis domba yang sangat berotot dan menghasilkan daging tanpa lemak. Oleh sebab itu, di Belanda domba texel dikembangbiakkan jadi domba khusus pedaging dengan kualitas daging yang luar biasa. Selain di negara asalnya sana, domba texel juga populer sebagai domba pedaging tanpa lemak di negara Australia, Eropa, , Amerika Serikat, dan Uruguay.

Baca juga  Info Terbaru Harga Tiket 5GX Reverse Bungy di Bali

Domba texel pertama kali didatangkan oleh pemerintah antara tahun 1954-1955 sebanyak 500 ekor. Setelah mencoba dikembangbiakkan di beberapa daerah, seperti Provinsi , Jawa Tengah (Baturaden Banyumas dan Tawangmangu Solo), dan Jawa Timur, ternyata penduduk Wonosobo yang mampu mengembangkan domba texel hingga mencapai populasi 8.753 ekor pada akhir tahun 2006.[1]

Domba inimerupakan domba jenis unggul penghasildaging dan wool dengan kualitas yang cukupbaik. Dukungan potensi wilayah yang tersedia diKabupaten Wonosobo, memungkinkan dombatexel berkembang dengan hasil yang sangat baik,dengan pertumbuhan yang relatif cepat danbobot jantan dewasa bisa mencapai 90-100 kg,betina dewasa bisa mencapai 50-70 kg. Denganpenampilan tersebut maka domba texel banyakdipelihara masyarakat sebagai ternakkesayangan.

Secara fisiologi ternak domba membutuhkanserat kasar dalam pakannya, terutama yangberasal dari hijauan seperti rumput segar,rumput kering, silase atau jerami dan campuranbiji-bijian yang mengandung mineral danvitamin. Ranting, cabang dari pohon-pohon dansemak-semak dapat digunakan sebagaitambahan makanan domba selain rumput segar dan hijauan.

Baca juga  Harga Batang Gorden (Semua Varian)

Bahan pakan dombaberupa pakan konsentrat dan hijauan. Hijauanadalah makanan ternak yang mempunyai kadarserat lebih dari 18% yang merupakan pakanalami untuk ternak ruminansia, baik beruparumput-rumputan yang terdiri dari rumputlapang dan rumput unggul maupun berupaleguminosa. Konsentrat adalah pakan yangtinggi kandungan protein dan rendahkandungan serat kasar.[2]

Ilustrasi: Karakteristik Domba Texel Youtube (credit: Livestock Breeds)

Ilustrasi: Karakteristik Domba Texel Youtube (credit: Livestock Breeds)

Karakteristik Domba Texel

Selain berotot, domba texel juga memiliki karakter mudah bergerak, mampu menempuh jarak, beranak bebas, dan mudah dirawat. Domba texel berukuran sedang hingga besar dengan wajah berwarna putih. Tak ada di kepala atau kaki, wajahnya lebar dengan hidung hitam, telinga pendek dengan bentuk tubuh hampir horizontal. Kuku domba texel berwarna hitam. Domba texel dapat menghasilkan wol berkualitas sedang tanpa serat hitam. Domba texel dewasa kabarnya dapat menghasilkan wol seberat 3,5-5,5 kg. Trah ini cukup produktif dengan menghasilkan 1,7 ekor anak domba per domba induk per musim.

Baca juga  Info Harga Longan Kaleng Semua Merek

Harga Domba Texel

Di Hewan Sukorejo harga domba texelberkisar antara Rp1,75 juta sampai Rp3,5 jutaan per ekor. Kemudian, di wilayah Wonosobo harga domba texel dijual mulai Rp1,5 jutaan dan di kawasan Jabodetabek harga domba texel bakalan (usia remaja) dijual mencapai Rp4 juta per ekor.

Menariknya lagi, beberapa waktu lalu seekor domba texel bernama Double Diamond bisa laku terjual hingga 490 ribu dolar AS atau sekitar Rp7,2 miliar dalam ajang lelang di Skotlandia. Domba di dunia itu bisa dijual dengan harga sekian karena diklaim sempurna secara .

Perlu Anda ketahui bahwa harga domba texel dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga domba texel yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda. Apabila Anda tertarik untuk membudidayakan domba texel, Anda bisa mencari peternak domba texel di sekitar lokasi Anda.

[1]Harianto, B. 2012. Bisnis Penggemukan Domba. Tintondp, editor. Jakarta: AgroMedia Pustaka, hlm 13.

[2]Kuntjoro, A dkk. 2009. Bobot Badan Dan Statistik Vital Domba Texel Di Kabupaten Wonosobo Dengan Pemberian Limbah Rami Sebagai Pakan Tambahan. Asian Journal of Tropical Biotechnology. 6(1): 23-30.

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Karakteristik & Harga Domba Texel di Pasaran Indonesia"