Update Harga Butter Orchid (Semua Kemasan)

Anda yang gemar memasak atau membuat kue, pastinya sudah tak asing dengan bahan seperti butter. Bahan satu ini sering dipakai untuk campuran cake maupun biskuit supaya rasanya lebih lezat dan tentunya menggugah selera. Sebagian dari Anda mungkin masih ada yang kebingungan apa perbedaan antara butter dengan margarin. Nah, agar lebih jelas, Anda bisa menyimak penjelasan tentang butter dan harganya di pasaran berikut ini.

Butter Orchid (sumber: lazada)
Butter Orchid (sumber: lazada)

Mentega merupakan emulsi air dalam lemak dengan kira-kira 18% air tersebar rata di dalam 8% lemak susu, dengan sejumlah protein yang bertindak sebagai zat pengemulsi (emulsifier).[1] Jenis lemak mentega memiliki aroma dan rasa yang khas harum karena terbuat dari susu sehingga produk juga akan beraroma harum dan terasa susu. Titik leleh mentega cukup rendah, antara 33-35⁰C.

Bacaan Lainnya

Masih dari sumber yang sama, secara , mentega atau butter memiliki kalori dan lemak jenuh yang lebih banyak dibandingkan margarin. Meski demikian, butter memiliki warna yang cenderung lebih pucat dan aroma harum gurih khas susu, tetapi butter tidak dapat disimpan di luar terlalu lama karena mudah berbau tengik.

Lemak yang digunakan sebagai bahan dasar cake adalah mentega/butter, margarine, dan minyak.[2] Lemak berfungsi untuk membuat cake lembut dan empuk, menambah nilai gizi, dan memberi aroma pada cake. Mentega atau biasa disebut butter merupakan hasil olahan lemak hewani yang membuat cake beraroma harum, sedangkan margarin merupakan hasil olahan dari lemak nabati.

Secara umum, butter yang beredar di pasaran ada dua macam, yakni salted butter dan unsalted butter. Salted butter adalah butter yang diberi tambahan perasa alamiah, atau kadang juga disebut dengan istilah sweet cream butter. Kedua jenis butter tersebut kerap digunakan dalam proses pemanggangan dan dikenal dapat membuat jajanan seperti biskuit terasa lebih renyah dan aromanya lebih harum.

Keunggulan Butter Orchid

Merk butter yang ada di pasaran pun sangat beragam. Rata-rata didominasi oleh merk luar negeri, meski ada juga beberapa produsen lokal yang juga memproduksi produk butter berkualitas baik. Brand yang mungkin kerap Anda temui antara lain seperti Anchor, Hollman, Triangle, Wijsman, hingga Orchid.

Orchid termasuk merk butter yang kualitasnya dikenal . Produk besutan Indofood ini diklaim terbuat dari susu murni pilihan yang mengandung vitamin A, D, dan E alami. Orchid Butter tersedia dalam 2 pilihan rasa, yakni asin dan tawar. Selain bisa dijadikan sebagai bahan campuran untuk membuat cake atau kue, butter Orchid juga kabarnya bisa dijadikan olesan yang mampu membuat roti biasa terasa begitu istimewa.

Apabila dibandingkan dengan Wisman, harga butter Orchid mungkin relatif lebih murah. Namun, rasanya cukup bersaing dengan brand-brand asal luar negeri. Tak heran jika kemudian butter Orchid cukup disukai oleh para penggemar baking di Indonesia. Selain itu, butter Orchid juga relatif lebih mudah ditemukan di pasaran. Sebagai informasi, berikut ini daftar harga berbagai varian produk butter Orchid.

Menggunakan Butter untuk Bahan Kue - (cakedecorist.com)
Menggunakan Butter untuk Bahan Kue – (cakedecorist.com)

Harga Butter Orchid

Kemasan Butter Orchid Harga
Butter Orchid Unsalted 100 gr Rp18.500
Butter Orchid Unsalted 227 gr Rp35.900 – Rp41.229
Butter Orchid Unsalted 500 gr Rp88.000
Butter Orchid 340 gr Rp58.900 – Rp62.250
Butter Orchid 2 kg Rp262.000

Informasi harga butter Orchid di atas diperoleh dari berbagai sumber. Perlu Anda ingat bahwa harga butter Orchid tersebut bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harga bahan ini mengalami kenaikan. Harga butter Orchid 2 kg misalnya, semula Rp230 ribu dan sekarang menjadi Rp262 ribu, sedangkan harga butter Orchid Unsalted 100 gr naik dari Rp17 ribu menjadi Rp18.500.

Anda bisa membeli butter Orchid di toko-toko bahan kue, pusat-pusat perbelanjaan besar, serta minimarket seperti Indomaret, Alfamart, dan Alfamidi. Jika kesulitan untuk menemukan butter Orchid di toko-toko terdekat, Anda juga bisa membelinya secara online melalui sejumlah situs e-commerce terkemuka yang ada di Indonesia. Namun, jika membeli secara online, perhitungkan juga ongkos kirim (ongkir) produk. Untuk lebih menghemat budget, usahakan untuk membeli butter Orchid dari pedagang yang masih satu kota dengan Anda.

(Panca)

[1] Sintia, Novi April & Nugrahani Astuti. 2018. Pengaruh Substitusi Tepung Beras Merah dan Proporsi Lemak (Margarin dan Mentega) terhadap Mutu Organoleptik Rich Biscuit. Jurnal Boga UNESA, Vol. 7(2): 1-12.

[2] Hani, Ratu. 2015. Belajar Membuat Cake dari Nol (Ed. Raditantri). Jakarta: Demedia Pustaka.

Pos terkait