Update Harga Motor Honda BeAT (Baru dan Second)

No comment66377 views

Honda BeAT merupakan salah satu skuter matik buatan pabrikan asal Jepang, Honda, yang sangat laris di dalam negeri. Memiliki yang relatif terjangkau, sepeda ini banyak diburu, tidak hanya model barunya, tetapi juga produk bekasnya. Karena itu, tidak heran jika kemudian kita sering melihat skuter ini wara-wiri di jalanan perkotaan maupun pedesaan.

Honda BeAT sendiri pertama kali diluncurkan di Tanah Air pada tahun 2008 lalu. Kendaraan ini dihadirkan untuk mengantisipasi semakin populernya segmen skuter otomatis di pasar sepeda motor Indonesia. Saat dirilis, Honda BeAT langsung bersaing dengan Mio, Nouvo, Suzuki Spin, dan juga ‘saudaranya’, Honda Vario.

Ilustrasi: All New Honda BeAT Deluxe Matte Black (credit: BMSpeed7)

Ilustrasi: All New Honda BeAT Deluxe Matte Black (credit: BMSpeed7)

Secara tampilan, Honda BeAT mengusung desain yang ramping sehingga enak jika diajak melibas jalanan perkotaan yang padat. Motor ini sangat lincah melintasi kemacetan di jalan raya. Di samping itu, bentuknya yang ramping juga membuat Honda BeAT tidak hanya cocok untuk konsumen pria, tetapi juga konsumen wanita yang menginginkan motor yang ramping, tidak ribet, dan tetap manis ketika dikendarai.

Varian Honda BeAT

Saat ini, PT Astra Honda Motor menawarkan Honda BeAT dalam dua, yaitu Honda BeAT eSP dan juga Honda BeAT Street yang dirilis pada kuartal akhir 2016 lalu. Secara visual, kedua skuter ini mewakili target masing-masing. BeAT eSP adalah varian basic yang bisa menyentuh semua konsumen, mulai kalangan mudah sampai karyawan kantoran. Sementara, BeAT Street, merupakan model casual dengan stang telanjang dan panel indikator full digital LCD.

PT Astra Honda Motor (AHM) pada awal tahun 2018 kemarin meluncurkan desain grafis terbaru untuk New Honda BeAT eSP dan New Honda BeAT Street eSP yang membuatnya semakin tampil menyenangkan dan lebih mengekspresikan gaya aktif serta tren remaja masa kini. Nuansa baru New Honda BeAT eSP tampak pada torehan grafis yang berkonsep Styling Active dan Sport Fashion. Goresan garis yang lebih dinamis dan penyematan badge logo di bagian sayap depan memperkuat desain compact dari New Honda BeAT eSP yang semakin terlihat lebih sporty. Gaya kombinasi 2 warna yang dipadu dengan grafis terbaru pun kini menambah kesan eksklusif pada CBS dan CBS-ISS New Honda BeAT eSP.

Sementara itu, karakter street style bagi anak muda pencinta aktivitas dan olahraga menantang pun semakin diperkuat dengan stripe baru yang dilengkapi torehan tinta emas pada New Honda BeAT Street eSP. Dipadukan dengan fitur naked handlebar, kini New Honda BeAT Street eSP akan semakin mempertegas gaya mereka yang ingin tampil beda.

Menemani masyarakat Tanah Air lebih dari 10 tahun, Honda BeAT saat ini telah menjadi pilihan transportasi terpercaya bagi pencinta di Indonesia. Performanya yang irit, dilengkapi fitur terbaik di kelasnya dan ukurannya yang compact serta ramping menyesuaikan postur rata-rata orang Indonesia dan beragam pilihan desain yang khas untuk mengekspresikan anak muda perkotaan, telah membuatnya mampu menghadirkan kegembiraan bagi lebih dari 13,2 juta konsumen.

Varian Honda BeAT (sumber: otorider.com)

Varian Honda BeAT (sumber: otorider.com)

New Honda BeAT eSP dan New Honda BeAT Street eSP didukung 110 eSP yang mampu memaksimalkan pembakaran secara efisien dan mengurangi gesekan untuk memperkecil risiko bahan bakar terbuang percuma, serta mengoptimalkan energi yang keluar. Kedua model ini dibekali dengan teknologi terdepan untuk sensasi menghidupkan motor tanpa suara dengan ACG Starter.

Selain itu, New Honda BeAT eSP dilengkapi ISS (Idling Stop System), fitur canggih yang mematikan mesin secara otomatis saat motor berhenti lebih dari 3 detik untuk efisiensi bahan bakar dan ramah lingkungan. Hal tersebut telah terbukti membuat New Honda BeAT eSP dan New Honda BeAT Street eSP memiliki konsumsi bahan bakar teririt di kelasnya. Model ini mampu mencapai 57 km/l (metode ECE R40) dengan metode pengetesan EURO 2 (EURO 3 = 55 km/l). Bahkan, dengan menggunakan fitur Idling Stop System, New Honda BeAT eSP mampu mencapai 59 km/l (metode ECE R40) melalui pengetesan EURO 3 (EURO 2 = 63 km/l).

Untuk menghadirkan rasa berkendara yang ringan dan jarak pandang pengendara yang lebih baik, BeAT eSP melakukan penyesuaian posisi stang yang lebih rendah ke arah depan diadopsi untuk menghadirkan posisi berkendara yang sporty. Sementara, pada New Honda BeAT Street dilengkapi dengan stang yang lebih lebar dengan posisi yang lebih tinggi untuk mendukung street style dan kesan gagah serta rasa berkendara yang lebih nyaman. Jarak terendah motor ke tanah (ground clearance) terbaik di kelasnya dan penggunaan ban tubeless sehingga lebih tahan kebocoran dan lebih nyaman dikendarai.

Secara konsisten, AHM menyematkan Combi Brake System (CBS) yang membantu menyeimbangkan pengereman roda belakang dan depan secara optimal. Hal ini bermanfaat membantu pengendara terutama bagi pemula dalam pengereman yang optimal. Model ini tetap dilengkapi fitur-fitur canggih lain yaitu standar samping otomatis (Side Stand Switch) di mana mesin tidak dapat dinyalakan apabila dalam posisi turun, serta Parking Brake Lock yang lebih mudah dioperasikan untuk mencegah motor loncat saat dinyalakan atau motor tetap dalam kondisi diam saat berhenti di tanjakan.

Harga Honda BeAT

Tipe Honda BeATHarga SebelumnyaHarga Sekarang
BeAT Sporty CWRp16.068.000-
BeAT Sporty CBSRp16.244.000Rp16.450.000
BeAT Sporty CBS ISSRp16.768.000Rp17..000
BeAT StreetRp16.793.000Rp17.150.000
BeAT Deluxe -Rp17.250.000

Pada awal tahun 2020 kemarin, PT AHM resmi menyuntik mati varian Honda BeAT Pop. Pasalnya, model tersebut dinilai sepi peminat. Menurut pihak perusahaan, mereka sudah melakukan pengamatan kepada konsumen di Indonesia, khususnya di skutik entry-level. Mereka melihat bahwa tren konsumen lebih ke arah Sporty dan Street, sehingga mereka pun melakukan pengembangan development ke arah yang lebih sporty dan street.

Ilustrasi: Dealer Motor Beat Bekas (credit: Wisnu/GridOto)

Ilustrasi: Dealer Motor Beat (credit: Wisnu/GridOto)

Harga Honda BeAT Bekas

Tahun ProduksiKisaran Harga Bekas
BeAT 2008Rp4.000.000 – Rp8.000.000
BeAT 2009Rp3.500.000 – Rp11.500.000
BeAT 2010Rp4.500.000 – Rp8.200.000
BeAT 2011Rp4.500.000 – Rp12.000.000
BeAT 2012Rp3.700.000 – Rp14.500.000
BeAT 2013Rp4.500.000 – Rp13.800.000
BeAT 2014Rp4.000.000 – Rp14.000.000
BeAT 2015Rp5.000.000 – Rp15.000.000
BeAT 2016Rp5.800.000 – Rp16.000.000
BeAT 2017Rp6.000.000 – Rp16.000.000
BeAT 2018Rp5.000.000 – Rp15.200.000
BeAT 2019Rp7.500.000 – Rp16.000.000
BeAT 2020Rp11.000.000 – Rp16.070.000

Harga Honda BeAT bekas di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs motor second dan situs online. Harga Honda BeAT bekas tersebut bisa berbeda-beda di masing-masing tempat, tergantung dari kondisi sepeda motor yang bersangkutan dan kesepakatan antara penjual dan pembeli. 

[Update: Panca]

Baca juga  Harga Vario 150 Bekas (2015, 2016, 2017, 2018, 2019, 2020)
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Motor Honda BeAT (Baru dan Second)"