Update Biaya Pasang AC Mobil

No comment4565 views

AC atau air conditioner merupakan salah satu perangkat yang dapat menghadirkan kenyamanan ketika kondisi cuaca sedang panas. Tidak hanya untuk keperluan rumah tangga, AC ini juga dibutuhkan sebagai salah satu fitur penunjang roda empat. Nah, jika Anda kebetulan belum memiliki AC, biaya pasang perangkat ini sekarang berkisar jutaan rupiah, tergantung AC yang ingin digunakan.

Ilustrasi: sistem pendingin AC mobil (sumber: holidayservicecenter.net)

Ilustrasi: sistem pendingin AC mobil (sumber: holidayservicecenter.net)

AC sendiri secara umum bisa dikatakan sebagai alat untuk membuat suasana atau udara di kabin mobil menjadi terasa dingin atau sejuk. Secara fisik, bentuk AC mobil tidak tampak jelas karena tertutup bodi kendaraan, berbeda dengan AC yang biasa dipasang di rumah atau gedung. AC mobil baru akan terlihat setelah penutupnya dibuka.

Kebanyakan orang menganggap AC mobil adalah bagian kisi-kisi udara saja, yang biasanya terpasang di dashboard kendaraan. Padahal, susunan AC jauh lebih kompleks dan rumit. Meski struktur dasar AC mobil mirip dengan AC rumah, namun perangkat ini lebih dinamis. Putaran kompresor pada AC mobil mengikuti rpm kendaraan. Semakin cepat mobil melaju, maka semakin cepat pula putaran kompresor sehingga suhu udara di dalam kabin menjadi lebih cepat dingin.

Secara umum, AC pada kendaraan roda empat bisa dibagi menjadi dua jenis atau tipe. pertama adalah AC single blower, yang seperti namanya, hanya memiliki satu blower yang biasanya diletakkan di depan. Sementara, jenis kedua adalah AC double blower, yang selain memiliki blower di kabin depan, juga punya blower lain yang berada di kabin belakang.

Khusus untuk AC mobil jenis double blower, banyak yang mengeluhkan ‘kenapa kabin depan lebih dingin dibandingkan kabin belakang’. Ini salah satunya dikarenakan blower yang digunakan perangkat tersebut berbeda. Blower pada bagian depan adalah blower primer, sedangkan blower di bagian belakang hanya tambahan. Jadi, sangat wajar jika kabin depan terasa lebih dingin jika dibandingkan kabin sebelah belakang.

AC Mobil

  • AC mobil secara umum memiliki lima komponen dasar yang harus ada. Kelima komponen dasar yang terdapat di dalam AC mobil adalah sebagai berikut.
  • Kompresor, ini adalah komponen utama AC yang berfungsi untuk melakukan sirkulasi freon ke seluruh sistem AC dengan cara menaikkan tekanan freon.
  • Kondensor, ini adalah bagian yang berguna menyerap panas pada freon yang telah menerima kompresi, selain bertugas mengubah freon dalam bentuk gas menjadi cair.
  • Filter dryer, sesuai namanya, komponen ini berguna untuk melakukan filter atau menyaring uap air di dalam sistem AC mobil.
  • Ekspansi valve, bagian ini berfungsi mengubah freon dari bentuk cair menjadi uap, yang bertujuan membuat cairan tekanan tinggi untuk disemprotkan ke evaporator.
  • Evaporator, berguna sebagai penampung dingin dari freon yang sudah berubah wujud menjadi uap.

    Proses pemasangan AC mobil (sumber: kimhoeco.com)

    Proses pemasangan AC mobil (sumber: kimhoeco.com)

Biaya Pasang AC Mobil

Lalu, berapa biaya yang dibutuhkan untuk memasang komponen AC pada mobil? Biaya pemasangan AC bervariasi, tergantung jenis dan merek AC yang ingin digunakan. Salah satu AC di kawasan Jakarta mematok biaya pemasangan sebesar Rp2 jutaan dengan garansi selama satu tahun. Sementara, pemasangan AC double blower dengan Thailand dipatok Rp2,5 juta sampai Rp3 jutaan.

Nah, apabila Anda kebetulan memiliki anggaran yang cukup besar dan menginginkan kualitas jempolan, Anda bisa menggunakan AC double blower merek ND yang dilepas dengan harga berkisar Rp4,5 juta hingga Rp5 jutaan. Merek ini sebenarnya memiliki kualitas yang mirip dengan brand asal Thailand, namun berbeda penggunaan material.

Lalu, bagaimana untuk pemilik mobil yang memiliki dana cukup terbatas? Alternatif yang bisa dipilih adalah memasang AC mobil copotan atau bekas. Sudah banyak bengkel kendaraan yang menyediakan jasa ini, dengan biaya mulai Rp200 ribu hingga Rp1 jutaan, tergantung tingkat kesulitan dan kondisi AC yang bersangkutan.

Baca juga  Info Terbaru Harga Chevrolet Spin (Baru dan Bekas)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Biaya Pasang AC Mobil"