Update Kisaran Biaya Kuliah di New Zealand (S1 dan S2)

Bagi pelajar Indonesia yang bercita-cita melanjutkan kuliah di luar negeri, mungkin tujuan favorit mereka tidak jauh-jauh dari Amerika, Australia, atau Benua Eropa. Padahal, masih ada New Zealand atau Selandia Baru yang bisa dijadikan alternatif menempuh studi di perguruan tinggi. Pasalnya, Selandia Baru sudah memiliki sejumlah keren dengan biaya yang tidak semahal di Amerika atau Eropa.

Aktivitas Perkuliahan di New Zealand
Aktivitas Perkuliahan di New Zealand

Sebagai salah satu negara yang tergabung dalam Persemakmuran Inggris, kualitas pendidikan di New Zealand tentunya tak jauh berbeda dari ‘tuannya’. Negeri Kiwi, demikian julukannya, menawarkan pendidikan berstandar dunia yang didukung dengan fasilitas pendidikan serta perpustakaan yang lengkap untuk memudahkan para mahasiswa mengakses ilmu pengetahuan.

Bacaan Lainnya

Selain punya lingkungan yang menyenangkan, biaya studi perguruan tinggi di New Zealand juga dapat dikatakan relatif terjangkau untuk standar luar negeri. Meski demikian, sama seperti kebijakan banyak negara, bagi mahasiswa internasional yang hendak menempuh pendidikan di negara ini, diwajibkan memiliki kecukupan finansial yang telah ditentukan oleh otoritas setempat.

Baca juga  Update Syarat & Biaya Pengurusan Sertifikasi Halal BPJPH MUI

Terlepas dari itu, beberapa di New Zealand ada yang termasuk dalam ranking universitas terbaik di dunia, di antaranya adalah The University of Auckland, Auckland University Technology, Waikato University, Victoria University of Wellington, Massey University, University of Canterbury, Lincoln University Canterbury, dan Otago University.

New Zealand juga kabarnya memiliki penawaran menarik untuk pelajar Indonesia, yakni kebijakan yang mengenakan biaya domestik untuk pelajar internasional pada seluruh universitas di negara tersebut. Dengan demikian, para pelajar hanya membayar sesuai dengan biaya kuliah di universitas negeri di Indonesia.

Biaya Pra-Studi New Zealand

Seperti disampaikan di atas, sebelum memutuskan melanjutkan kuliah di Selandia Baru, calon mahasiswa diwajibkan menyiapkan sejumlah sebagai jaminan mereka selama tinggal di negara tersebut. Calon mahasiswa diharuskan memiliki tabungan minimal NZD 15.000 untuk tahun pertama atau NZD 1.250 tiap bulan jika program studi kurang dari 36 bulan. Saat artikel ini diterbitkan, 1 NZD setara dengan Rp9.300.

Biaya pra-studi lainnya yang perlu disiapkan adalah biaya untuk mengurus visa. Seperti diketahui, visa ke New Zealand terdiri dari beberapa kriteria, salah satunya visa studi atau pendidikan. Besaran visa ini tentu berbeda dengan visa lainnya, seperti visa liburan atau visa tinggal sementara. Sebagai referensi, berikut biaya visa studi ke New Zealand.

Baca juga  Update Biaya Tambal Gigi (Puskesmas dan Klinik Kesehatan)
Program Sarjana & Magister di New Zealand - www.signupgenius.com
Program Sarjana & di New Zealand Q www.signupgenius.com

Biaya Visa Studi New Zealand

Komponen Biaya Biaya
Application Cost Rp2.500.000
VAC Service Fee Rp344.000

Informasi biaya di atas kami rangkum dari situs resmi Departemen Imigrasi New Zealand. Menurut keterangan lembaga, proses pengurusan akan memakan waktu sekitar satu bulan atau 33 hari. Pengajuan dapat dilakukan di Kantor Imigrasi di Jakarta atau melalui sistem online di website resminya.

Biaya Kuliah S1 di New Zealand

Program Studi Kisaran Biaya
S1 Arsitektur NZD 43.490 per tahun
S1 Bisnis NZD 39.789 – NZD 48.879 per tahun
S1 Desain NZD 41.478 per tahun
S1 Pendidikan NZD 33.894 – NZD 34,123 per tahun
S1 Ilmu Kesehatan NZD 33.894 – NZD 40.557 per tahun
S1 Teknik NZD 39.789 – NZD 46.752 per tahun

Informasi biaya kuliah S1 di New Zealand tersebut merupakan biaya umum dan mungkin bisa berbeda di masing-masing perguruan tinggi. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, biaya studi S1 di New Zealand saat ini memang cenderung naik. Biaya S1 Teknik misalnya, semula NZD 32.000 per tahun dan sekarang sekitar NZD 39.789 sampai NZD 46.752 per tahun.

Baca juga  Update Biaya Kuliah Malam di Bandung
Ilustrasi mahasiswa Indonesia di Selandia Baru (sumber: lsu.edu)
Ilustrasi mahasiswa Indonesia di Selandia Baru (sumber: lsu.edu)

Biaya Kuliah S2 di New Zealand

Program Studi Kisaran Biaya
S2 Seni NZD 37.891 per tahun
S2 Bisnis dan Ekonomi NZD 42.9 per tahun
S2 Teknik NZD 46.752 per tahun
S2 Ilmu Kedokteran dan Kesehatan NZD 46.525 – NZD 81.194 per tahun
S2 Hukum NZD 40.947 per tahun

Seperti halnya biaya kuliah S1, biaya pendidikan S2 di New Zealand saat ini juga terpantau mengalami kenaikan. Biaya S2 Hukum misalnya, awalnya NZD 37.000 per tahun dan sekarang menjadi NZD 40.947 per tahun. Demikian pula biaya S2 Kedokteran yang sebelumnya dipatok NZD 37.080 per tahun dan sekarang naik menjadi NZD 46.525 sampai NZD 81.194 per tahun.

(Update: Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.