Update Info Terbaru Biaya Konsultasi Psikologi ke Psikolog & Psikiater

Selama ini hanya masalah kesehatan fisik saja yang menjadi perhatian sebagian besar masyarakat di Indonesia, padahal kesehatan pun perlu diperhatikan. Beberapa orang membiarkan dirinya larut dalam masalah hingga mengalami stres, dan dalam jangka panjang bila dibiarkan terus menerus akan mengalami depresi yang berkepanjangan. Sebagian besar orang yang mengalami depresi biasanya enggan berkonsultasi ke atau psikiater karena khawatir jika dianggap gila. Padahal kasusnya tidak selalu demikian. Ada juga yang ragu untuk memeriksakan diri karena khawatir akan dikenai biaya yang mahal untuk sekadar berkonsultasi saja.

Konsultasi Psikolog - www.libertylawsite.org

Konsultasi Psikolog - www.libertylawsite.org

Lalu berapa sebenarnya biaya konsultasi psikologi ke psikolog atau psikiater? Sebelum membahas soal biaya, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa perbedaan psikolog dengan psikiater. Meski sama-sama berkecimpung dalam dunia kejiwaan, kedua profesi ini sebenarnya memiliki cakupan kerja yang berbeda.

Secara sederhana, psikolog adalah sarjana psikologi yang telah mengikuti program profesi psikolog dan bertugas memberi penanganan berupa terapi psikologi. Sementara itu, psikiater merupakan seseorang dengan latar belakang kedokteran yang mempunyai hak untuk memberi terapi obat-obatan (farmakologi) terhadap pasien yang mengalami jiwa.

Meskipun tugasnya berbeda, pada perjalanannya ternyata psikolog dan psikiater bisa saling bekerjasama untuk menangani kasus tertentu. Biasanya psikolog akan memberikan rujukan pada klien untuk memeriksakan diri dan mendapat resep obat yang diperlukan ke psikiater. Demikian pula jika pasien membutuhkan terapi psikologi dengan psikolog.

Terkait biaya, setiap psikolog maupun psikiater memiliki wewenang masing-masing untuk menetapkan tarif jasanya. Di beberapa tempat ada yang menyediakan jasa konsultasi psikologi secara gratis, namun ada juga tempat yang menarik biaya dengan besaran tertentu. Biaya konsultasi psikolog dan psikiater ini biasanya dihitung per sesi (sekitar 45 menit hingga 1 jam), apabila melebihi 1 sesi, biasanya Anda akan dikenai biaya tambahan. Biaya tersebut belum termasuk dengan biaya terapi yang akan diterapkan pada pasien.

Sebagai gambaran, di Jakarta biaya konsultasi ke psikolog berkisar mulai dari Rp 250 ribu per sesi. Sedangkan untuk konsultasi ke psikiater tarifnya mulai dari Rp 100 ribu. Berikut ini informasi lengkap dan terbaru tentang kisaran biaya konsultasi ke psikolog dan psikiater.

Biaya Konsultasi Psikolog

Ilustrasi: konsultasi psikologi (sumber: sohu.com)

Nama LembagaKisaran Biaya Konsultasi Psikolog
RS Mitra Keluarga Kelapa Gading JakartaMulai Rp 250 ribu
Kasandra & Associates Psychological Practice JakartaMulai Rp 500 ribu – Rp 1 juta
Smart Mind Center Consulting JakartaMulai Rp 600 ribu
Mind & Behaviour Clinic @Ciputra Medical Center JakartaMulai Rp 600 ribu
Via Vitae JakartaMulai Rp 1,5 juta

Biaya Konsultasi Psikiater

Nama LembagaKisaran Biaya Konsultasi Psikiater
RSAL Dr Mintohardjo JakartaMulai Rp 100 ribu
Jiwa (RSJ) Dr Soeharto Heerdjan JakartaMulai Rp 130 ribu – Rp 150 ribu
Medikids & Apotik JakartaMulai Rp 150 ribu
Klinik Buah Hatiku JakartaMulai Rp 200 ribu
BJ Medical CenterMulai Rp 200 ribu
Rumah Sakit Grha Kedoya JakartaMulai Rp 200 ribu
Rumah Sakit Royal Progress JakartaMulai Rp 250 ribu
RS Husada JakartaMulai Rp 250 ribu – Rp 500 ribu
Rumah Sakit Jiwa Sanatorium Darmawangsa JakartaMulai Rp 270 ribu – Rp 500 ribu
Rumah Sakit Harapan Bunda JakartaMulai Rp 300 ribu
Rumah Sakit Kartika Pulo Mas JakartaMulai Rp 300 ribu
RS Pondok IndahMulai Rp 350 ribu
Smart Mind Center Consulting JakartaMulai Rp 350 ribu – Rp 600 ribu
Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya JakartaMulai Rp 420 ribu
Rumah Sakit Omni Medical Center JakartaMulai Rp 500 ribu
Mind & Behaviour Clinic @Ciputra Medical Center JakartaMulai Rp 600 ribu

Ilustrasi: konsultasi pada psikiater (sumber: personneltoday.com)

Selain melakukan atau konsultasi dengan biaya pribadi, Anda yang telah terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan juga bisa memanfaatkan kartu BPJS Anda untuk mendapatkan konsultasi kesehatan mental secara gratis. Selama ini banyak yang masih belum mengetahui bahwa konsultasi kesehatan mental juga ditanggung oleh BPJS. Seperti halnya pasien-pasien yang menderita sakit fisik, penderita kesehatan mental juga dijanjikan memperoleh medis yang sama baiknya.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) menegaskan bahwa segala hal yang termasuk dalam indikasi gangguan kejiwaan akan dijamin oleh BPJS asalkan sesuai dengan indikasi medis, , dan diagnosis yang diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 59 Tahun 2014. Konsultasi seperti gangguan depresi pun dapat dilayani di puskesmas-puskesmas terdekat yang memiliki poli kejiwaan.

Prosedur konsultasi masalah kesehatan jiwa menggunakan BPJS Kesehatan pada dasarnya hampir sama dengan keluhan pada umumnya. Nantinya pasien yang mengalami gangguan kesehatan mental akan diperiksa dan menjalani assessment awal oleh psikolog atau di Puskesmas atau fasilitas kesehatan (faskes) yang terdaftar di kartu BPJS.

Apabila pasien tak dapat ditangani di Puskesmas, maka pasien nantinya akan dirujuk ke dokter spesialis kejiwaan yang ada di rumah sakit. Layanan kesehatan mental ini biasanya sudah tersedia di puskesmas-puskesmas yang ada di perkotaan, seperti Surabaya, Bandung, Semarang, dan sebagainya.

Perlu Anda ketahui pula bahwa biaya konsultasi dan pengobatan ke psikolog maupun psikiater bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Oleh sebab itu, apabila Anda ingin berkonsultasi atau mengetahui informasi yang lebih jelas seputar tarif periksa ke psikolog dan psikiater, Anda bisa langsung berkunjung ke rumah sakit atau praktik-praktik psikiater dan psikolog yang ada di tempat Anda. Sebab biaya konsultasi di setiap lokasi kemungkinan bisa berbeda-beda.

Baca juga  Info Terbaru Harga & Manfaat Produk Masker Rambut NR
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Info Terbaru Biaya Konsultasi Psikologi ke Psikolog & Psikiater"